Bayar Tol Bisa Pakai HP, Bagaimana Cara Kerjanya?
bayar tol pakai hp

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pemerintah berencana menerapkan sistem pembayaran di gerbang tol dengan teknologi baru yang rencananya diterapkan akhir 2022, yakni bayar tol menggunakan HP

Dari sebelumnya menggunakan kartu tol, akan diganti dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Teknologi MLFF membuat pengguna bayar tol tanpa perlu berhenti. Transaksi nirsentuh ini menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money. Penasaran seperti apa cara kerjanya? Berikut Jualo beri penjelasannya.

Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone kamu. Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Uji Coba Bayar Tol Tanpa Kartu

bayar tol pakai hp- 2

Uji coba pembayaran tanpa stop di gerbang tol pernah dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk tahun lalu memakai stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Stiker tersebut dipasang di lampu depan mobil bagian kanan yang akan terekam sensor di gerbang tol.

Kamu harus memiliki aplikasi Let It Flo terlebih dahulu yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Pembayaran sendiri dilakukan lewat aplikasi LinkAja, di mana saldo Anda akan otomatis terpotong saat melintasi tol.

Jasa Marga belum memperjualbelikan stiker tersebut karena bayar tol tanpa setop baru uji coba terbatas, yang pesertanya dari BUMN dan komunitas otomotif. Dengan sistem MLFF, Anda dapat melewati gerbang tol tanpa harus berhenti untuk melakukan pembayaran.

–> 5 TIPS JUAL MOTOR AGAR CEPAT LAKU DAN MENGUNTUNGKAN

Jadi harusnya tidak ada lagi antrean di gerbang tol karena proses transaksinya jadi lebih singkat. Estimasi waktu transaksi di gerbang tol turun menjadi 0 detik dengan menggunakan sistem MLFF. Sebelumnya kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik memakan waktu sekitar 4 detik dan 10 detik saat masih menggunakan transaksi tunai.

Kuncinya pada Electronic On-Board Unit

bayar tol pakai hp- 3

Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) sebenarnya sudah banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria. Memang, di beberapa negara Eropa sudah diterapkan sistem transaksi tol tanpa berhenti.

Tapi tidak menggunakan aplikasi di ponsel dan menggunakan perangkat on board unit (OBU). OBU berbentuk fisik itu harganya mahal sehingga dibuatkan Electronic On-Board Unit (E-OBU). Dengan cara men-download aplikasi, dalam aplikasi sudah ada built-in OBU, sehingga Anda tidak harus lagi membeli OBU.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles