Tips & Trik Parkir Mobil dengan Mudah & Cepat untuk Pemula
cara parkir mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Masih banyak ditemui pengemudi mobil yang tidak dapat parkir mobil dengan baik dan benar, khususnya untuk pemula. Alhasil, hal tersebut terkadang bikin panik dan mengganggu kendaraan lain

Parkir mobil masih jadi momok yang bisa dibilang menakutkan bagi sebagian pengemudi pemula. Padahal, memarkirkan kendaraan tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi saat ini sudah ada bantuan sensor dan kamera pada mobil keluaran terbaru. Namun, jika Anda masih terasa sulit, berikut Jualo hadirkan beberapa tips parkir mobil baik secara paralel atau seri dengan cepat dan mudah.

Berlatih di Garasi Rumah

Belajar memarkirkan mobil bisa dimulai dari garasi rumah Anda atau lokasi yang setidaknya aman untuk belajar parkir. Secara garis besar, parkir terdiri atas parkir seri atau berjajar ke samping atau paralel alias berjajar depan-belakang. Masing-masing memiliki karakter dan kesulitan yang berbeda sehingga kamu dapat melatihnya terlebih dahulu, termasuk belajar memaksimalkan fitur mobil.

Persiapan Parkir Mobil

cara parkir mobil- 2

Parkir mobil tidak sesederhana meninggalkannya begitu saja di pinggir jalan. Ada tahapan yang harus kamu pelajari supaya dapat berjalan dengan lancar dan aman. Pertama, lakukan persiapan ketika akan parkir di sebuah area seperti mal atau kantor.

  1. Lakukan cek visual di sekeliling untuk memastikan potensi halangan seperti tiang, troli belanja, atau posisi parkir mobil lain yang kurang pas.
  2. Turunkan kaca samping mobil untuk memudahkan mengawasi situasi sekitar kamu.
  3. Hindari bermain ponsel dan matikan audio agar bisa lebih konsentrasi dan focus.
  4. Kamu bisa turun dari mobil untuk memperhatikan kondisi sekitar dan memastikan tidak ada potensi bahaya seperti tiang yang masuk area blind spot.
  5. Turunkan sudut kaca spion samping supaya kamu bisa melihat bagian bawah mobil lebih jelas.
  6. Maksimalkan fitur pendukung seperti sensor parkir atau kamera parkir untuk memudahkan manuver. Mobil yang menggunakan fitur kamera mundur lebih mudah karena ada garis virtual dengan warna menyolok di monitor head unit sebagai pemandu arah manuver mobil.

Parkir Seri/ Mundur

cara parkir mobil seri

 

  1. Usahakan untuk melakukan parkir mundur supaya lebih mudah saat ingin mengeluarkan, terutama dalam kondisi darurat. Apalagi untuh lahan parkir dengan area sempit dan terbatas, keluar dengan cara mundur jauh lebih sulit ketimbang masuk mundur.
  2. Ketika menemukan ruang parkir, arahkan mobil sedekat mungkin ke sisi ruang parkir.
  3. Sejajarkan pilar B atau engsel pintu belakang sebagai patokan dengan garis space parkir yang ingin kamu masuki.
  4. Jalankan mobil perlahan sambil memutar setir menjauhi ruang parkir hingga bumper belakang sejajar dengan sisi depan mobil lain yang sudah terparkir.
  5. Masukkan tuas transmisi ke gigi mundur (Reverse atau R untuk mobil matik) dan mulai mundur perlahan sambil memutar ke arah berlawanan hingga setir mentok atau habis.
  6. Manfaatkan fitur kamera parkir di mobil sebagai panduan ke belakang.
  7. Jangan ragu untuk menoleh ke belakang, baik dari sisi dalam maupun luar mobil untuk memastikan kondisi di belakang aman dan mobil sudah pada jalurnya.
  8. Terus waspadai potensi masalah seperti orang jalan atau mobil lain yang kurang sabar.
  9. Luruskan kemudi atau counter sedikit ke arah berlawanan ketika pilar B atau bahu kamu sejajar bumper depan mobil yang berada di kiri dan kanan.
  10. Sudah aman, luruskan setir dan mundurkan mobil secara perlahan. Pastikan bodi mobil lurus sisi kanan dan kirinya.
  11. Mundurkan perlahan hingga ban belakang menyentuh penghalang sehingga parkir mobil rapi dan sejajar mobil lainnya. Biasanya posisi spion samping mobil kamu bakal sejajar dengan spion mobil di kiri dan kanan.

–> 4 TANDA SHOCKBREAKER MOBIL YANG MULAI RUSAK ATAU AUS

Parkir Paralel

cara parkir mobil paralel

  1. Kata kunci dari parkir paralel yang tepat, cepat, dan efisien adalah mencari patokan yang tepat.
  2. Cari lokasi parkir yang space-nya cukup unttuk menampung sekitar 1,5 kali panjang mobil dengan tujuan untuk mendapatkan ruang manuver yang cukup.
  3. Begitu ketemu, dekatkan mobil di depan dan beri jarak sekitar 50-60 cm.
  4. Sejajarkan bumper belakang mobil kamu dengan bumper belakang mobil di sebelah kiri atau kanan depan space parkir yang dituju.
  5. Masukkan tuas transmisi ke gigi mundur (R, Reverse) dan lihat kondisi di sekitar mobil sebelum memulai manuver mundur.
  6. Sembari mundur, putar setir full ke arah space parkir.
  7. Mundurkan mobil perlahan hingga 45 derajat atau pilar B sejajar dengan bumper belakang mobil depan
  8. Terus mundur perlahan hingga pilar A atau engsel pintu depan sejajar dengan bumper belakang mobil di depan dan langsung lakukan counter steering (memutar setir ke arah berlawanan). Langkah ini sangat krusial dan sering salah diterapkan karena sopir kurang tepat dalam menentukan patokan.
  9. Setelah masuk ruang parkir, pastikan mobil lurus dalam parkir, tidak ada bagian yang keluar atau miring.
  10. Setelah beres, matikan mesin dan taruh tuas transmisi di posisi N (netral) untuk mobil manual.
  11. Untuk mobil transmisi matik, tekan atau colok dengan kunci tombol shift-lock release, lanjut posisikan tuas transmisi ke N (netral).
  12. Jangan tarik rem parkir agar mobil kamu mudah digeser bila ada mobil lain yang mau keluar.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles