close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Sering Dilupakan, Berikut Tips Agar AC di Rumah Lebih Awet & Hemat Listrik

AC atau pendingin ruangan sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan rumah tangga. Namun,  patut diingat bahwa AC bisa mudah bermasalah jika asal menggunakannya. Oleh karena itu, simak beberapa tips dari Jualo berikut ini agar AC rumah awet dan hemat listrik

Keberadaan AC dapat membuat Anda dapat beristirahat di dalam ruangan dengan sangat nyaman, baik pada malam hari maupun di siang hari. Saat ini, beberapa merk menyediakan berbagai fitur dan keunggulan. Namun demikian semua itu menjadi kurang maksimal jika Anda tidak tahu cara menggunakan AC dengan tepat.

Bisa jadi selama ini Anda hanya mengetahui sedikit tentang pendingin ruangan sehingga tidak melakukan perawatan dan penggunaan AC secara tepat. Salah satu yang mempengaruhi keawetan dan daya tahan adalah dengan mengatur suhu AC dengan tepat. Maka dari itu, simak tips yang sudah disiapkan oleh tim Jualo sebagai berikut:

–> Awas Tertipu! Begini Tips Belanja Barang Mewah via Online

Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat mengatur suhu AC adalah ruangan harus tertutup rapat. Untuk itu, segala celah udara baik dari pintu hingga jendela harus diperhatikan. Semakin banyak sudut ruangan yang terbuka, maka semakin berat kerja AC terlebih jika sirkulasi ruangan tidak bagus. Pastikan suhu dingin di dalam ruangan tidak terbuang percuma akibat kelalaian dalam desain ruangan.

Mulai dari 25 Derajat

Layaknya perangkat elektronik lainnya, AC seperti Toshiba Air Conditioning butuh proses untuk menyala. Sehingga, disarankan untuk tidak langsung men-setting AC pada suhu rendah.

Hal yang salah terjadi jika Anda men-setting AC suhu 16 derajat dengan harapan ruangan cepat dingin. Agar AC tahan lama, lebih baik Anda men-setting AC pada suhu 25 derajat saat baru memulai. Dengan suhu nyaman ini, AC akan bekerja secara perlahan, menjaga semua komponen berbagi perannya masing-masing.

Tidak hanya itu, suhu tubuh Anda harus beradaptasi dengan baik. Jadi, bukan hal yang baik jika Anda langsung mengatur suhu AC di angka yang paling rendah.

–> Tips Aman Membeli Spare Part Mobil Secara Online

Turunkan Secara Perlahan

Kompresor AC akan mulai bekerja normal 5-10 menit awal. Setelah itu, Anda bisa menurunkan suhu lebih rendah lagi, namun harus perlahan.

Disarankan agar penurunan AC dimulai dari 1-4 derajat di awal. Biarkan sejenak hingga Anda bisa merasakan suhunya, setelah itu barulah Anda menurunkannya lagi jika memang dirasa masih dingin. Lakukan hal yang sama saat hendak menaikkan suhu AC. Cara yang satu ini juga efektif sebagai salah satu tips merawat AC.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda ingin menaikkan suhu. Tidak disarankan untuk menaikkan suhu lebih dari 5 derajat beruntun. Ditakutkan, kompresor dan filter di dalamnya akan bekerja lebih keras, mempercepat proses keausan.

Suhu Khusus Tidur

Sama seperti proses pendinginan AC, tidur juga butuh proses. Jadi, disarankan untuk mengatur suhu AC jauh sebelum Anda terlelap. Sebagian besar orang lebih merasa nyaman ketika tidur dengan suhu yang lebih hangat. Sebaiknya Anda menaikkan suhu AC setidaknya 4 derajat lebih tinggi dari suhu yang biasa Anda gunakan, sehingga Anda bisa tetap merasa dingin tanpa harus kedinginan.

Namun, jika Anda termasuk yang bisa lebih bisa pulas dengan suhu dingin, kembalikan saja pengaturannya seperti saat di siang hari, yang berkisar pada 16-20 derajat, tergantung preferensi Anda.

Manfaatkan Mode Auto

Setiap perangkat AC modern, seperti Toshiba Air Conditioning telah melengkapi diri dengan fitur Mode Auto. Fungsi dari fitur ini adalah mengatur suhu secara otomatis.

Sebagai gambaran, jika Anda mulai menyalakan AC pada suhu 25 derajat, mode tersebut akan secara otomatis memerintahkan kompresor untuk bekerja dengan patokan waktu. Suhunya akan terus berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi ruangan, isi ruangan, suhu normal ruangan.

–> Asuransi Astra Raih Sertifikasi ISO Standar Internasional

Pastikan Daya Listrik Cukup

Suhu udara di dalam ruangan tidak akan maksimal jika daya listrik yang tersedia naik turun. Sebagai gambaran besar, AC hemat listrik dapat menekan konsumsi penggunaan watt hingga setengahnya. Jika listrik di rumah Anda berdaya 900 watt, makan AC dengan teknologi inverter hanya menggunakan 350-400 watt saja. Jadi, sisa daya dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti memasak, perangkat elektronik hiburan hingga penggunaan mesin air listrik.

Menariknya, sudah ada banyak pilihan AC seperti Toshiba Air Conditioning yang mengusung teknologi inverter. Jadi, Anda tidak perlu takut membayar lebih untuk biaya daya listrik.

Matikan Saat Keluar Ruangan

Selain dapat menghemat daya listrik, kebiasaan mematikan AC seperti Toshiba Air Conditioning dapat memperpanjang usia perangkat. Sehingga suhu yang dihasilkan akan konsisten. Matikan jika tidak digunakan. Saat Anda meninggalkan rumah, lebih dianjurkan untuk mematikan AC, terlebih jika Anda berencana meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram