Tips Perawatan Mobil yang Sudah Berusia di Atas 5 Tahun
perawatan mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil yang sudah berusia lima tahun perlu mendapatkan perawatan ekstra pada bagian tertentu. Lantas apa saja perawatan mobil yang harus diperhatikan?

Setelah berusia lima tahun, mobil yang kita miliki akan mengalami penurunan performa. Hal ini lantaran sejumlah komponennya perlu ada yang diganti. Karena itu, perawatan mobil yang diperlukan harus lebih intensif guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan saat digunakan. Kalau lalai, persoalan kecil hingga serius dapat mengganggu perjalanan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun secara umum, penggunaan rutin sehari-hari, apalagi untuk menempuh perjalanan jarak jauh, menjadi penyebab utamanya. Lalu apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat mobil yang telah memasuki usia lima tahun pakai? Simak ulasan dari Jualo berikut!

1. Periksa kondisi ban

ban mobil benjol-2

Dalam pemakaian mobil selama 5 tahun ke atas, Anda sangat wajib untuk memeriksa secara rutin kondisi ban mobil Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat ketebalan ban pada indikator keausan alur telapak ban. Coba periksalah apakah ada keretakan, bagian yang terpotong, hingga kerusakan lainnya untuk menjaga Anda dalam insiden tertentu.

2. Ganti oli mesin secara rutin

perawatan mobil-2

Oli mesin yang diganti secara rutin dapat mencegah kerusakan pada komponen tertentu yang ada di dalam mesin supaya mobil bisa dipakai dengan tahan lama dan nyaman.  Anda bisa memilih oli dengan kualitas dan spesifikasi bahan yang sesuai dengan mobil agar performanya semakin stabil dan membaik.

3. Cek komponen kaki-kaki

perawatan mobil-6

 

Seperti yang Anda tahu ada banyak komponen di kaki-kaki mobil seperti long tie rod, tie rod end, engine mounting, hingga shock absorder. Mengingat komponen-komponen ini seringkali seringkali bersentuhan langsung dengan aspal juga menahan beban yang berat maka penting adanya untuk melakukan perawatan khusus di area tersebut setelah 5 tahun ke atas.

4. Perhatikan aki dan kelistrikan

Selanjutnya, memerhatikan aki menjadi poin yang penting setelah 5 tahun ke atas karena benda ini merupakan salah satu komponen yang rawan untuk timbul korosi hingga karat. Secara rutin, periksalah cairan baterai hingga kabel-kabel yang ada pada mobil Anda. Nah, untuk pemeriksaan kabelnya guna menghindari penurunan performa akibat tikus dan lainnya.

perawatan mobil-4

5. Cairan dan Pelumas

Kemudian, Anda bisa rutin untuk memeriksa kondisi cairan yang ada di dalam mobil setelah 5 tahun pemakaian. Cairan-cairan tersebut di antara lain ada minyak power steering, minyak rem, dan juga cairan tranmisi.

–> MOBIL TURBO BUTUH PERAWATAN KHUSUS? INI PENJELASANNYA

6. Cek Lampu

Terakhir, ada perawatan untuk lampu mobil Anda. Jangan lupa untuk selalu mengecek lampu-lampu terlebih setelah 5 tahun pemakaian mobil. Cek lampu bagian depan dan belakang apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

Hal tersebut penting adanya untuk menunjang kenyamanan Anda dalam berkendara karena sangat berkaitan dengan keamanan apabila Anda berkendara di malam hari.

Nah, itulah tadi beberapa perawatan mobil setelah 5 tahun yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja mesin dan performa mobil kesayangan Anda. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan secara rutin untuk memaksimalkan pemeriksaan yang optimal.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles