close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

9 Pilihan Mobil Listrik di Indonesia, Dari yang Termurah Hingga Termahal

mobil listrik

Ketika berbicara mengenai mobil masa depan, yang pertama terlintas di kepala tentunya mobil listrik. Hampir di seluruh berbagai belahan dunia, kendaraan listrik jadi pembahasan menarik, tidak terkecuali di Indonesia

Era elektrifikasi kendaraan kini mulai didengungkan di seluruh dunia untuk mengurangi polusi udara yang menyelimuti bumi, tidak terkecuali di Indonesia. Beberapa hal yang didapat dari sebuah mobil listrik adalah efisiensi bahan bakar dengan tenaga maksimal dan tentu saja desain yang futuristik.

Anda tidak lagi pusing memilih antara mobil mewah yang irit atau yang kencang, semuanya bisa didapatkan dalam satu paket. Tapi harus diakui, untuk membeli sebuah mobil listrik masih terbilang mahal. Bahkan beberapa negara memberikan insentif pajak sebagai kompensasi, salah satunya karena mobil listrik tidak lagi menyumbang “penyakit” di udara.

Akhirnya banyak konsumen yang pelan-pelan mulai beralih untuk menggunakan mobil listrik agar dapat menikmati keunggulan-keunggulan tersebut. Lagi-lagi, bukan cuma konsumen di segmen mobil masal, bahkan pemburu mobil mewah dan super mewah pun latah berhijrah ke tunggangan listrik.

Saking banyaknya mobil-mobil listrik yang diluncurkan, banyak juga pilihan yang tersedia. Kami mencoba untuk merangkum beberapa kendaraan listrik yang terbaik di kelasnya baik dari segi kecepatan, kemewahan, atau mungkin yang memiliki daya tempuh paling jauh.

Berikut ini Jualo akan sajikan rekomendasi 9 mobil listrik yang beredar di Indonesia, mulai dari yang termurah hingga termahal.

1. DFSK Gelora-E

mobil listrik-DFSK

DFSK Gelora E merupakan mobil listrik termurah yang beredar di Indonesia saat ini. Mobil ini mengonsumsi daya 0,145 kWh per kilometer yang setara dengan Rp239 per kilometer.

Didukung pengisian fast charging 20 sampai 80 persen, mobil produksi Cina ini hanya membutuhkan waktu 80 menit dengan jarak tempuh berkendara sekitar 300 kilometer.

Untuk pengisan reguler, DSFK Gelora E tentunya membutuhkan waktu lebih panjang, sekitar 8 jam untuk mencapai daya pengisian penuh. Kapasitas mobil ini adalah 11 kursi.

Harga: Sekitar Rp 469 juta – 499 juta

2. Hyundai Ioniq Electric

mobil listrik-Ioniq

Hyundai Ioniq Electric dibekali motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) dan torsi 295 Nm yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh.

Mobil ini memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam 9,9 detik, lumayan cepat sebenarnya. Pihak Hyundai sendiri mengklaim jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km dalam sekali pengisian daya.

Pengisian daya dari 0 hingga 80 persen dapat dilakukan dalam 54 menit dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Untuk Hyundai Ioniq Electric terdapat dua model, yakni Prime dan Signature. Masing-masing dibandrol dengan harga Rp624.800.000 dan Rp664.800.000 OTR Jakarta. Kedua model ini memiliki empat pilihan warna eksterior: Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black, Fiery Red.

Harga: Rp624,8 juta (Prime), Rp664,8 juta (Signature)

3. Hyundai Kona Electric

mobil listrik-Kona

Hyundai Kona Electric mengambil basis sebagai sebuah SUV dan hadir dengan wajah yang futuristik. Hyundai Kona Electric dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh.

Mobil ini menghasilkan torsi sebesar 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan. Dalam sekali pengisian, Kona sanggup menempuh jarak 345 km -berdasarkan New European Driving Cycle (NEDC).

Mobil ini bisa dipacu hingga 155 km/jam dan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 9,7 detik. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @100 kW). Sedangkan untuk normal charging butuh waktu 9 jam 35 menit.

Hyundai Kona Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red. Diniagakan seharga Rp674.800.000 (OTR Jakarta).

Harga: Mulai dari Rp 674 juta

4. Lexus UX 300e

mobil listrik-Lexus

Lexus UX300e merupakan produk Compact Luxury Crossover SUV dengan penggerak full listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) perdana dari Lexus. Berkapasitas lima penumpang, mobil ini dibekali motor listrik yang menghasilkan output 201 tenaga kuda dan torsi 300 Nm.

Mesin tersebut dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh yang mampu menempuh jarak 300 km saat baterai terisi penuh. Lexus UX300e membutuhkan waktu pengisian daya kurang lebih 5-6 jam dari posisi 0 hingga ke 100 persen.

Daya listrik yang dibutuhkan bertegangan 6,6 kW pada pengisian standar (AC) dan 50 kW untuk quick charge (DC). Harga Lexus UX300e ini dibanderol Rp 1,245 miliar OTR Jakarta.

Harga: Rp 1,24 miliar

5. BMW i3s

mobil listrik-BMW

BMW i3s resmi diperkenalkan dalam acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 lalu di BSD. Terkait spesifikasinya, BMW i3S dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan output 184 tenaga kuda dan torsi 270 Newton meter.

Mobil listrik ini asal Jerman ini hanya memerlukan waktu 6,9 detik untuk menjangkau akselerasi dari 0-100 km/jam dengan jarak tempuh 260 kilometer.

BMW i3S yang dijual di Indonesia tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Grey, White, Red, Brown, dan Blue. Mobil ini juga menggunakan transmisi Single Speed Otomatis.

Harga: Mulai dari Rp 1,3 miliar

6. Tesla Model 3

mobil listrik-Tesla 3

Tesla Model 3 adalah model Tesla dengan harga paling terjangkau di Indonesia. Mobil listrik asal Amerika Serikat ini terbagi dalam tiga trim: Standar Range Plus, Long Range, dan Performance.

Untuk model Standar Range Plus, dengan satu motor menggerakkan roda belakang, mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5,3 detik. Jangkauan atau daya jelajahnya juga cukup jauh, mencapai 416 km.

Untuk tipe Performance, Tesla Model 3 mengusung baterai lebih besar, dengan akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh hanya dalam 3,2 detik dan jangkauan hingga 496 km.

Tesla sendiri belum memiliki APM di Indonesia. Saat ini Prestige Image Motorcars bertindak sebagai importir Tesla di Indonesia. Prestige Image Motorcars menjalin kerja sama dengan Tokopedia untuk memasarkan tipe Tesla Model 3 ini.

Harga: Rp 1,5 miliar

7. Porsche Taycan Turbo S

mobil listrik-Porsche

Porsche Taycan Turbo S dirilis di Jakarta belum lama ini, tepatnya 13 Februari 2021 lalu di Porsche Center Jakarta. Mobil ini mengusung kecepatan luar biasa dan daya besar. Dengan daya 93,4 kWh, mobil buatan Jerman ini menghasilkan 751 hp dan torsi 1.050 Nm.

Eksterior Porsche Taycan Turbo S menampilkan bodi dan lengkungan aerodinamis khas Porsche. Kemudian, Taycan Turbo S memiliki dua bagasi, yakni pada sisi depan dan belakang.

Untuk pengisian daya, Taycan Turbo S punya dua pilihan, yakni AC dan DC. Pengisian bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Khusus untuk DC, charge port-nya berada di sisi kanan mobil. Pengisian daya di rumah bisa dilakukan dalam 9-10 jam.

Dengan baterai penuh, Porsche Taycan Turbo S bisa menempuh jarak 416 km. Mobil listrik ini memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,8 detik dan memiliki top speed 260 km/jam. Harga Rp2,5 miliar untuk pasar Indonesia pun sepertinya layak disematkan kepada Porsche Taycan Turbo S ini.

Harga: Rp 2,5 miliar

8. Tesla Model X

mobil listrik-tesla X

Tesla Model X yang beredar di Indonesia merupakan tipe 75D, dengan kapasitas baterai 75 kWh dan memiliki daya tempuh 416 km. Selain itu, terdapat juga tipe 90D, 100D, dan P100D yang bisa dipesan oleh konsumen Indonesia.

Setiap pembelian Tesla Model X dilengkapi wall charger yang memungkinkan untuk mengisi baterai mobil ini hanya dalam waktu tujuh jam.

Tesla Model X varian 75D mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6 detik dengan top speed 210 km/jam dan daya jelajah hingga 381 km. 90D berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik, dengan kecepatan maksimum 250 km/jam. Jarak jelajahnya hingga 413 km.

Sedangkan varian 100D mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Kecepatan maksimumnya 250 km/jam dengan jarak jelajah hingga 474 km. Varian Tesla Model X paling cepat adalah P100D dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik dan daya jelajah hingga 465 km.

Seperti halnya Tesla Model 3, Prestige Image Motorcars juga bertindak sebagai importir dan penjual Tesla Model X ini di Indonesia. Untuk harganya, model ini dibanderol mulai Rp 2,64 miliar. Harga tersebut bisa meningkat seiring dengan proses kustomisasinya.

Harga: Rp 2,64 miliar

–> 6 Pilihan Mobil Hybrid Terbaik di Indonesia 2021

9. Tesla Model S P100D

mobil listrik-Tesla S1000

Dengan harga pasar mencapai Rp4,4 miliar, Tesla Model S P100D ini bisa jadi merupakan mobil full listrik (bukan hybrid) termahal yang beredar di Indonesia. Tesla Model S P100D resmi diluncurkan di pasar Tanah Air pada ajang IIMS 2017 lalu melalui importir Prestige Image Motorcars.

Mobil listrik ini memiliki jarak tempuh hingga 500 kilometer dengan baterai terisi penuh. Paket baterai disebut berkapasitas 100 kWh. Tidak hanya bisa melaju lebih jauh. Dalam hal akselerasi, Tesla Model S P100D juga disebut bisa berakselerasi dari 0-100 kilometer/jam hanya dalam waktu 2,5 detik.

Jika masuk ke kabinnya, layout dashboard Tesla Model S P100D 2020 ini tentunya sangat berbeda dibandingkan dengan mobil konvensional. Pada dashboard-nya terlihat bersih, nyaris tidak ada tombol fisik, dengan dominan warna hitam dipadu aksen carbon fiber.

Semua pengaturan fitur termasuk AC-nya berada di layar multimedia dengan ukuran 17 inci. Kesan futuristik begitu kental pada Tesla Model S P100D ini.

Harga: Rp 4,4 miliar

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram