Suara Mesin Mobil Kasar Saat Idle? Yuk Cari Tahu Penyebab & Solusinya
suara mesin mobil kasar

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ada berbagai macam yang jadi penyebab suara mesin mobil kasar saat di gas atau idle. Apa saja sih penyebab dan bagaimana solusinya? Yuk simak ulasan lengkap dari Jualo berikut ini.

Berkendara dengan suara mesin mobil kasar tentu membuat Anda tidak nyaman. Selain mengganggu, ada rasa khawatir mengenai kondisi mesin yang mungkin saja memiliki efek negatif jika didiamkan. Suara kasar yang timbul memang bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya seperti yang sudah tim Jualo rangkumkan untuk Anda di bawah ini.

6 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas

1. Kompresor AC

suara mesin mobil kasar- 4

Penyebab suara mesin mobil kasar saat di saat pertama kali dinyalakan bahkan saat mobil sudah berjalan dapat disebabkan karena kompresor AC yang bermasalah dan terlalu banyak kotoran atau kurang oli. Suara kasar ini akan terdengar sangat nyaring ketika mobil dinyalakan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan pembersihan atau flushing kompresor. Bila komponen sudah dibersihkan tetapi masih terdengar suara yang kasar, Anda dapat kembali mengecek karena bisa jadi terdapat komponen yang harus diganti.

2. Oli Mesin

suara mesin mobil kasar- 2

Masalah lain yang menjadi penyebab kasarnya suara mobil ketika di gas adalah volume oli yang kurang, atau kualitas oli yang buruk. Untuk mengeceknya, Anda dapat mengecek dari dipstick tangki oli.

Langkah ini juga dapat digunakan untuk mengecek kualitas oli. Tentu saja oli berkualitas memiliki warna yang bening, sedangkan oli yang memiliki kualitas buruk, memiliki warna kecokelatan dan menghitam karena kotoran telah tercampur dengan oli. Umumnya, suara mesin mobil kasar saat di gas ini juga dapat disebabkan karena masalah katup. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak.

3. Pompa Oli Mesin

Masih erat kaitannya dengan oli. Bila kondisi oli masih dalam keadaan bagus, penyebab suara kasar bisa disebabkan karena pompa yang bermasalah. Cara kerja pompa oli ialah memompa dari saringan bawah ke semua komponen mesin.

Pompa yang bermasalah umumnya tidak dapat mengalirkan oli ke seluruh komponen dalam mesin. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengecek komponen ini. Bila terdapat kerusakan, komponen harus segera diganti.

4. Sabuk Kendaraan

suara mesin mobil kasar- 3

Jangan salah, sabuk kendaraan juga bisa menjadi akar penyebab dari suara kasar pada mesin mobil. Sabuk kendaraan merupakan tali kipas penghubung antara satu pull dengan pull lain. Umumnya, masalah yang terjadi disebabkan karena sumbatan debu, ukuran yang tidak pas dan tali kipas yang kering. Jika tali kipas kering atau memiliki ukuran yang kurang pas, suaranya akan terdengar seperti decitan.

–> JANGAN SEMBARANGAN, BEGINI ATURAN LENGKAP PENGGUNAAN LAMPU STROBO MOBIL

5. Pembakaran yang Tidak Sempurna

suara mesin mobil kasar- 5

Masalah pembakaran tidak sempurna juga dapat menimbulkan suara ngelitik dan membuat suara mesin menjadi kasar. Untuk memperbaiki suara kasar karena tidak sempurna, Anda harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan nilai oktan serta sesuai dengan anjuran pabrik.

6. Adanya Celah pada Katup Mesin

Penyebab lain suara mesin mobil menjadi kasar adalah adanya celah pada katup mesin. Celah katup seharusnya tidak begitu rapat dan tidak begitu renggang. Tetapi, jika sering digunakan, celah katup akan longgar. Bila berbagai cara di atas tidak dapat mengatasi suara mobil kasar saat di gas, Anda dapat segera membawa kendaraan ke bengkel resmi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles