5 Tips Jual Motor Agar Cepat Laku dan Menguntungkan
tips jual motor bekas

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berikut kami berikan tips atau cara jitu untuk Anda yang ingin jual motor bekas kesayangan dengan mudah, cepat, dan aman tentunya

Proses jual motor merupakan sesuatu yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Banyak hal harus diperhatikan agar proses menjual lebih mudah dan cepat. Beruntung, di zaman serba modern seperti sekarang, hadirnya teknologi berupa internet sangat membantu. Termasuk ketika Anda ingin menjual motor. Oleh karena itu, simak tips dan trik dari Jualo berikut ini.

1. Cek dan Perbaiki Kondisi Motor

Foto Jual Motor Bekas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek kondisi motor secara menyeluruh. Dilakukan inspeksi dari segi mesin dan juga eksterior motor. Kekurangan dari kualitas mesin dan tampilan motor bisa menjadi pengurang harga nantinya. Selain itu untuk menghindari terjadinya komplain dari pembeli setelah melakukan penjualan.

Anda bisa pergi ke bengkel untuk menanyakan keseluruhan kondisi motor. Jika ada beberapa bagian yang rusak tidak ada salahnya untuk menggantinya terlebih dahulu. Pastikan juga tampilan motor sesuai dengan yang tertera pada STNK.

2. Jual Sedikit di Bawah Harga Pasar

Survei harga pasaran adalah hal wajib yang dilakukan sebelum Anda memasang harga di iklan. Pastikan Anda sudah memantau harga dari motor sejenis dari merk, tahun keluaran dan tampilannya. Sesuaikan juga dengan daerah tempat Anda akan menjual, karena biasanya harga akan berbeda sesuai kota. Anda bisa mengecek harga ini melalui online agar mudah.

Usai mengetahui harga pasarannya Anda perlu memberikan harga sedikit di bawah harga pasar. Bisa harga lebih murah terpatu Rp. 100.000 atau Rp. 50.000. Harga yang lebih murah akan menarik perhatian sehingga lebih cepat laku.

3. Pastikan Surat-Surat Lengkap

Dokumen Jual Motor Bekas

Satu lagi yang menjamin harga jual semakin tinggi adalah kelengkapan berkas motor.  Ketika Anda ingin menjual motor dengan tidak ada BPKB maka bisa dianggap sebagai motor curian.

Tidak banyak yang mau menerima motor tanpa BPKB atau STNK karena bisa menjadi masalah dalam pengurusan pajak. Surat yang lengkap ditambah dengan pajak tahunan yang rutin dibayar akan meningkatkan harganya.

Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda rutin membayar pajak tahunan motor sehingga jika ingin dijual kembali motor bisa laku lebih mahal. Anda bisa menunjukkan surat-surat ini kepada calon pembeli sebagai bukti.

4. Memilih Platform Penjualan yang Tepat

Jual Motor Bekas Jualo

Tips jual motor bekas selanjutnya adalah dengan pemilihan platform yang tepat.   Saat ini Anda bisa menjual motor memanfaatkan berbagai jenis media. Khusus untuk penjualan motor bekas ada beberapa platform terbaik untuk dipilih.

  • Pertama adalah menjualnya langsung ke dealer atau showroom motor bekas. Cara ini biasanya paling cepat karena motor akan langsung dibeli oleh dealer. Kelemahannya hanya harga jauh lebih murah dibandingkan menjual sendiri.
  • Kedua adalah menggunakan surat kabar, cara ini cukup efektif karena beberapa orang masih rutin membaca koran. Anda hanya perlu memasang iklan di surat kabar setiap minggunya.
  • Ketiga adalah dengan menggunakan internet. Anda bisa memasang iklan di sosial media atau marketplace seperti Jualo. Lewat Jualo, Anda tinggal pasang iklan dengan mudah serta jangan lupa masukkan gambar dan penjelasan spesifikasi kendaraan yang jelas.

–> TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR TETAP PRIMA USAI MUDIK LEBARAN

5. Siapkan Visual Motor Terbaik

Jual Motor Bekas

Anda sudah memperbaiki tampilan motor dan juga kualitas mesin, cara jual motor bekas selanjutnya adalah memasangnya melalui iklan. Tampilan visual berupa foto atau video harus dibuat semenarik mungkin.

Sekarang sangat mudah untuk membuat gambar yang paling menarik untuk diiklankan. Anda bahkan bisa menggunakan smartphone untuk mengambil gambarnya. Foto semua detail motor tampak depan, samping dan juga belakang. Anda juga bisa menambahkan foto beberapa detail lain jika memberikan modifikasi tertentu pada bagian mesin atau body motor.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles