4 Tips Jitu Merawat Velg Motor Agar Berkendara Tetap Aman & Nyaman
velg motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Velg motor sering kali tidak mendapatkan perhatian khusus dari para rider meski jadi salah satu komponen penting. Padahal, bagian satu ini perlu mendapat perawatan juga lho.

Bersama roda, velg jadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pada kendaraan, salah satunya sepeda motor. Namun sayangnya, meski menjadi bagian penting banyak rider menghiraukan kondisi velg meski sudah terkena lubang atau bahkan tergores benda keras. Padahal, velg jadi salah satu faktor yang berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Lantas bagaimana cara merawat velg motor dengan baik? Berikut Jualo paparkan tipsnya buat Anda.

velg motor- 3

Sebenarnya perlu diketahui, ada 2 jenis velg yang sering digunakan pada sepeda motor, yakni casting wheel yang biasa disebut velg racing dan velg spoke wheel atau velg jari-jari. Dan kini sepertinya lebih banyak velg racing yang digunakan para bikers. Untuk kedua jenis velg tersebut, Anda sama-sama perlu memperhatikan perawatannya agar tetap berfungsi dengan baik. Diantaranya sebagai berikut.

1. Bersihkan velg secara rutin

Biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Karena semakin bersih, velg semakin terhindar dari karat yang dapat mempercepat kerusakan di velg.

2. Tekanan udara ban

velg motor- 2

Tekanan udara ban cukup berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

–> 8 KOMPONEN YANG WAJIB DIPERIKSA SAAT BERKENDARA DI MUSIM HUJAN

3. Ukuran ban dan velg yang sesuai

Seperti yang kita ketahui banyak pecinta sepeda motor yang memodifikasi motornya termasuk bagian ban dan velg. Namun tetap perhatikan juga kenyamanan saat berkendara di jalan. Contohnya tidak menggunakan ban yang melebihi diameter velg. Karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah velg yang asli keluaran pabrik serta velg yang bermerek atau berkualitas baik.

4. Hindari jalan yang rusak atau berlubang

Semakin sering berbenturan dengan logam, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang tapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles