Tips dan Trik Memilih Judul Skripsi Supaya Langsung di ACC
judul skripsi

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat mahasiswa tingkat akhir, memilih judul skripsi merupakan hal yang terkadang sulit dikerjakan. Namun usah kuatir, berikut kami akan berikan tipsnya

Tugas Akhir (TA) kuliah atau skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Dan umumnya, hal ini jadi tantangan sulit untuk kebanyakan orang, khususnya dalam memilih judul skripsi atau penelitian yang akan dilakukan. Seringkali mahasiswa merasa frustasi karena tak kunjung menemukan judul yang pas dan tepat untuk tugas terakhir mereka tersebut.

Tips Memilih Judul Skripsi agar Langsung ACC

Ketika mengajukan judul skripsi pada dosen pembimbing, banyak dari mahasiswa yang merasa deg-degan karena takut ditolak atau dikritik keras. Namun sejatinya penolakan judul atau kritikan yang diberikan dosen semata diperuntukkan bagi kelancaran proses pengerjaan skripsi Anda.

judul skripsi - 5

Memilih judul skripsi yang tepat terkadang menimbulkan stress terhadap mahasiswa

Oleh karena itu, berikut Jualo akan berikan beberapa tips untuk Anda dalam memilih judul skripsi yang tepat agar langsung diterima.

1. Pahami minat yang ada dalam diri Anda

Ketika mengerjakan skripsi, penting bagi Anda untuk mengetahui minat pengerjaan terlebih dahulu. Anda mungkin perlu me time untuk menanyakan hal ini pada hati kecil. Namun ketika ditemukan jawabannya, Anda semakin mudah mengerjakan skripsi.

2. Lakukan sharing dengan teman atau senior Anda

judul skripsi-2

Lakukan diskusi dengan teman atau senior Anda di kampus

Koneksi antara junior dan senior dalam dunia perkuliahan akan berdampak sangat penting ketika Anda mengerjakan skripsi. Mereka akan bisa membantu Anda mencari judul skripsi yang paling tepat untuk meraih gelar sarjana tersebut.

Referensi judul skripsi juga bisa didapatkan dengan membaca-baca skripsi milik senior yang sudah terlebih dahulu dirampungkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari karya yang telah mereka buat.

3. Cari dari sumber ilmiah yang akurat

judul skripsi-3

Perbanyak membaca buku atau jurnal ilmiah untuk dapatkan referensi

Berikutnya, pastikan untuk mencari inspirasi dari sumber-sumber karya ilmiah yang ada di internet maupun buku. Dari sekian banyak karya ilmiah yang Anda baca, pasti ada beberapa yang memunculkan ide untuk menentukan tema karya ilmiah Anda.

4. Perkaya wawasan dengan ikut seminar

Memperoleh inspirasi memang harus dilakukan dengan melakukan banyak hal. Contohnya yaitu dengan mengikuti seminar keilmuan, workshop, dan lain sebagainya. Pembicaraan ilmiah yang dilakukan dengan para ahlinya tentu bisa memunculkan ide tersendiri untuk pengerjaan judul tugas akhir.

judul skripsi-4

Rutin mengikuti seminar juga bisa membantu Anda mendapatkan ide atau referensi

Selain itu, perbanyak juga mengikuti acara diskusi yang diselenggarakan dengan narasumber terpercaya. Jadi, dengan begitu Anda bisa memperluas wawasan dan juga mendapatkan ide untuk mengerjakan judul skripsi.

–> Tips Ampuh Buat Fresh Graduate yang Lagi Mencari Lowongan Kerja 2021

5. Banyak ikut proyek penelitian dosen

Salah satu sumber ilmu dan informasi yang terbaik di dunia perkuliahan adalah dosen. Anda bisa “mendekatkan” diri pada dosen-dosen tertentu untuk mendapatkan informasi terkait cara ampuh merumuskan judul skripsi yang menarik dan sangat akurat.

Pastikan untuk ikut proyek penelitian dosen agar nantinya Anda terbiasa membaca karya ilmiah dan terlibat langsung dalam proses pembuatan karyanya. Dengan begitu, nantinya Anda akan lebih mudah ketika melakukan pencarian judul.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles