Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan atau Ngempos
Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernah mengalami masalah motor ngempos atau kehilangan tenaga? Berikut adalah beberapa penyebab tenaga motor seperti tertahan atau ngempos

Autoride- Jika Anda mengalami gejala tenaga motor seperti tertahan, tidak perlu panik. Anda hanya perlu mengetahui penyebab masalah tersebut dan segera mengatasinya. Karena secara umum, gejala tersebut biasanya disebabkan oleh masalah perawatan, usia motor dan proses pembakaran. Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan penyebab tenaga motor seperti tertahan atau ngempos dan solusinya untuk Anda.

1. Jarang Perawatan secara Berkala jadi Penyebab Utama

Tenaga motor bisa tiba-tiba hilang karena Anda jarang melakukan perawatan berkala seperti service. Padahal Anda menggunakan kendaraan secara intens setiap hari membuat beberapa komponen yang seharusnya dicek atau diganti jadi tertunda.

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan-3

Gejala motor ngempos, saat gas dipelintir dalam, tenaga tetap tidak ada alias kosong

Contoh paling sering terjadi adalah masalah pada sistem kelistrikan. Setiap sepeda motor dilengkapi dengan accu atau aki yang fungsinya sebagai baterai untuk menyimpan daya listrik. Aki perlu perawatan dengan mengecek kondisinya.

Pada saat sistem kelistrikan yang menjadi awal mula proses pembakaran terjadi mengalami masalah, maka mesin akan terasa tertahan saat digas. Penyebabnya karena aki sudah tidak bisa menampung daya listrik atau menyalurkannya sesuai kebutuhan.

Apabila penyebab tenaga motor seperti tertahan karena Anda jarang merawatnya, maka mulai sekarang cukup rutin service. Setiap bengkel akan menyarankan jadwal servis sesuai dengan kebutuhan motor. Tujuannya agar semua komponen yang perlu dibersihkan atau diganti bisa dilakukan tepat waktu.

2. Kerusakan Komponen karena Faktor Usia

Tenaga motor tertahan seringkali terjadi pada sepeda motor matik atau manual versi lama. Masalah usia kendaraan memang tidak bisa menipu, performanya akan menurun apalagi ditambah Anda tidak melakukan perawatan yang rutin.

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan-4

Rutin cek busi ketika servis berkala untuk mencegah tenaga motor ngempos

Misalnya saja sepeda motor manual yang sudah berusia lima tahun lebih, biasanya memiliki masalah pada rantai. Sedangkan hal yang sama juga bisa terjadi pada van belt di sepeda motor matic.

Penyebab tenaga motor seperti tertahan ini karena usia dari rantai atau van belt sudah terlalu lama dan mulai kendor. Padahal komponen ini bekerja untuk menyalurkan putaran dari mesin kepada kedua roda motor.

Pada saat rantai atau van belt tidak bisa lagi menyalurkan tenaga mesin, maka motor akan terasa tertahan. Solusinya adalah mengganti rantai atau van belt yang sudah rusak dan tidak bisa dikencangkan lagi, Anda pun tidak perlu menunggunya sampai putus.

–> Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas & Cara Mengatasinya

3. Masalah pada Kompresi Mesin

Penyebab tenaga motor seperti tertahan yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada motor. Kompresi pada motor adalah tekanan yang dihasilkan pada piston saat gas dan udara dipadatkan sehingga volumenya mengecil.

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan-2

Kompresi mesin yang bermasalah bisa sebabkan tenaga motor ngempos

Pada saat kompresi motor menghilang, maka tenaga akan tertahan. Hal ini paling sering terjadi pada motor matic yang memiliki RPM tinggi. Dampak yang terjadi bahkan bukan hanya tenaga motor tertahan, tetapi juga bisa mesin mati.

Cara mengatasi motor yang sudah mati karena masalah pada kompresi ini adalah dengan starter engkol. Anda bisa menarik gas sampai maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke dalam mesin. Demi mencegah terjadinya masalah pada kompresi motor, sebaiknya Anda melakukan perawatan secara berkala.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles