Review Moto Guzzi V85TT Travel: Pengalaman Baru untuk Pecinta Adventure
Moto Guzzi V85TT

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Moto Guzzi V86TT Travel resmi meluncur beberapa waktu lalu dengan beragam pembaruan yang siap memberikan pengalaman baru untuk Anda para pecinta petualang

Saat pertama kali dikenalkan pada 2018, Moto Guzzi V85TT langsung mencuri perhatian. Berkat penampilan unik dan bergaya retro, ia mendapat atensi dan pengakuan dari berbagai media serta pengendara kenamaan dari seluruh dunia. Desain klasik yang kental mengingatkan kita terhadap Moto Guzzi lawas yang pernah berkiprah di Rally Dakar di era 80an.

Setelah 2 tahun meluncur secara global, akhirnya Moto Guzzi berikan penyegaran. Dengan merilis V85TT Travel yang didapuk menjadi tipe tertinggi. Motor ini punya kelengkapan lebih komplit untuk menunjang perjalanan jauh dengan menyajikan pengalaman dan kemampuan bertahan dalam berbagai medan jalan. Untuk lebih jelas, Jualo akan berikan review Moto Guzzi V85TT Travel berikut ini.

Desain: Pertahankan Desain Retro Modern

Moto Guzzi V85TT-6

V85TT Travel hadir sebagai flagship di segmen adventure Moto Guzzi

Moto Guzzi V85TT Travel sajikan pengalaman baru. Menawarkan kemampuan bertahan terhadap berbagai lingkungan menantang, namun tetap mudah dikendarai. Posisi berkendaranya tegak, untuk memastikan kemudahan bermanuver. Walau tangkinya besar, desain tempat duduk rider tergolong ramping. Menyodorkan kenyamanan untuk pengendara dan penumpang, baik saat digunakan touring jarak jauh maupun dipakai harian. Bicara offroad, ground clearance V85 TT Travel tergolong tinggi, cukup membantu melewati rintangan.

Mengingat model ini telah diberikan pembaruan, serangkai teknologi canggih tersembunyi dalam wujud klasiknya. Di lain sisi, terdapat banyak perbedaan dirinya dengan versi regular. Versi Travel punya banyak komponen penunjang petualang.

Moto Guzzi V85TT-7

Desain retro modern yang khas

Headlamp bermata ganda dengan teknologi LED dibungkus cover bulat jadi pencahayaan utama. Bagian tengahnya masih diisi DRL yang membentuk elang, ciri khas logo ikonik Moto Guzzi. Sepatbor tinggi lengkap dengan under guard (pelindung mesin) berbahan aluminium di bawah. Hand guard, posisi knalpot diposisikan tinggi indikasi motor ini motor adventure.

Guna menunjang aktivitas jelajah, pabrikan mengaplikasikan windshield dengan dimensi lebih tinggi, untuk memberi proteksi kepada rider terhadap terpaan angin. Buat menambah visibilitas perjalanan malam hari atau kabut, diberi cahaya tambahan dari Sharp Focus Fog Lamp di tiap sisinya. Perbedaan dengan tipe reguler terlihat dari subframe berwarna hitam, untuk menunjukkan elemen agresivitas. Serta pannier berdesain eksklusif untuk menyimpan berbagai barang bawaan.

Ditambah warna baru Sabbia Namib yang terinspirasi dari warna pasir dengan aksen perunggu berkilau. Yang menegaskan kedekatan motor dengan alam. Serta dipadukan degan garis merah yang membuatnya bisa berkamuflase dengan kondisi alam sekitar.

Moto Guzzi V85TT-2

Box besar yang bisa menampung semua keperluan Anda di perjalanan

Mesin: Akselerasi Lebih Baik

Prioritas yang dilakukan Moto Guzzi pada model baru ini yaitu memenuhi standar emisi Euro 5. Mesin Flying V, atau disebut transversal 90° V-twin yang ikonik tetap bertahan. Spesifikasinya berkubikasi 853 cc dengan dua katup per silinder. Namun ada sedikit penyesuaian di pushrod and rockers timing cams. Dan berkat pembaruan komponen itu, tenaga yang keluar lebih presisi dan dapat menghasilkan torsi lebih besar pada rpm rendah. Akselerasinya lebih baik dibanding model sebelumnya.

Moto Guzzi V85TT-4

Mesin EURO 5 yang canggih dan berikan performa terbaik di kelasnya

Secara spesifikasi yang digendongnya, ia mampu mengeluarkan tenaga maksimal 80 Hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 82 Nm di 5.000 rpm. Powernya itu dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan yang dikirim ke roda belakang melalui penggerak poros, bukan rantai konvensional atau penggerak sabuk. Komponen macam itu tentu saja berdampak positif, karena bisa mengurangi kerugian mekanis, pengiriman daya lebih baik, dan peningkatan efisiensi mesin.

Selanjutnya sektor electronic engine control Moto Guzzi V85TT Travel juga dirancang ulang agar menghasilkan kinerja lebih bagus. Termasuk dua mode berkendara baru sebagai tambahan dari tiga opsi sebelumnya. Serta dengan 5 mode berkendara, yakni Strada (Jalan), Pioggia (Hujan), Off-road, Sport, dan Custom. Sport dan Custom adalah tambahan terbaru yang membuatnya kian proper digunakan untuk adventure.

Fitur: Lengkap di Kelasnya

Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan throttle Ride-by-Wire, penghangat handle gas, cruise control, kontrol traksi variabel, dan ABS dua channel yang dapat dimatikan. Pengaturan semua paket elektronik itu terdapat di tiap konsol setang, bersama dengan cluster instrumen TFT 4,3 inci yang informatif.

Moto Guzzi V85TT-5

Panel instrumen full TFT yang sajikan informasi lengkap

Motor asal Italia ini juga sekarang disematkan fitur konektivitas. Unit dapat terkoneksi dengan platform multimedia ‘Moto Guzzi MIA’ yang memungkinkan menghubungkan smartphone dengan kendaraan. Di situ bisa menampilkan fitur maps, notifikasi telepon serta pesan, mendengarkan lagu, sampai menyambungkannya dengan perangkat komunikasi intercom. Impresi berkendara jadi menyenangkan dan siap diajak berjelajah lebih jauh.

Kaki-kakinya juga tak luput dari sentuhan para insinyur. Tugas suspensi pada sepeda motor tualang ini ditangani oleh garpu upside down 41 mm di depan, dan monoshock di belakang. Kedua komponen itu diberikan penyetelan preload dan redaman. Sementara pengereman mengandalkan cakram ganda 320 mm di depan dengan empat kaliper tipe radial dari Brembo. Belakangnya pakai disc brake 260 mm yang dijepit single piston.

Moto Guzzi V85TT-3

Sistem pengereman sudah dibekali dengan Brembo

–> Review Vespa Sprint 150 2021: Layak Jadi Skutik Idola!

Di varian V85TT Travel , pabrikan melengkapinya dengan pelek ruji yang lebih ringan 1,5 Kg dari V85TT lama, dan sudah kompatibel dengan ban tubeless. Ukurannya tetap sama, 17 inci di belakang, dan 19 inci di depan. Dirinya juga diberi ban baru yang lebih tangguh ketika dipakai riding. Pakai kulit bundar dari Michelin tipe Anakee Adventure untuk pengendaraan di kondisi ekstrem.

Kesimpulan

Moto Guzzi V85TT Travel memiliki cukup bekal untuk bersaing di segmen motor besar berkapasitas 700-800 cc di Indonesia, apalagi dengan desain menarik, mesinnya bertenaga dan dibekali beragam fitur canggih. Oleh karena itu, motor yang dibanderil Rp 700 jutaan ini mungkin layak dipertimbangkan oleh Anda yang mencari motor adventure untuk segala medan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles