close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Kiat dan Tips Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil

rental mobil

Bisnis rental mobil bisa dikatakan cukup menjanjikan seiring kebutuhan masyarakat bepergian ke luar kota. Lantas bagaimana cara untuk membangun bisnis tersebut supaya berjalan lancar?

Bisnis rental mobil merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Memang, di kala pandemi, sektor usaha ini terkena dampak yang cukup signifikan. Namun, sebenarnya bisnis ini punya pasar yang besar. Terbukti dari banyaknya rental mobil yang tersedia di kota besar.

Buat kalian yang sedang berfikir untuk membangun bisnis rental mobil usai pandemi berakhir. Tentunya harus menyiapkan beberapa strategi jitu. Untuk lebih jelas, simak tips dari Jualo berikut ini.

1. Buat Strategi Bisnis

rental mobil- 3

Apapun bisnis yang akan Anda kembangkan, selalu buat strategi bisnisnya terlebih dahulu. Mungkin Anda mengenal dengan nama business plan, yang di dalamnya berisi rancangan bisnis dari awal hingga potensi bisnis nantinya.

Selain poin-poin di atas, di dalam strategi bisnis Anda juga akan melihat berapa modal yang dibutuhkan dan berapa pengeluaran per bulannya untuk membuka bisnis rental mobil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan business plan yang Anda miliki ini untuk mengajukan permohonan peminjaman modal. Sebagai tambahan, jika modal yang dimiliki kecil, ada baiknya kalian memiliki sedikit mobil terlebih dulu namun punya target yang jelas.

2. Memilih Jenis Rental

Bisnis rental mobil dibagi menjadi dua macam, yaitu rental harian dan rental berdasarkan kontrak. Dua tipe rental ini juga mempunyai target pasar yang berbeda. Jika Anda mengambil tipe rental harian, berarti tipe bisnis Anda akan business to customer atau B2C segmen pasar personal. Sedangkan untuk rental berdasarkan kontrak, Anda akan mempunyai target pasar business to business atau B2B atau sebuah perusahaan. Sistem bisnis B2C dan B2B ini sangat berbeda, jadi Anda harus berpikir jeli dalam memilih jenis rental.

3. Manfaatkan Strategi Marketing Lewat Sosial Media

rental mobil- 4

Strategi marketing tentunya berlaku untuk segala jenis usaha, khususnya di era yang kian modern seperti sekarang. Untuk itu, manfaatkan sosial media dan website untuk mempromosikan bisnis Anda. Kemudian, tidak ada salahnya meminta testimoni dari pelanggan yang sudah menggunakan jasa rental Anda.

4. Perbanyak Tipe Mobil yang Banyak Diminati Masyarakat

rental mobil- 5

Jenis mobil tentu sangat berpengaruh penting sebelum memulai bisnis rental mobil. Umumnya, mobil yang paling banyak dicari oleh konsumen di Indonesia adalah tipe MPV. Kapasitas yang besar tentu jadi alasan utama dipilihnya MPV sebagai favorit. Namun, alangkah baiknya Anda lakukan survey terlebih dulu mana tipe mobil yang kerap dijadikan pilihan di daerah Anda, karena setiap wilayah punya bisa saja punya kebiasaan berbeda.

5. Jaga Kondisi Mobil Selalu Prima

rental mobil- 2

Yang terakhir, mungkin inilah yang sering dilupakan para pelaku bisnis rental mobil, yakni kebersihan dan kondisi mobil itu sendiri. Untuk itu, sebagai penyedia jasa, Anda wajib memperhatikan kebersihan mobil baik eksterior maupun interior. Serta yang tidak kalah penting adalah sektor mesin, pastikan kondisi mobil selalu prima agar tidak terjadi masalah ketika sedang disewa oleh konsumen

Salah satu cara lainnya untuk merawat mobil Anda adalah mendaftarkan ke dalam asuransi. Untuk mengantisipasi pengeluaran lebih besar ketika mobil mengalami kerusakan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Story Page
Facebook
Instagram