Komparasi City Car Murah: Honda Brio RS vs Suzuki Ignis
Komparasi City Car Murah

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Komparasi Honda Brio vs Suzuki Ignis jadi pembahasan menarik untuk Anda yang mencari city car murah untuk menemani aktifitas harian

Pasar city car murah di Indonesia memang menarik untuk dibahas mengingat banyaknya pemain di segmen ini. Punya harga terjangkau, mesin irit, dan kompak membuat city car jadi pilihan banyak masyarakat yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta misalnya. Kali ini, Jualo akan memberikan ulasan Honda Brio RS dan Suzuki Ignis. Manakah yang lebih unggul? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Komparasi City Car Murah-7

Honda Brio RS membawa desain sporty dan elegan

Di tahun 2020 Suzuki memberikan penyegaran pada Ignis dengan desain grille baru. Gaya urban SUV yang terlihat tangguh kian terpancar lewat cladding hitam dan roof rail. Ignis juga punya keunggulan ground clearence yang tinggi, yakni 180 mm berbanding 165 mm pada Honda Brio.

Namun, hal tersebut bukan berarti membuat Brio tertinggal. Justru Honda menguatkan karakter sporty pada Brio yang terlihat dari desain dengan tambahan pemanis seperti side skirt, diffuser, serta spoiler. Selain itu, Brio RS juga memiliki setting suspense berbeda dari varian Satya untuk memperkuat aura sporty saat berkendara.

Komparasi City Car Murah-4

Ignis memiliki desain ala urban SUV

Kemudian, untuk bagian lampu Brio menggunakan headlamp multi reflector dengan LED light guide saja. Sedangkan Ignis sudah menggunakan LED projector serta DRL dan lampu kabut. Kemudian berbicara dimensi dan ukuran, Ignis memiliki ukuran 3.700 x 1.690 x 1.595 mm dengan wheelbase 2.435 mm. Sedangkan Brio ada di angka 3.815 x 1.680 x 1.485 mm dengan wheelbase 2.405.  Dengan dimensi seperti itu, Ignis punya keunggulan nuansa roomy dan ruang yang lebih lapang lewat tinggi dan wheelbase yang lebih panjang.

Fitur

Komparasi City Car Murah-2

Suzuki Ignis punya perpaduan warna two tone di bagian interior

Soal sarana hiburan. Brio menawarkan keunggulan berupa pemutar CD atau DVD dalam sistem infotainment. Sisanya serupa, seperti konektivitas eksternal melalui AUX, USB, dan Bluetooth, pengaturan audio lewat setir juga dimiliki masing-masing kontestan. Selain itu, Brio RS memiliki headrest tengah di baris kedua yang tidak dimiliki city car racikan Suzuki.

Akan tetapi, soal fitur keseluruhan Suzuki Ignis punya kelebihan disbanding Brio. Seperti AC digital dengan auto climate. Lalu keyless entry dengan push start/stop engine di mana Brio masih menggunakan anak kunci.

Komparasi City Car Murah-6

Tampilan dashboard Brio didominasi warna hitam yang tegaskan aura sporty

Performa Mesin

Bicara performa, Brio dibekali dengan mesin empat silinder 1.200cc SOHC 16 katup yang sanggup menghasilkan tenaga 90 PS dengan torsi maksimal 110 Nm. Tenaga tersebut disalurkan lewat roda depan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT.

Komparasi City Car Murah-3

Ignis menggendong mesin K12M yang irit bahan bakar

Sedangkan Ignis dibekali mesin berkode K12M empat silinder 1.200cc dengan tenaga 83 PS dengan torsi 107 Nm dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan AGS. Untuk urusan performa maupun transmisi, Honda Brio sedikit lebih unggul, apalagi transmisi AGS pada Ignis yang dianggap lebih lambat dan kurang responsif.

Fitur Keselamatan

Untuk fitur keselamatan keduanya nyaris sama persis. Dual SRS Airbag disertai fungsi pretensioner seatbelt hadir di depan. Empat penumpang dilindungi seatbelt tiga titik, sementara penumpang tengah di baris kedua hanya dua titik.

Komparasi City Car Murah-5

Brio memiliki tenaga sedikit di atas Ignis

Yang menjadi pembeda adalah tiga headrest di Brio melindungi leher dari kerasnya hantaman belakang bila terjadi kecelakaan, dan Ignis tersedia di samping saja. Peranti pengereman ABS + EBD aktif membantu manuver pengereman darurat agar mobil tetap terkontrol.

–> TOP 10 MOBIL CITY CAR MURAH & TERBAIK DI INDONESIA 2021

Harga

Terakhir soal harga, Honda Brio RS dibanderol mulai dari Rp 183,3 juta hingga Rp 203,7 juta untuk varian tertinggi. Sementara Suzuki Ignis dijual mulai dari Rp 183,5 juta hingga 213 untuk varian GX AGS.

Kesimpulan

Persaingan Brio RS dan Ignis GX sudah tidak lagi terlalu dipengaruhi harga lantaran dibanderol nyaris setara. Jika senang karakter sporty bisa pilih Brio, menawarkan diri dengan mesin bertenaga. Lebih terjangkau pula terutama pada varian manual. Kalau ingin bergaya tangguh, Ignis GX dapat dibawa pulang. Fitur eksterior dan pemanja kabin memiliki daya tarik tinggi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles