Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas untuk Pemula

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil bekas bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin memiliki mobil dengan dana terbatas atau pemula. Nah, buat Anda yang sedang bingung, berikut kami sajikan tips membeli mobil bekas berkualitas untuk pemula.

Pilihan membeli mobil bekas bisa menjadi sangat menguntungkan jika Anda jitu saat memilih. Selain harga yang lebih terjangkau, ada banyak pilihan di kategori mobil bekas yang bisa disesuaikan dengan isi kantong.

Namun membeli mobil bekas bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketelitian serta pengetahuan soal otomotif agar memperoleh mobil bekas dengan kondisi yang masih prima. Dan kali ini Jualo berikan beberapa tips jitu untuk para pemula membeli mobil bekas berkualitas.

–> MAN TGX Sukses Menyabet Gelar Truk Terbaik di Dunia

Sesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membeli mobil bekas adalah melihat ketersediaan uang (budget) dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, khusus untuk pemula, sangat disarankan untuk membeli mobil di rentang harga yang pas di kantong meskipun itu mobil bekas.

Karena, hal ini bisa meminimalisir biaya-biaya lain ketika nantinya terjadi kerusakan atau perbaikan mobil, wajar mengingat mobil bekas lebih membutuhkan perawatan ekstra.

Prioritaskan Membeli kepada Tangan Pertama

Selanjutnya, disarankan bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas untuk membeli atau mendatangi pemilik langsung. Kenapa demikian? Dikarenakan jika membeli ke showroom memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan, hanya saja dipasatikan akan membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama.

Kelebihan jika membeli langsung dari orang pertama, umumnya akan membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil yang dijualnya. Bahkan, negoisasinya pun tak jarang lebih mudah dan tak terlalu rumit.

Jualo sebagai platform jual beli terbesar di Asia Tenggara, memiliki beragam pilihan mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Cukup buka Jualo.com melalui smartphone, Anda bisa melihat beragam mobil bekas yang dijajakan para pelapak. Dan tak perlu khawatir, karena para pelapak yang ada sudah melalui berbagai tahapan verifikasi sehingga membuat Anda lebih aman dan nyaman.

–> Saat Pandemi, Begini Tips & Trik Menjual Kendaraan Bekas Agar Cepat Laku

Cek Kondisi Mobil

Pastikan kondisi mobil mulai dari eksterior, interior, dan mesin masih prima dan layak untuk dipakai. Lihat pula fitur-fitur utama dan unggulan di mobil tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek pula riwayat mobil servis mobil tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengecek langsung track record servis tersebut jika memang pemilik sebelumnya rutin menservis di bengkel resmi.

Test Drive

Lalu, saat Anda sedang meneliti kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, cek kondisi mesinnya karena ini bagian yang paling utama dan sangat penting. Pertama, mobil harus mudah di-starter dan pastikan bahwa suara mesin terdengar tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin.

Jika sudah, coba minta ijin kepada penjual untuk melakukan test drive guna mengetahui kondisi mesin mobil, termasuk rem, transmisi dan juga kaki-kaki pada mobilnya.

–> Investasi Emas Masih Menjadi Primadona di Tahun 2021

Cek Kelengkapan Dokumen dan Surat-Suratnya

Di sisi lain, dalam menerapkan langkah-langkah atau tips membeli mobil bekas yang benar, cobalah untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan. Antara lain seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Jangan lupa untuk meneliti apakah nomor rangka dan nomor mesinnya sudah sesuai dengan surat-suratnya atau justru malah berbeda. Selain itu, perlu dipastikan juga bahwa nama dalam BPKB maupun STNK tersebut adalah nama asli dari pemiliknya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles