close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Aman Membeli Spare Part Mobil Secara Online

Membeli spare part mobil secara online merupakan hal yang jamak dilakukan di era modern. Yang tentunya harus diikuti dengan ketelitian serta kejelian saat berbelanja agar tidak salah pilih.

Era digital dan masa pandemi seperti sekarang. Membuat kita harus menjaga segala aktifitas di luar rumah. Salah satunya berbelanja sparepart mobil kesayangan.  Hadirnya E–Commerce atau toko online tentu saja membuat kita bisa memunuhi berbagai macam keperluan hanya melalui smartphone di genggaman.

Namun membeli spare part mobil secara online tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak tertipu oleh oknum pedagang nakal. Apa saja? Berikut tips aman membeli spare part mobil secara online dari Jualo.

–> Tips Membeli Motor Bekas, Simak 7 Langkah Berikut Ini Agar Tak Tertipu

Teliti Toko Online atau E-Commerce Tempat Berbelanja

Langkah paling penting saat kamu memutuskan untuk belanja spare part secara online adalah memperhatikan dengan teliti toko online yang kamu tuju. Salah satu hal yang bisa kamu jadikan rujukan adalah dengan memperhatikan reputasi tokonya. Misalnya di Jualo. Di mana para pelapak atau pedagang sudah terverifikasi dengan ketat sebelum memasarkan produk dagangan mereka. Sehingga membuat Anda lebih aman dan nyaman saat bertransaksi.

Tidak berhenti sampai di situ, kamu juga wajib memeriksa dan membaca ulasan dari para pelanggannya. Apakah toko tersebut menjual barang yang sesuai dengan deskripsi, pelayanannya baik atau tidak, hingga proses pengemasan produknya.

Jangan Tergiur Harga Murah

Tidak bisa dimungkiri jika membeli di toko online kamu bisa mendapatkan harga yang sedikit lebih murah ketimbang beli spare part di toko offline. Meski begitu, kamu tidak boleh terlena dengan harga murah yang ditawarkan, terlebih lagi jika harganya jauh di bawah harga pasaran.

Jadi jangan terburu-buru melihat ada toko online yang memberikan harga yang jauh lebih murah dibandingkan spare part di toko offline, kamu langsung beli. Jika menemukan hal tersebut, tidak ada salahnya menaikkan level kewaspadaan.

Baca Deskripsi dengan Baik

Setiap penjual, pasti akan mencantumkan deskripsi dari produk yang akan kamu beli di toko online, termasuk spare part. Nah, pastikan kamu membaca semua deskripsi produk yang ditampilkan oleh si penjual dengan baik. Mulai dari deskripsi tentang model produk hingga ketersediaan barang. Perhatikan semuanya, agar kamu tidak menyesal setelah barang tersebut sampai di tangan kamu.

Sama seperti belanja di toko fisik, kamu juga wajib ‘berkeliling’ dari satu tempat ke tempat lain jika membeli produk di toko online. Kamu harus mencari dan membandingkan spare part incaran kamu di marketplace yang punya reputasi baik.

Hal tersebut dimaksudkan agar kamu bisa mendapatkan barang incaran dengan harga yang paling ramah dengan kantong. Namun yang pasti, kamu juga jangan langsung tertarik dengan harga miring yang ditawarkan. Kamu tetap harus memeriksa reputasi dan review dari para pembeli lainnya.

–> Saat Pandemi, Begini Tips & Trik Menjual Kendaraan Bekas Agar Cepat Laku

Periksa Garansi & Kondisi Barang

Konsumen adalah raja. Itu artinya kamu berhak untuk menanyakan kondisi dan garansi dari barang yang akan dibeli. Hal ini jadi salah satu faktor wajib, sebab banyak barang yang dijual lewat internet kerap tidak memiliki garansi. Hasilnya kamu akan merugi karena barang tersebut tidak berada dalam kondisi sempurnanya.

–> Teknik Mengerem Sepeda Motor yang Benar Saat Kecepatan Tinggi

Simpan Bukti Pembayaran

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan saat hendak membeli spare part secara online adalah jangan membuang bukti pembayaran. Setelah melakukan proses pembelian, simpan bukti pembayaran yang diterima beserta email dan pesan singkat.

Bukan tanpa alasan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Sebagai contoh, barang yang kamu inginkan tidak sampai atau barangnya cacat sehingga kamu bisa melakukan komplain ke pedagang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram