close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

6 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Mobil Diesel

mobil diesel

Seiring berkembangnya zaman, kini mobil diesel menjadi favorit konsumen di Indonesia. Lantas apa saja kelebihannya dibanding mobil bermesin bensin? Simak penjelasannya berikut

Jika dulu mobil diesel identik dengan kendaraan niaga seperti bus atau truk, hal tersebut nampaknya tak lagi berlaku. Dengan berkembangnya teknologi yang makin modern, mobil bermesin diesel banyak digandrungi khalayak karena dikenal lebih efisien dan bertenaga.

Belum lagi penyematan turbo diesel common rail yang membuat mesin lebih halus dan minim getaran sehingga membuat mobil diesel lebih nyaman dikendarai. Alhasil, beberapa pabrikan pun kini seakan berlomba memproduksi mobil bermesin diesel modern dengan berbagai jenis, seperti MPV, SUV, Double Cabin, hingga sedan. Lalu apakah mobil diesel memang lebih baik? Untuk lebih lengkap simak penjelasan Jualo berikut ini.

1. Mesin Diesel Lebih Efisien

mesin mobil diesel

Salah satu keuntungan yang paling signifikan dari mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin adalah bahwa mesin diesel secara signifikan lebih efisien. Mesin yang mampu mengkonversi sekitar 45-50 persen dari energi bahan bakar untuk listrik. Mayoritas mesin bensin hanya mampu mengkonversi sekitar 30 persen dari energi bensin untuk menyalakan mobil. Selain itu, mesin diesel memiliki rasio kompresi lebih tinggi daripada model bensin (antara 1:12-16 untuk satu dibandingkan dengan 1:8-12). Varian modern dari mesin juga mendapat manfaat dari tidak memerlukan throttle valve seperti pada mesin bensin.

2. Mudah Dalam Perawatan

mobil diesel-perawatan murah

Mesin diesel memiliki cara kerja yang berbeda dengan mesin bensin. Untuk beberapa aspek, cara kerjanya lebih sederhana. Sebagai contoh, mesin diesel tidak butuh busi dalam proses pembakarannya dengan demikian perawatan menjadi lebih mudah. Mobil mesin diesel juga biasanya punya rentang waktu lebih lama untuk perawatan berkala dibanding mobil bensin.

3. Punya Torsi Besar

mobil diesel-offroad

Alasan lain mesin diesel banyak digunakan untuk kendaraan komersial adalah karena torsi besar yang dimilikinya. Sebagai informasi, torsi yang akan lebih memudahkan mobil untuk menarik atau mengangkut beban berat di belakangnya. Mobil penumpang juga bisa mendapatkan manfaat dari hal ini, terutama untuk mobil-mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

4. Ramah Lingkungan

mobil diesel ramah lingkungan

Inovasi mesin diesel juga memungkinkan emisi karbon yang dihasilkannya lebih bersahabat bagi lingkungan. Terutama untuk mesin-mesin yang beredar di Eropa dan Amerika Serikat karena peraturan ketat dari otoritas setempat. Di Indonesia hal ini didukung dengan ketersediaan bahan bakar biodiesel yang sudah mulai banyak ditemui di berbagai stasiun pengisian bahan bakar.

5. Lebih Tahan Lama

Rasanya hal ini juga bukan rahasia umum lagi jika mobil diesel dapat bertahan selama bertahun-tahun. Mengapa bisa begitu ya? Rata-rata mobil diesel tidak membutuhkan pengapian yang begitu tinggi sehingga resiko kerusakan mesin sangat kecil. Tidak hanya itu, pada masa sekarang, mesin diesel sudah dilengkapi dengan turbo sehingga mobil diesel jadi lebih sempurna lagi karena kelemahan-kelemahan mesin diesel yang lalu semakin diminimalisir. Jika Anda mencari mobil yang tahan bertahun-tahun, kelebihan mobil diesel yang satu ini bisa menjadi referensi Anda untuk beli mobil dengan mesin diesel.

–> Cara Mudah Merawat Mesin Diesel Modern dari Auto2000

6. Harga Jual Kembali Tinggi

mobil diesel-fortuner

Sudah bukan rahasia umum di Indonesia jika mobil bermesin diesel punya keunggulan harga jual kembali yang tinggi dibanding mobil bermesin bensin. Cukup masuk akal, pasalnya dengan beberapa keunggulan di atas tak salah jika resale value mobil ini tetap terjaga.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram