5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Serah Terima Mobil Baru
Mobil baru

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Proses serah terima mobil baru merupakan proses menyenangkan. Jangan sampai momen ini rusak akibat Anda tidak mengecek dengan teliti saat proses berlangsung

Serah terima mobil baru merupakan hal krusial karena bisa saja mobil yang Anda terima dalam keadaan cacat produksi. Sekalipun pihak diler memiliki standarisasi pengiriman unit ke konsumen lewat proses Pre Delivery Inspection (PDI) untuk memastikan unit yang dikirim tidak mengalami masalah.

Akan tetapi, mungkin saja ada beberapa hal yang terlewat saat proses PDI dari diler. Untuk itu, Anda sebagai konsumen memiliki hak dan sebaiknya melakukan pengecekan ulang sebelum menandatangani surat serah terima. Berikut Jualo akan berikan beberapa hal yang harus diperhatikan saat proses serah terima mobil baru dari diler, diantaranya:

1. Minta pengiriman di siang hari

Mobil baru-4

Perhatikan dengan seksama daftar ceklis yang dibawa oleh pihak diler

Dari pihak dealer umumnya selalu mengutamakan pengiriman mobil ke konsumen di siang hari. Namun bisa saja karena Anda sedang bekerja, pengiriman dilakukan malam hari. Hal ini sebaiknya Anda hindari, usahakan serah terima unit dilakukan siang hari. Tujuannya untuk Anda bisa melakukan pengecekan mobil dengan seksama di saat hari masih terang.

2. Cek seluruh kondisi eksterior

Pastikan Anda melakukan pengecekan di setiap sisi mobil, terutama di bagian luar. Periksa apakah kondisi bodi mobil dan cat sesuai ekspektasi Anda. Jika ada yang dirasa kurang memuaskan seperti ada baret atau jarak bodi yang renggang maka Anda bisa langsung tanyakan ke pihak dealer dan meminta pertanggungjawaban.

3. Periksa bagian kabin

Mobil baru-3

Cek mobil secara keseluruhan, eksterior, interior, maupun komponen kelistrikan

Setelah memastikan kondisi luar mobil aman, maka jangan lupa cek kondisi bagian dalam kabin. Umumnya mobil baru akan dikirimkan lengkap dengan plastik pembungkus di bagian dalam mobil. Lepaskan semua pembungkus ini untuk memastikan tidak ada noda atau barang yang kurang lengkap. Periksa juga kondisi ban cadangan dan semua kelengkapan buku manual serta toolkit dan APAR ada di dalam mobil.

4. Cek fitur dan lampu-lampu

Berikutnya yang harus diperiksa adalah fitur dan perangkat di dalam mobil berfungsi normal. Cek semua fitur seperti lampu-lampu berfungsi normal, perangkat audio, hingga ke fungsi pendingin atau AC mobil. Jika semua berfungsi normal dan tidak ada bunyi-bunyi atau masalah lain maka mobil bisa dilakukan pengetesan.

Saat proses serah terima, pihak dealer juga wajib untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai kendaraan baru kepada konsumen. Biasanya mengenai cara pengoperasian, dan fitur-fitur umum. Maka itu Anda sebagai konsumen harus memperhatikan dengan seksama apa saja yang diterangkan dan memastikan semua fitur berfungsi dengan baik.

5. Lakukan tes jalan

 

Sebelum serah terima, cek juga kondisi odometer, memang tidak mungkin posisinya berada di 0 km, tapi jarak tempuh yang wajar adalah di bawah 50 km. Jangan lupa tes jalan untuk memastikan tidak ada bunyi-bunyi di sektor kaki-kaki dan juga mesin yang mengganggu.

Mobil baru-2

Lakukan tes jalan untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau malfungsi dari mobil

–> TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS BERKUALITAS UNTUK PEMULA

Terakhir adalah memastikan semua  nomor rangka serta nomor mesin mobil Anda sesuai dengan STNK saat keluar. Kemudian, pastikan juga data-data yang ada di STNK sesuai dengan data kependudukan Anda.

Satu lagi, setelah mobil dinyatakan aman dan Anda sudah melakukan proses serah terima maka jangan lupa untuk membaca buku manual kendaraan. Agar Anda memahami jika ada masalah yang terjadi di kemudian hari. Pihak dealer pun akan menjelaskan mengenai hak dan kewajiban pemilik kendaraan sesuai yang tertera pada buku pedoman pemilik kendaraan dan buku service pemilik kendaraan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles