5 Gejala atau Tanda Kampas Kopling Mobil Habis
kampas kopling mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kampas kopling merupakan komponen vital pada mobil manual yang berfungsi untuk perpindahan transmisi. Jika kampas mulai lemah atau habis, umumnya bakal langsung terasa terhadap performa.

Pada mobil bertransmisi manual, perpindahan gigi memang dilakukan secara manual pula dengan menginjal pedal kopling. Kampas kopling atau komponen yang dikenal dengan sebutan clutch disc ini berbentuk piringan dan memiliki fungsi utama untuk mentransfer daya dari transmisi ke mesin. Nah, kampas jadi salah satu komponen yang bakal menurun seiring dengan lamannya penggunaan mobil. Oleh sebab itu, jika kampas mulai habis sebaiknya segera diganti agar performa mobil tetap terjaga dan menghindari kerusakan lebih parah. Nah, kampas yang mulai habis sebenarnya bisa diketahui lho lewat beberapa gejala. Apa saja? Simak ulasannya berikut

1. Pedal Kopling Terasa Tinggi

kampas kopling mobil- 4

Salah satu ciri kampas kopling yang mulai habis bisa dirasakan dari pedal kopling. Saat kampas aus atau bahkan habis, pedal terasa lebih tinggi. Akibatnya jarak injak pedal pun menjadi lebih pendek. Memang pedal kopling bisa diatur ketinggiannya dengan menyesuaikan kabel. Namun, jika posisi pedal naik tiba-tiba, bisa jadi salah satu tanda kampas menipis atau habis.

2. Akselerasi Mesin Menurun

Ciri lain yang bisa dirasakan dengan mudah adalaha akselerasi mesin menurun. Saat kampas habis, tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin tidak tersalurkan dengan baik pada transmisi. Ketika pedal gas diinjak, kecepatan tidak bertambah. Justru mesin akan berdecit atau meraung. Akselerasi lemah ini harus diperhatikan oleh Anda karena bakal berpengaruh negatif terhadap kondisi mesin untuk jangka panjang.

3. Timbul Bau Hangus

kampas kopling mobil - 2

Selain bisa dilihat dan dirasakan, ciri kampas kopling habis juga bisa terdeteksi dengan indera penciuman. Kampas yang mulai aus atau habis karena terbakar biasanya mengeluarkan bau hangus. Saat kampas mulai menipis, bau gosong akan terasa hingga dalam kabin. Biasanya kampas yang mudah terbakar jika Anda sedang melalui area jalanan tanjakan atau turunan curam. Kontur jalanan seperti itu membuat perpindahan transmisi menjadi lebih intens. Hasilnya, kampas akan terbakar akibat gesekan antara flywheel dan plat penekan.

–> MOBIL TIDAK BISA DISTARTER? JANGAN PANIK! CEK PENYEBABNYA BERIKUT INI

4. Mesin Cepat Panas

kampas kopling mobil- 3

Jika suhu mesin mobil Anda meningkat secara drastis tanpa sebab yang jelas, bisa menjadi salah satu tanda kampas mulai habis. Sebenarnya mesin yang panas jadi hal lumrah karena energi yang dihasilkan saat berjalan. Namun, Anda mesti waspada jika mesin cepat panas. Pasalnya, saat kampas habis rotasi mesin akan meningkat.

5. Pindah Persneling Terasa Berat

kampas kopling mobil- 5

Ciri terakhir kampas kopling mobil yang habis bisa dirasakan dari perpindahan tuas persneling yang terasa berat. Jika biasanya memindahkan tuas bisa dilakukan dengan mudah, saat kampas habis perpindahan seperti butuh tenaga ekstra karena berat dan kaku. Cara satu-satunya mengatasi hal tersebut tidak lain langsung menuju bengkel dan mengecek kondisi kampas kopling mobil kesayangan Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles