Tips Simpel Perbaiki Lampu Rem Mobil Mati, Penting untuk Safety!
lampu rem mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Lampu rem memiliki fungsi sangat penting sebagai alat komunikasi untuk pengguna jalan lain saat Anda mengurangi kecepatan. Oleh karena itu, penting diperhatikan jangan sampai lampu rem mobil mati

Pernahkah Anda melihat sebuah mobil yang tidak memiliki lampu rem atau hanya hidup sebelah? Hal tersebut jelas sangat berbahaya bagi pengguna jalan lain jika terjadi rem mendadak karena kendaraan di belakang tidak mengetahui kapan mobil tersebut mengurangi kecepatan saat pedal diinjak. Karenanya sangat penting menjaga kondisi lampu rem mobil selalu optimal demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Cara Mengecek Kondisi Lampu Rem

lampu rem mobil- 2

Memang agak sulit memantau kondisi lampu rem karena posisinya di belakang mobil. Namun, ada cara sederhana mengecek kondisi lampu rem yaitu saat mobil berhenti di dalam garasi. Injak pedal rem dan perhatikan kondisi belakang via spion kiri dan kanan. Kalau berfungsi, pasti ada refleksinya di tembok atau bodi mobil lain di sekitarnya. Pastikan pula lampu rem ketiga yang berada di atap juga berfungsi normal.

Cek Bohlam Lampu Rem

lampu rem mobil- 3

Jika lampu rem tidak menyala, kamu bisa dicek apakah bohlamnya masih layak pakai atau tidak. Kalau bohlamnya mati, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Metode pengecekan serupa juga bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi lampu senja dan lampu sein.

–> SUARA MESIN MOBIL KASAR SAAT? YUK CARI TAHU PENYEBAB & SOLUSINYA

Periksa Switch Lampu Rem

Tetapi kalau sudah diganti tetap tidak menyala, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan ke komponen terkait lainnya. Apabila lampu rem mobil kamu terus menyala meskipun tidak sedang menginjak pedal rem, maka yang harus dilakukan adalah mengecek switch lampu.

Pada umumnya letak switch ada di atas tuas pedal rem. Switch rem inilah yang berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik dari baterai (aki) ke lampu rem. Switch rem akan menyambungkan arus listrik ketika pedal rem diinjak, dan kembali memutus arus listrik ketika pedal rem dilepas. Kalau benar sudah rusak maka bisa diganti dengan yang baru. Sebaiknya jangan tunda memperbaiki lampu rem yang rusak karena sangat penting untuk keamanan berkendara ya teman Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles