close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas & Cara Mengatasinya

knalpot motor nembak-4

Ada banyak permasalahan yang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor, salah satunya adalah knalpot nembak ketika gas dilepas

Anda tentu pernah mendengar atau bahkan mengalami knalpot motor nembak saat gas di lepas. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan berkendara, baik untuk Anda atau bahkan pengendara lain di jalan.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan knalpot motor nembak saat gas dilepas. Dan jika motor Anda mengalami hal tersebut jelas harus segera diperbaiki karena jika didiamkan bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.

Apa yang Menyebabkan Knalpot Nembak Ketika Lepas Gas?

Seperti dikatakan di atas, ada beberapa faktor yang menyebabkan knalpot motor nembak saat gas dilepas. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Lupa menutup choke

knalpot motor nembak-2

Pada motor yang masih menggunakan karburator, periksa choke jika knalpot mengeluarkan gejala nembak saat gas dilepas

Penyebab pertama mengapa knalpot nembak ketika Anda melepas gas adalah karena bagian choke yang belum tertutup pada motor lawas yang masih menggunakan karburator. Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele tetapi sering dilewatkan. Ketika Anda membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah.

Ketika Anda tidak menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti terkena ledakan. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.

2. Knalpot bocor

knalpot motor nembak-1

Knalpot yang bocor juga bisa sebabkan gejala nembak

Adapun penyebab knalpot nembak yang berikutnya adalah komponen ini sudah mengalami kebocoran. Komponen yang mengalami kebocoran itu berasal dari knalpot itu sendiri. Cara mengetahuinya adalah dari suara kendaraan mengalami kebisingan atau tidak.

3. Adanya masalah pada saluran mesin

Sedangkan untuk penyebab lain mengapa knalpot nembak adalah karena terjadinya masalah pada bagian saluran mesin. Biasanya hal ini terjadi pada bagian selang udara, jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.

Saluran mesin ini sangat diperlukan saat proses pembakaran sehingga bisa menahan suara bising yang muncul. Ada bagian lain yang juga harus Anda rawat kondisinya yaitu karburator agar performanya tetap baik. Jika tidak maka akan mengganggu kinerja dari komponen yang lainnya.

4. Busi bermasalah

knalpot motor nembak-3

Segera ganti busi yang sudah bermasalah atau menghitam

Untuk penyebab yang berikutnya adalah terjadinya masalah pada bagian busi. Hal ini merupakan penyebab utama dari knalpot yang nembak saat gasnya dilepas. Jika busi mengalami kerusakan, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Proses pengapian juga tidak akan maksimal.

5. Udara masuk ke tangki

Penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas yang berikutnya adalah adanya banyak campuran pada bahan bakar. Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar.

Solusi Mengatasi Knalpot yang Nembak Saat Melepas Gas

  • Mengecek Kondisi Knalpot

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek bagian knalpot dan mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Anda bisa menyesuaikannya dengan standar pada kendaraan.

–> Belum Banyak yang Tahu! Ini Fungsi Knalpot yang Sebenarnya

  • Mengecek Bagian Busi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengecek bagian busi motor apakah mengalami masalah atau tidak. Jika pada bagian busi mengalami masalah, Anda bisa langsung mengganti busi tersebut dengan yang busi yang baru.

  • Mengganti Filter Udara

Jika kedua cara di atas tidak bisa, maka Anda dapat menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan melakukan penggantian filter udara.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram