Power Window Mobil Rusak? Segera Cek 4 Komponen Berikut
power window mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Seperti komponen lain, power window mobil sebagai salah satu fitur di mobil modern bisa saja bermasalah yang ditimbulkan akibat usia atau perawatan yang kurang

Power window mobil yang bermasalah atau macet tentu sangat merepotkan Anda ketika dalam perjalanan. Masalahnya, Anda tidak akan bisa membuka kaca mobil untuk keperluan mendesak, seperti bayar parkir atau tol misalnya. Namun, jika Anda mengalami masalah tersebut, baiknya jangan dulu panik. Ada beberapa komponen yang bisa terlebih dulu Anda cek untuk mengetahui sumber masalah. Apa saja? Simak ulasan Jualo berikut ini.

1. Cek Sekring

power window mobil- 2

Sekring merupakan bagian pertama yang harus dicek saat power window gagal bekerja. Karena power window merupakan piranti elektronik, tentu saja sekering dipakai untuk meminimalisir korsleting listrik pada mobil. Jika sekring power window terputus, otomatis semua perangkat yang ada di dalam power window tidak bisa berfungsi. Hal ini akan mengakibatkan power window tidak dapat beroperasi. Sekaligus menandakan ada masalah pada sistem kelistrikan power window sehingga membuatnya tidak bekerja dengan baik.

2. Saklar Power Window

Kerusakan pada bagian yang satu ini biasa terjadi karena korsleting listrik yang menyebabkan saklar terbakar. Atau bisa juga karena plastik yang ada di bagian dalam saklar mengalami aus sehingga saklar tersebut tidak bisa berfungsi secara optimal. Jika pada salah satu pintu terdapat saklar yang rusak, maka hanya kaca pintu itu yang tidak dapat digerakkan.

3. Motor Power Window

power window mobil- 4

Motor power window letaknya di dalam pintu mobil. Di dalamnya terdapat dinamo yang menggerakan regulator sehingga kaca bisa naik dan turun. Komponen ini bisa rusak karena kumparan tembaga dinamo yang terbakar akibat korsleting listrik. Tetapi, ada kasus lain yakni gigi pemutar telah aus sehingga tidak dapat menggerakkan power window.

4. Regulator Power Window

Regulator berfungsi untuk menggerakkan kaca mobil naik dan turun sesuai keinginan penumpang. Komponen ini dapat mengalami kerusakan akibat gerigi-gerigi yang dimilikinya aus, jadi power window tidak berfungsi normal. Namun bisa juga karena tempat dudukan kaca pada regulator copot atau terlepas. Sehingga pada saat regulator bekerja, kaca tidak dapat naik turun seperti biasanya.

–> 5 REKOMENDASI TRUK BEKAS YANG COCOK UNTUK USAHA ANDA

Tips Menjaga Power Window Mobil Tetap Awet

Hindari Beban pada Power Window

Karena power window bekerja menggunakan motor listrik, jadi harus dipastikan bahwa tidak ada beban yang menghalangi kerja motor. Beban yang dimaksud bisa datang dari mana saja, tapi pada umumnya dari kaca sendiri. Bila ada beban yang menghalangi, seperti debu dan kotoran lain, atau karet lis kaca sudah tidak elastis, akan membuat kerja motor menjadi berat. Dampaknya, ketika kaca dibuka atau ditutup prosesnya sedikit lama, bahkan kadang sampai tersendat.

Perhatikan Kondisi Lis Kaca Mobil

power window mobil 3

Perhatikan kondisi karet lis kaca, bila kondisinya sudah mengeras sebaiknya segera mengganti. Pengerasan pada karet biasanya terjadi karena mobil sering parkir di bawah terik matahari langsung. Untuk menjaga kelenturannya, kamu bisa mengoleskan cairan silikon untuk melindungi karet agar tak cepat getas.

Rajin Bersihkan dari Debu dan Kotoran

Biasakan pula untuk tidak membiarkan debu terlalu lama hinggap di permukaan kaca. Karena bila didiamkan bisa membuat debu tersebut masuk ke bagian dalam pintu yang membuat motor elektrik menjadi kotor. Biasakan untuk tidak membuka kaca saat hujan atau ketika melintasi jalan berdebu. Jika air hujan sampai terkena tombol power window, bisa menimbulkan kerusakan pada sistem kelistrikan. Debu selain membuat pergerakan kaca tidak lancar, juga membuat mekanisme penggerak di dalam panel pintu jadi kering dan merusak roda gigi ketika bekerja.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles