close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mudah & Praktis! Simak 5 Cara Ampuh Atasi WC Mampet di Rumah

WC mampet

Saat WC mampet, pilihan pertama yang akan kita lakukan adalah memanggil tukang sedot WC. Namun, mengatasi WC mampet sebetulnya bisa Anda lakukan secara mandiri lho

WC rumah yang mampet tentu saja sangat mengganggu aktifitas Anda bersama keluarga bukan? Buat mengatasinya, cara paling umum dilakukan adalah dengan memanggil jasa sedot WC, yang mana pasti mengeluarkan biaya dan harus menunggu petugas datang. Padahal, Anda bisa mengatasi WC mampet sendiri lewat beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memakai air panas dan sabun cuci piring. Untuk melakukan cara ini, Anda harus terlebih dulu menyediakan air panas yang banyak, 1 cangkir sabun cuci piring cair, serta handuk.

WC mampet-4

Tuang sabun atau air panas ke dalam WC

Setelahnya, letakkan handuk di lantai yang tak jauh dari WC. Hal itu dilakukan agar nantinya tumpahan air pada WC tidak mengenai lantai. Kalau sudah, bisa memasukkan satu cangkir sabun cuci piring cair ke dalam WC.

Diamkan sampai sabunnya mengendap. Setelah itu, barulah siram dengan air panas. Pastikan agar air panasnya tidak keluar dari WC. Diamkan selama 20 menit, lalu siram dengan air dingin. Jika WC yang dipakai adalah WC duduk, maka Anda bisa langsung mem-flush WC-nya.

2. Gunakan Gantungan Baju Kawat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan gantungan baju kawat. Cara ini sangat cocok untuk WC mampet yang bagian pipanya terhalang benda padat. Untuk melakukan cara ini, Anda mesti terlebih dulu memotong gantungan baju kawatnya. Setelah itu, luruskan dan bungkus bagian ujungnya yang tajam dengan kain perca.

WC mampet-5

Pastikan kawat memiliki panjang yang cukup untuk menjangkau bagian yang tersumbat

Kalau sudah, masukan bagian ujung tersebut ke dalam pipa WC. Masukkan sampai benda yang berada dalam pipa WC masuk ke dalam septic tank. Jika cara ini berhasil, maka air di sekitar WC akan menyusut. Bila berhasil, segera siram atau tekan flush pada WC.

3. Pakai Botol Plastik Bekas

Selain gantungan baju kawat, botol plastik bekas adalah benda lainnya yang bisa Sahabat pakai. Utamanya, dalam mengatasi WC mampet. Untuk menggunakannya, Anda harus memotong bagian mulut botolnya sepanjang 10 cm.

Masukkan bagian ujung botol yang sudah dipotong itu ke dalam lubang WC. Kalau sudah, tekan ujung botol tersebut sampai benda yang ada di pipa WC masuk ke dalam septic tank. Setelahnya, siram WC atau menekan flush pada WC.

4. Memakai Plastik Pembungkus Makanan

Kalau tidak memiliki botol plastik bekas, Anda juga bisa memakai plastik untuk membungkus makanan. Benda ini hanya cocok dipakai untuk mengatasi kemampetan pada WC duduk saja.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menempelkannya di atas tempat duduk WC. Lalu, tekan flush pada WC secara berulang. Lakukan hingga plastiknya mengembang. Cara ini bisa menekan balik udara di dalam WC, sehingga benda yang menyumbat WC pun bisa masuk ke septic tank.

–> Sering Dilupakan, Berikut Tips Agar AC di Rumah Lebih Awet & Hemat Listrik

5. Memakai Garam

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai garam. Garam yang dipakai sendiri bisa apa saja. Entah garam batu ataupun garam dapur biasa. Bila hendak memakai garam dapur biasa, Anda harus mencampurnya terlebih dahulu dengan baking soda. Pastikan pula agar garam dapur yang dipakai memiliki tekstur yang kasar.

WC mampet-3

Tuang garam ke dalam lubang WC yang mampet

Adapun untuk melakukan cara ini, Anda harus memastikan pastikan terlebih dahulu kalau air di sekitar lubang WC tidaklah terlalu banyak. Barulah setelah itu bisa memasukkan garam ke dalamnya sebanyak 500 gram.

Kalau sudah, masukkan air panas sebanyak satu liter, lalu diamkan selama 8 jam. Atau, sampai WC tidak mampet lagi. Siramlah WC dengan air agar sisa benda yang ada di dalam pipa WC bisa terdorong hingga ke septic tank.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram