AC Mobil Bau? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Solusinya
AC Mobil Bau

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

AC Mobil bau pastinya jadi hal yang membuat Anda tidak nyaman selama berkendara. Lantas apa sebenarnya penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap?

Menggunakan AC saat melakukan perjalanan memberikan kenyaman tersendiri, karena akan menyejukkan udara di dalam kabin mobil. Namun, bagaimana jika AC mobil bau dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap? Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara menghilangkan bau AC yang Jualo paparkan berikut ini.

Penyebab AC Mobil Berbau Tidak Sedap

AC pada mobil memberikan kenyamanan berupa udara sejuk bagi pengendara. Tak jarang juga pengendara menambahkan pewangi pada bagian AC agar tercium aroma wangi yang menyegarkan di dalam mobil. Nah di bawah ini ada beberapa penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap yang perlu Anda ketahui.

1. Bau Akibat Freon yang Mau Habis

AC Mobil Bau - 5

Freon merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan pada pendingin ruangan, termasuk AC mobil. Apabila mobil Anda sudah lama digunakan, maka freon juga akan berkurang. Freon yang hampir habis ini dapat memicu terjadinya bau apek pada AC mobil Anda. Kondisi ini biasanya akan diikuti juga oleh gejala lain seperti suhu AC yang tidak menjadi dingin.

2. Filter Kotor

Filter yang kotor akan membuat AC tidak bekerja dengan baik, mulai dari AC tidak dingin hingga menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin mobil. Filter AC ini bisa jadi terlihat bersih dari luar, tetapi akan sangat terlihat kotor di dalam karena penumpukan debu. Debu dan kotoran yang menumpuk akan menimbulkan jamur. Jamur inilah yang kemudian menyebabkan munculnya aroma tidak sedap saat AC dinyalakan.

3. Evaporator Berjamur

AC Mobil Bau- 3

Debu dan kotoran yang menumpuk bisa masuk ke dalam sistem AC mobil, tepatnya pada bagian evaporator. Jika Anda tidak membersihkannya secara berkala, maka evaporator akan berjamur. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan AC mobil bau tidak sedap. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Untuk itu, penting bagi Anda membersihkannya secara berkala menggunakan air mengalir.

4. Bau Karena Kerusakan Tangki Bensin

Terkadang, aroma tidak sedap yang muncul dari AC mobil bisa saja berupa aroma bensin. Jika ini terjadi, artinya terdapat kerusakan pada tangki bensin mobil Anda. Tutup tangki bensin yang sudah kendor biasanya menjadi penyebab utama AC mobil menimbulkan bau bensin yang menyengat. Ketika mobil dinyalakan, bau bensin ini akan semakin tercium dan menyebar ke AC kabin mobil Anda.

5. Grill Kotor

AC Mobil Bau- 6

Grill merupakan komponen mobil bagian depan atau dashboard yang berbentuk mirip seperti ventilasi. Grill ini berfungsi sebagai filter udara di dalam kabin mobil. Jika grill mobil Anda kotor, maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Ketika AC dinyalakan, bau ini akan semakin menyebar dan mengganggu kenyamanan. Grill yang kotor biasanya disebabkan debu dan kotoran yang menumpuk.

3 Cara Menghilangkan Bau AC Mobil

Sebenarnya, cara menghilangkan bau tidak sedap pada AC perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Seperti beberapa cara di bawah ini.

1. Bersihkan atau Ganti Filter Kabin

AC Mobil Bau - 4

Filter kabin yang berada di dalam AC berfungsi menyaring udara dari kotoran dan debu. Jika filter kabin ini dibiarkan terlalu lama hingga terjadi penumpukan kotoran dan debu, tentu akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Terlebih jika pada filter ini terdapat bangkai serangga seperti cicak, maka akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Maka dari itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala atau jika perlu dilakukan penggantian filter kabin. Jika sudah terlalu kotor, jangan tunda untuk mengganti filter mobil agar kinerja AC tetap terjaga.

–> BEGINI DAMPAK BURUK SERING PARKIR MOBIL DI TEMPAT PANAS

2. Cek Kebocoran Refrigerant

Refrigerant merupakan salah satu komponen pada AC mobil. Apabila komponen ini mengalami kerusakan seperti kebocoran, maka berpotensi mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, cek secara berkala seluruh komponen pada AC mobil Anda di bengkel untuk menghindari hal tersebut.

3. Ganti Parfum Mobil

AC Mobil Bau - 8

Parfum atau pewangi yang Anda simpan di dalam mobil, berpotensi menimbulkan bau tidak sedap apabila sudah terlalu lama tidak diganti. Bau yang sering muncul yaitu bau apek. Upayakan ganti parfum mobil secara berkala dengan kandungan alkohol yang tidak terlalu tinggi. Penting juga untuk mengetahui bahan-bahan pembuatan parfum tersebut agar sesuai dengan selera Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles