close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

5 Hal yang Harus Dihindari Ketika Cuci Motor Kesayangan

cuci motor

Meski sepele, namun faktanya banyak rider yang belum memahami cara cuci motor dengan baik dan benar. Oleh karena itu simak artikel berikut

Mencuci motor kesayangan merupakan salah satu bentuk perawatan yang paling sederhana dilakukan. Motor yang bersih tentu bakal lebih enak dipandang. Selain mencuci di tempat pencucian umum, kegiatan ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda cuci motor sendiri. Apa saja?

1. Hindari cuci motor saat mesin panas

cuci motor-3

Yang pertama wajib diperhatikan adalah suhu mesin. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin. Jangan pernah cuci motor ketika suhu mesin masih panas, atau motor baru saja digunakan. Pasalnya, jika Anda melakukan hal ini sangat berisiko mesin panas yang terkena air dapat merusak blok mesin serta pangkal knalpot.

2. Jangan gunakan air bertekanan tinggi

Berikutnya adalah tidak menggunakan air bertekanan tinggi. Hal tersebut diakibatkan ada beberapa komponen yang bisa rusak jika Anda menggunakan air bertekanan tinggi. Diantaranya seperti radiator, rantai, speedometer, serta beberapa komponen kelistrikan lainnya.

cuci motor-2

Untuk rantai motor, jika terlalu sering menggunakan air tekanan tinggi bisa membuat pelumas yang melapisi rantai rontok dan tak kalah penting rantai jadi kendor sehingga mempengaruhi performa.

3. Jangan langsung bersihkan bodi dengan sabun

cuci motor-5

Hal terakhir yang harus dihindari adalah langsung membersihkan bodi. Mencuci langsung pada bagian bodi dengan sabun bisa membuat permukaan bodi tergores. Sebab, kemungkinan masih ada pasir-pasir yang menempel di bodi. Disarankan agar menyemprotkan air terlebih dahulu pada bagian kaki-kaki motor seperti ban, spatbor, pelek, dan bodi bagian bawah.

5. Keringkan dengan kanebo berbahan lembut

Dimulai dari atas, bilas motor terakhir kali dengan semprotan tekanan rendah untuk membersihkan debu-debu yang mungkin belum hilang. Setelah semua sabun bersih, gunakan kain chamois atau kanebo berbahan lembut untuk mengeringkan seluruh bodi motor. Hal tersebut penting dilakukan agar menghindari baret pada bodi seandainya masih tersisa kotoran ytang menempel.

–> Beda dengan Motor Kecil, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar

5. Lumasi kembali rantai

cuci motor-4

Semua prosedur membersihkan bodi motor telah selesai, tapi ada satu onderdil motor yang juga harus diperhatikan, yakni rantai pada motor bebek atau sport. Pastikan kembali melumasi rantai sebelum motor kembali digunakan. Pasalnya, rantai yang terkena air akan mengurangi kualitas pelumas sehingga Anda wajib kembali melumasinya agar performa motor tetap terjaga.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram