close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

6 Cara Ciptakan Ruang Belajar Nyaman untuk Anak di Rumah

ruang belajar

Memiliki ruang belajar yang nyaman untuk Anak merupakan hal yang wajib dimiliki, khususnya di masa pandemi seperti sekarang

Ruang belajar yang nyaman mutlak dimiliki. Apalagi, di saat anak-anak diharuskan belajar di rumah. Ruang belajar yang nyaman akan membuat anak-anak makin nyaman dan fokus selama belajar di rumah. Oleh karena itu, Jualo akan bagikan sejumlah tips untuk membuat ruang belajar yang nyaman di rumah sebagai berikut.

1. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan hal krusial dalam membuat ruang belajar yang nyaman. Semakin tepat lokasi yang dipilih, anak anak akan semakin nyaman dan fokus belajar. Sebagai saran, pilihlah ruangan yang jauh dari TV maupun mesin cuci. Hal itu dilakukan agar anak terhindar dari kebisingan yang diciptakan TV atau mesin cuci yang bisa mengganggu konsentrasi anak.

2. Buatlah Pencahayaan Ruangan yang Tepat

ruang belajar-3

Selain lokasi, pencahayaan ruangan juga penting untuk dilakukan. Semakin optimal pencahayaan, maka semakin nyaman pula anak belajar di dalam ruangan. Selain itu, anak-anak juga akan lebih mudah melihat benda yang ada di sekitarnya. Untuk urusan pencahayaan, pilihlah lampu dengan cahaya berwarna putih, dengan tingkat kecerahan sedang.

3. Perhatikanlah Suhu dan Sirkulasi Udara Ruangan

Selain pencahayaan, suhu dan sirkulasi udara ruangan juga patut diperhatikan. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Untuk sirkulasi udara, pastikan ventilasi udara dalam ruangan bekerja dengan baik. Sehingga, anak-anak pun bisa mendapatkan cukup banyak oksigen.

4. Berikan Kebebasan Pada Anak untuk Mengatur Ruang Belajar

ruang belajar-4

Saat membuat ruang untuk belajar, jangan lupa untuk melibatkan anak-anak Anda. Karena, bagaimanapun juga, mereka adalah pihak yang paling tahu mana ruang belajar ternyaman bagi mereka. Berikan mereka kebebasan untuk menata ruang mereka. Mulai dari menentukan di mana harus menaruh meja belajar, sampai merias ruang belajar dengan buku atau poster kesukaan mereka.

5. Sediakanlah Rak Penyimpanan di Salah Satu Sudut Ruangan

ruang belajar-2

Selain meja belajar, salah satu benda yang harus ada di dalam ruangan adalah rak penyimpanan. Benda ini bisa dipakai untuk menyimpan benda-benda penting di dalam ruang belajar. Semisal buku dan alat tulis.

Tempatkanlah rak penyimpanan di salah satu sudut ruangan. Pastikan sudut ruangan yang dipilih cukup terjangkau, agar anak-anak tak kesulitan untuk mengaksesnya.

Ajarkan pula anak-anak untuk menyimpan barang-barang mereka ke rak penyimpanan secara mandiri. Dengan melakukan hal itu, secara tak langsung telah mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak.

6. Siapkan Camilan dan Musik

ruang belajar-5

Agar tidak jenuh, Anda bisa menyediakan camilan dan musik saat belajar. Untuk camilan, kami sarankan untuk memilih camilan sehat. Semisal buah, biskuit, atau makanan ringan lain.  Camilan sehat bisa membuat konsentrasi anak-anak saat belajar bisa meningkat. Jangan lupa ajarkan anak-anak untuk membereskan sisa camilan saat mereka selesai menyantap camilan mereka.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram