Jangan Asal Duduk, Pahami Posisi Mengemudi Mobil yang Benar
mengemudi mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Banyak dari kalian pasti hanya asal duduk saja ketika mengemudi. Padahal posisi mengemudi mobil yang benar bisa meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara lho

Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil terutama bagi pengemudi itu tidak penting, tanpa mengindahkan aturan yang aman, asal nyaman saja bukan? Padahal, tidak seperti itu. Posisi mengemudi mobil memiliki cara dan aturan yang aman.

mengemudi mobil- 5

Lantas, bagaimana posisi mengemudi mobil yang benar dan aman? Simak tips dari mantan pereli nasional, Rifat Sungkar berikut ini.

1. Posisi Ergonomis

Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk seperti itu sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman.

mengemudi mobil- 2

“Saat mengemudi itu paling penting adalah soal posisi duduk harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat,” ujar Rifat Sungkar.

2. Perhatikan Posisi Tangan

Selanjutnya posisi tangan. Posisi ini berperan penting karena selama perjalanan tangan yang akan mengendalikan roda kemudi dan tuas persneling. Ada baiknya untuk berpegang teguh pada aturan posisi arah jam 9 dan arah jam 3.

mengemudi mobil- 6

“Caranya, bayangkan setir kemudi yang Anda kendalikan menyerupai jam dinding. Posisikan tangan kiri sesuai arah pukul 9 dan tangan kanan pada posisi arah pukul 3,” tambah pria yang juga memiliki sekolah berkendara defensive driving, Rifat Driving Labs ini.

3. Kaki Jangan Menekuk

mengemudi mobil- 4

Selain tangan, posisi kaki saat mengemudi tidak boleh terlalu menekuk dan tidak boleh pula terlalu lurus. Pasalnya, posisi kaki yang tepat saat mengemudi akan mencegah nyeri lutut. Atur posisi kaki ini dengan menyetel maju mundur jok pengemudi.

4. Atur Tinggi Jok dengan Postur Tubuh

Terakhir, tinggi atau tidaknya kursi juga harus Anda kendalikan sesuai dengan postur tubuh. Posisikan kursi hingga pinggul sejajar dengan lutut dan angkat kursi lebih tinggi jika Anda tidak dapat melihat dengan jelas kaca depan. Sebaiknya jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut Anda karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki.

mengemudi mobil- 3

5. Beda Posisi Duduk saat Malam Hari

Selain mengatur posisi duduk, perhatikan juga waktu mengemudinya karena menurut Rifat saat mengemudi malam hari perlakuannya sedikit berbeda. Memang menurut survey di Indonesia itu masih 80 persen lebih yang berkendara di siang hari, tapi tetap harus tahu kalau posisi duduk saat mengemudi di malam hari sedikit berbeda dari siang hari.

“Jadi mengemudi di malam hari itu harus memperhatikan sudut tikungan harus bisa dirasakan dengan jelas. Kalau di siang hari pengaturannya sudah pas, tapi di malam hari visibilitasnya berbeda sehingga harus ada penyesuaian sedikit,” ungkap Rifat.

–> Sejarah Panjang Nissan Silvia, Pelopor JDM yang Legendaris

Paling tidak harus ada penyesuaian ketinggian jok sekitar 1 atau 2 cm lebih tinggi ketika berkendara di malam hari. “Tujuannya agar mendapatkan visibilitas yang tepat di malam hari.”

Jika posisi duduk saat mengemudi sudah benar, maka Anda dapat merasakan kenyamanan selama di perjalanan. Namun yang paling penting ketika terjadi kecelakaan dengan posisi duduk sudah benar bisa mencegah terjadinya cidera pada bagian tubuh yang lebih fatal.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles