Sapuan Wiper Mobil Tidak Bersih? Ketahui Penyebab dan Solusinya
sapuan wiper mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Visibilitas berkendara di musim hujan menjadi masalah bagi pengendara, karena Anda wajib memastikan sapuan wiper mobil bekerja dengan maksimal

Berkendara saat musim hujan tiba memang memiliki tantangan tersendiri, khususnya seputar jarak pandang atau visibilitas. Padahal, hal ini sangat penting diperhatikan karena menyangkut keselamatan Anda. Karenanya dibutuhkan wiper mobil untuk menyapu air dengan baik sehingga jarak pandang tetap terjaga dengan baik. Namun, jika sapuan wiper tidak bersih usah kuatir karena Jualo bakal berikan solusinya untuk Anda.

Penyebab Sapuan Wiper Tidak Bersih

Anda pasti sudah mengetahui tugas utama dari wiper mobil. Wiper dibuat untuk menjaga visibilitas Anda terhadap kondisi jalan dapat tetap baik walaupun sedang hujan. Sayangnya ada saja momen di mana kinerja wiper tidak maksimal, seperti tidak bersih dalam membersihkan air hujan di kaca mobil. Hal tersebut sebenarnya terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya:

1. Karet Wiper Sudah Keras/Getas

wiper mobil getas

Ada beberapa komponen di dalam wiper itu sendiri. Dimulai dari frame hingga karet. Khusus untuk karet, bagian inilah yang secara langsung menyentuh permukaan kaca mobil Anda. Kondisi karet wiper memang harus dapat keadaan lembut dan elastis agar kinerjanya optimal. Namun perlu diketahui bahwa karet wiper memiliki sifat dapat keras atau getas sehingga harus diganti.

Kondisi ini muncul karena usia pemakaian karet wiper sudah cukup lama. Karet wiper memang harus diganti secara berkala karena memang seperti itulah keharusannya. Jangan sampai Anda menganggap enteng kondisi karet wiper yang sudah keras. Selain keras, masalah lain seperti karet wiper sudah menipis juga dapat muncul. Kondisi seperti inilah yang membuat sapuan wiper tidak bersih. Bahkan terasa seret saat digunakan.

2. Tekanan Wiper ke Kaca Sudah Lemah

Bersihkan wiper mobil

Cara kerja wiper ke kaca dengan melakukan penekanan yang sesuai ketentuan agar seluruh air yang ada di sana dapat tersapu sempurna. Tentu saja sudah ada perhitungan detail untuk menentukan seberapa besar tekanan wiper ke kaca yang paling tepat. Namun bagaimana jika tekanan wiper ke kaca sudah lemah? Inilah yang membuat sapuan wiper tidak bersih. Keadaan tekanan wiper yang sudah seperti ini dapat membuat wiper bergetar saat digunakan. Pada akhirnya sapuan wiper tidak lagi optimal sehingga Anda harus segera menggantinya.

–> MAU JUAL MOBIL DENGAN AMAN TANPA TAKUT RUGI? CARANYA MUDAH KOK!

3. Jamur Kaca

Pernah melihat bercak putih seperti pulau kecil di bagian kaca mobil Anda? Bercak itu bisa dipastikan merupakan jamur kaca yang dapat membuat gangguan dalam proses kerja wiper mobil. Saat wiper bekerja, air yang disapu namun mengenai jamur tersebut malah tidak hilang secara sempurna.

sapuan wiper mobil-2

Jamur kaca yang muncul harus segera dihilangkan dengan cairan khusus. Penggunaan cairan ini harus dalam keadaan kaca mobil kondisi dingin. Mekanik profesional lebih disarankan untuk melakukan pembersihan jamur kaca daripada Anda harus melakukannya sendiri.

Jadi itulah penjelasan tentang penyebab sapuan wiper tidak bersih. Jangan sampai kondisi wiper Anda mengalami kerusakan baik dari segi frame hingga karetnya. Pastikan Anda terus mengganti karet wiper secara berkala seiring pemakaian agar kinerjanya tetap optimal. Apalagi peran wiper sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara di tengah hujan. Jika musim hujan tiba namun kondisi wiper sedang tidak prima, maka dapat mengganggu perjalanan Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles