Ladies, Hindari 9 Kebiasaan Mengemudi Mobil Berikut Agar Aman di Jalan
Mengemudi Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Meski terkesan sepele, namun ada beberapa kebiasaan mengemudi mobil yang kerap dilakukan oleh pengemudi wanita dan sebaiknya harus dihindari

Saat ini mobil merupakan jenis transportasi favorit yang digunakan oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Baik tua, muda, pria, wanita menjadikan roda empat sebagai kendaraan mobilitas harian. Nah, masalahnya ada beberapa kebiasaan mengemudi mobil dari kaum hawa yang kerap membahayakan diri atau pengguna jalan lain. Untuk lebih jelas, berikut Jualo rangkumkan beberapa kebiasaan sepele namun berbahaya yang wajib kalian hindari ya ladies.

1. Slower motions

Pada saat manuver harus dilakukan dengan segera, namun perlakuan yang sering dilakukan wanita adalah pergerakan yang lambat. Seperti ketika parkir atau putar arah yang dilakukan secara lambat sehingga mengganggu lalu lintas.

2. Rem mendadak

Mengemudi Mobil-5

Tanpa disadari wanita sering melakukan ini mulai dari sedikit-sedikit angkat gas atau menginjak pedal rem ketimbang menjaga kecepatan konstan.

3. Tidak perhatikan pengendara lain

Kaum hawa juga kurang peduli dan tanpa ada aba-aba untuk pengendara lain yang ada di belakangnya. Sebaiknya nyalakan lampu sein untuk memberi tanda kemana tujuan kamu di persimpangan jalan.

4. Posisi mengemudi

Mengemudi Mobil-4

Jarak badan dan lingkar pengemudi terlalu dekat dengan alasa memudahkan memantau kondisi sekitar dan menginjak pedal-pedal. Beberapa pengemudi wanita suka menyetel posisi duduk yang dekat dengan kemudi sehingga membuat pergerakan tangan terbatas.

Ada juga yang model multi tasker dengan satu tangan di lingkar kemudi satunya di tuas perseneling. Hal ini cukup berbahaya karena posisi yang benar adalah dua tangan harus berada di kemudi agar saat terjadi sesuatu bisa merespons dengan cepat.

5. Jarang melihat spion

Mengemudi Mobil-6

Pandangan mata selalu fokus ke dapan dan jarang menjaga kebiasaan mengecek kaca spion.Kebiasaan mengecek spion membantu kamu memperhatikan kondisi sekitar mobil dan menjaga dari segala kemungkinan buruk.

6. Kaki kiri menggantung di kopling

Sering menggantungkan kaki kiri pada pedal kopling yang membuat kampas kopling cepat aus. Atau pada saat pengereman, sebelum pedal rem diinjak pedal kopling sudah terlebih dahulu diinjak sehingga membuat mobil nyelonong.

7. Memakai sepatu hak tinggi

Mengemudi Mobil-3

Menggunakan sepatu berhak kecil dan tinggi atau sering menyimpan sepatu di bawah jok pengemudi. Tanpa disadari hal ini bisa mengganggu pergerakan kaki, bahkan bila sepatu tergeser hingga ke bawah pedal bisa mengganggu pengereman hingga berdampak fatal.

–> MAU CARI MOBIL YANG COCOK UNTUK WANITA? SIMAK DULU TIPS BERIKUT

8. Lupa menyalakan lampu sein

Ketika hendak berbelok atau balik arah. Kebiasaan ini sangat sering mengakibatkan kecelakaan lantaran pengguna jalan lain tidak mengetahui pergerakan mobil.

9. Menggunakan HP

Mengemudi Mobil-2

Meski kaum pria juga kerap melakukannya, tapi banyak pengemudi wanita menggunakan ponsel saat mengemudi mobil. Distraksi ponsel bisa membuat kamu tidak mengawasi jalan dengan baik dan sulit mengantisipasi situasi yang berkembang di jalan. Termasuk distraksi akibat makan dan minum serta melakukan rias wajah sembari mengemudi mobil.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles