Review Mazda Biante Skyactiv 2017: Kenyamanan Prima Serta Futuristik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hadirnya Mazda Biante sejak tahun 2012 makin melengkapi pilihan MPV di Indonesia. Kian istimewa karena Indonesia dipilih sebagai tempat diluncurkannya Biante pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 lalu.

Pasar MPV di Indonesia yang sangat besar membuat Mazda yakin kalau Biante bisa mendapatkan hati di konsumen Tanah Air. Hal tersebut pun terbukti benar, karena Biante mendapat sambutan hangat dari keluarga Indonesia. Terbukti dengan angka penjualan yang sangat baik untuk Biante, yang melebihi target penjualan per bulan.

Di tahun 2014, Biante mendapat penyegaran yaitu dengan diluncurkannya Mazda Biante Skyactiv. Versi Skyactiv mendapatkan ubahan yang mencolok di bagian mesin. Namun di bagian eksterior dan interior tidak terdapat banyak perubahan. Mazda Biante kembali mendapat penyegaran di tahun 2015 dengan diluncurkannya varian Mazda Biante Limited.

Mazda Biante Limited mendapatkan sentuhan baru di bagian eksterior dengan disematkannnya perangkat body kit DAMD. DAMD merupakan rumah modifikasi asal Jepang yang kerap mengeluarkan body kit untuk berbagai mobil. Di Mazda Biante, terdapat penyematan body kit DAMD mulai dari spoiler depan, side skirts, dan rear under skirts. Penyematan ini menjadikan Mazda Biante Limited terlihat lebih rendah.

–> Review Nissan Livina VE 2019: MPV Entry Level Termewah

–> BMW Group Indonesia Donasikan Ribuan Paket Sanitasi Anak

Eksterior: Elegan dan Futuristik

Melihat bagian eksterior, Biante mengusung konsep desain Mazda, yakni KODO-Soul of Motion. Desain boxy khas MPV dipadukan permainan garis bodi yang tajam dan tegas membuat mobil ini tampil elegan dan futuristik. Desain lampu depan yang runcing serta lampu belakang yang tajam membuat Biante tampil lebih memikat dibanding kompetitor.

Sedangkan, untuk versi non Skyactiv, Biante memiliki grill besar di bumper depan. Kemudian pada grill atas, tepatnya di antara kedua lampu, Biante punya grill kecil. Berbeda dengan versi Skyactiv, yang desainnya justru berkebalikan. Di mana grill antara kedua lampu lebih besar, dan grill bawah justru lebih kecil.

Perubahan juga terletak di bagian rumah fog lamp. Jika versi Skyactiv memiliki rumah foglamp besar dan memanjang, pada versi facelift dan Skyactiv, desain rumah foglamp lebih kecil dan padat. Kemudian, Mazda Biante juga dilengkapi dua pintu sliding door yang dioperasikan secara elektris, sebagai syarat wajib MPV premium di Indonesia.

Interior: Mewah dan Lapang

Menilik ke interior, di sinilah bagian paling menyenangkan dari Mazda Biante. Kabin lapang dan mewah membuat penumpang dan pengemudi nyaman sepanjang perjalanan. Untuk pengemudi, sudut pilar A yang dirancang landai membuat pandangan sangat luas ke depan dan optimal karena sudut blindspot bisa dikatakan sangat minim.

Ditambah, posisi dashboard dan setir yang ada di bawah dada pengemudi. Otomatis visualitas dari pengemudi menjadi sangat luas. Anda bisa dengan mudah memantau kondisi jalan dan sekitar. Apalagi, hadirnya arm rest untuk sandaran tangan membuat mengemudi Biante jadi makin menyenangkan.

Sementara untuk penumpang, fitur yang tak kalah menyenangkan adalah pengaturan jok yang bisa dilakukan dalam beberapa konfigurasi. Anda bisa mengatur jok baris kedua menjadi captain seat, atau disatukan sehingga jok baris kedua bisa diduduki tiga orang sekaligus.

Uniknya, jok baris kedua ini juga bisa direbahkan hingga lurus sehingga Anda serasa ada di rumah. Caranya sangat mudah, tinggal melepas headrest, kemudian rebahkan jok baris kedua sejajar dengan jok di baris ketiga. Ditambah hadirnya kaca jendela yang besar membuat Anda tidak berada di dalam mobil ketika perjalanan jauh.

Jok baris ketiga juga cukup nyaman karena posisi kaki dan ruang kepala sangat lega. Sehingga Anda tidak akan merasakan pegal meski harus duduk di baris paling belakang. Mazda juga tidak menganaktirikan penumpang paling belakang, karena jok baris ketiga bisa direbahkan untuk membuat posisi lebih nyaman.

–> Daihatsu Pamerkan Konsep dan Teknologi Produk Berbasis DNGA

Mesin: Teknologi Skyactiv yang Mumpuni

Untuk urusan dapur pacu, Mazda Biante hadir dalam versi mesin konvensional dan mesin Skyactiv. Versi Skyactiv merupakan respon dari Mazda terhadap permintaan konsumen Tanah Air. Menggunakan mesin berkapasitas 2.000cc 4 silinder, dan dilengkapi 16 katup, Biante mampu menyemburkan tenaga mencapai 151 PS di 6.000 RPM. Makin optimal, mesin Skyactiv-G ini juga dilengkapi Dual Over Head Camshaft.

Tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan ke penggerak roda depan dengan transmisi 6 percepatan otomatis. Berkat kombinasi mesin dan transmisi ini, Mazda Biante Skyactiv mampu berakselerasi lebih baik dibanding versi sebelumnya. Transmisi ini pun tergolong pintar karena Mazda membenamkan Active Adaptive Shift dan Direct Mode. Sehingga transmisi bisa memahami gaya mengemudi Anda.

Fitur lain yang sangat cocok untuk konsumen di Indonesia adalah hadirnya i-stop yang membuat konsumsi bensin jadi lebih irit. Fitur ini memungkinkan Mazda Biante untuk mematikan meisn ketika berhenti dalam waktu tertentu, misalnya saat lampu merah. Kemudian, untuk menghidupkan mesin kembali cukup dengan menginjak pedal gas saja. Tentunya fitur ini sangat membantu Anda ketika terjebak di kemacetan karena bisa mengurangi konsumsi bahan bakar, dan ramah lingkungan pastinya.

SPESIFIKASI

MAZDA BIANTE 2.0L SKYACTIV 2017

Dimensi

Panjang (mm)                    : 4.715
Lebar (mm)                         : 1.770
Tinggi (mm)                        : 1.835
Sumbu Roda (mm)              : 2.850
Kapasitas Penumpang        : 8 Penumpang

Mesin

Kapasitas                            : 1.997 cc
Konfigurasi                          : 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, SKYACTIV-G
Tenaga / Torsi                     : 151 PS / 190 Nm
Bahan bakar                       : Bensin
Transmisi / Penggerak        : Otomatis 4 percepatan

Fitur & Harga

Keselamatan                       : SRS Airbag,4W- ABS, DSC, EBD, TCS
Berkendara                         : Cruise Control, Sequential Transmission, i-Stop
Hiburan                              : Touch screen head unit, kompatibel Bluetooth, USB, HDMI, 10 inch Rear Roof Monitor
Tambahan                           : Engine Immobilizer, Anti Theft Device, Start/Stop Engine Button

Kesimpulan

Mazda Biante Skyactiv 2.0 2017 memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan untuk  Anda yang mencari MPV keluarga. Punya tampilan eksterior elegan dan interior sangat nyaman, membuat Mazda Biante punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor.

Yang terpenting dari sebuah MPV keluarga adalah kenyamanan, sesuatu yang bisa Anda dapatkan dari Mazda Biante 2.0 Skyactiv. Mulai dari pengemudi, hingga penumpang baris kedua dan ketiga mendapat kenyamanan yang sama. Sehingga perjalanan bersama seluruh anggota keluarga pastinya menjadi lebih nyaman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles