close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Harga Jual Motor Bekas Turun? Kenali Beberapa Penyebabnya

jual motor bekas

Ada beberapa faktor yang biasanya menyebabkan harga jual motor bekas menurun. Untuk lebih jelas simak ulasannya berikut ini.

Seiring masa pemakaian, harga sepeda motor biasanya mengalami penurunan saat akan dijual kembali. Namun, perlu diketahui, tak jarang harga turun dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia kendaraan, atau bahkan kondisi motor itu sendiri. Nah, berikut ini Jualo berikan beberapa hal yang dapat menyebabkan harga jual motor bekas jatuh.

–> Tips Membeli Motor Bekas, Simak 7 Langkah Berikut Ini Agar Tak Tertipu

1. Kondisi Motor

Keadaan fisik sepeda motor salah satu penyebab harga motor turun. Motor dengan bodi mulus dan mesin prima pasti harganya lebih tinggi dibandingkan motor yang sudah kusam dan mesinnya bermasalah, bahkan ngebul.

Saat Sobat hendak membeli atau menjual motor, sebaiknya lebih fokus pada kualitas mesinnya. Memperbaiki bodi yang kusam akan jauh lebih mudah ketimbang mereparasi sektor mesin. Jadi, Sobat tidak boleh terlena dengan motor yang terlihat kinclong. Teliti baik-baik kesehatan mesinnya sebelum dipinang.

2. Ketersediaan sparepart

jual motor bekas sparepart

Layanan purnajual dari agen pemegang merek juga bisa jadi penyebab harga motor turun. Jika suku cadang sulit ditemukan atau harganya mahal, maka harga motor bekas pun bakal merosot. Kecuali untuk motor-motor antik atau langka yang diburu kolektor ya, Sob. Walaupun sparepart sulit dicari, tetep aja harganya melambung.

–> Cari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi? Ternyata Bukan Hal Mustahil Lho

3. Pajak mati

pajak jual motor bekas

Sepeda motor yang tidak dibayarkan pajaknya, berarti tidak memiliki STNK yang sah. Karena, pengesahan STNK setiap tahun bisa dilakukan setelah pemilik motor membayar pajak.

Tentunya pembeli motor yang STNK-nya mati harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar pajak dan balik nama. Maka dari itu, motor yang pajaknya mati harganya lebih rendah dari harga pasaran.

4. Modifikasi

jual motor bekas dimodifikasi

Motor yang sudah dimodifikasi kualitasnya pasti berbeda dari kondisi standar. Boleh jadi ada bagian yang tidak berfungsi setelah dimodifikasi. Selain itu, modifikasi juga rentan menyebabkan kerusakan, apalagi jika mesin dan kelistrikan yang diubah. Karena itu modifikasi menjadi penyebab harga motor turun.

Walaupun secara penampilan mungkin motor modifikasi terlihat menarik, lebih baik Sobat tetap memilih motor bekas yang masih dalam keadaan standar. Jangan sampai Sobat terjebak motor yang penampilannya memukau tapi tidak nyaman dan aman dikendarai.

–> 4 Keuntungan Membeli Motor Matic Bekas di Jualo

5. Wilayah

Harga jual motor dapat berbeda—beda di setiap daerah. Misalnya, di daerah perkotaan lebih banyak orang yang memilih skuter matik, sehingga harga jualnya pun stabil. Tapi, harga skutik akan anjlok di daerah pegunungan yang butuh motor-motor tangguh, seperti naked bike atau motor trail.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan harga jual motor menurun. Buat kalian yang ingin jual motor  bekas secara cepat dengan harga terbaik, Jualo dengan senang hati akan membantu. Sebagai platform jual beli terpercaya, Jualo siap memfasilitasi Anda untuk menjual motor bekas dengan cepat, mudah, dan nyaman pastinya. Mau jual motor? Iklanin di Jualo aja!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram