close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mau Mengganti Stir Mobil? Simak Panduan Lengkapnya Berikut Ini

stir mobil

Berikut kami akan berikan beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan saat Anda ingin mengubah stir mobil kesayangan

Memodifikasi mobil merupakan suatu hal umum yang dilakukan banyak orang. Mulai dari velg, audio, body, atau stir mobil. Selain membuat tampilan interior lebih menarik, tak jarang perubahan stir bisa meningkatkan pengalaman berkendara lebih baik.

Meskipun ada hal yang harus dikorbankan karena pada mobil modern penggantian stir bisa menimbulkan masalah. Diantaranya kehilangan beberapa fitur seperti Audio Steering Switch, Cruise Control, dan yang paling krusial adalah Airbag. Belum lagi beberapa malfungsi yang bisa terjadi hingga menggugurkan garansi dari pabrikan.

Namun, jika Anda tidak memikirkan hal tersebut dan tetap ingin mengubah stir mobil, ada dua cara yang bisa ditempuh. Yaitu pergi ke bengkel terpercaya atau menggantinya sendiri. Ya, mengganti stir mobil faktanya bisa dilakukan sendiri jika Anda memahami komponen tersebut. Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan 5 langkah sederhana yang mungkin bisa menjadi referensi.

1. Temukan Stir Mobil yang Sesuai

jenis stir mobil

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mencari stir yang sesuai dengan mobil Anda. Pasalnya, tidak semua stir mobil aftermarket bisa cocok karena perbedaan konstruksi. Sebelum membeli, Anda bisa mencari informasi tersebut melalui internet mengenai detail, dimensi, serta spesifikasi. Biasanya stir aftermarket memiliki diameter 33 hingga 35 mm, lebih kecil dari stir standard.

2. Lepaskan Cover Plastik

plastik stir mobil

Sebagian besar mobil modern biasanya stir dilapisi dengan sebuah cover seperti plastik. Bagian ini anda harus berhati-hati melepasnya dan perhatikan seluruh baut yang ada agar tidak merusak dan memudahkan ketika ingin mengembalikan stir bawaan pabrikan.

3. Perhatikan Kabel

stir mobil aftermarket

Seperti sudah dijelaskan di atas. stir pada mobil modern memiliki banyak sekali fungsi, untuk itu Anda harus teliti dan jeli saat melepasnya. Sebaiknya, pastikan seluruh kelistrikan dalam kondisi mati sebelum melepas bagian ini, termasuk melepas aki untuk menghindari airbag mengembang.

Jangan sekali-kali memotong atau merobek kabel. Anda cukup temukan konektor dan melepasnya. Atau jika dirasa rumit, lebih baik segera kunjungi bengkel terpercaya.

–> 6 Mobil Termahal yang Dijual di Indonesia

4. Lepas Baut Nut Cover

baut stir mobil

Kabel sudah terlepas, kini saatnya melepaskan baut nut yang berfungsi menahan stir pada posisinya. Biasanya, melepas baut ini bisa dilakukan dengan alat umum dan melepasnya tidak terlalu sulit. Jika sudah, stir mobil pun kini siap diganti.

5. Beri Pelumas

Sebelum memasang stir aftermarket. Jangan lupa lumasi bagian tengah nut cover agar stir bisa bekerja dengan maksimal dan tidak seret. Lalu pasang kembali baut dan pastikan semuanya sudah terkunci dengan kencang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram