close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi Properti

investasi properti

Investasi properti memang jadi pilihan dan favorit kebanyakan orang saat memutuskan untuk berinvestasi karena nilai yang selalu naik setiap tahunnya.

Di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi. Banyak tersedia instrumen investasi yang bisa dipilih, seperti obligasi, saham, reksadana, emas, dan investasi properti. Nah nama terakhir jadi pilihan sangat menggiurkan bagi kebanyakan orang, meski membutuhkan modal relatif besar.

Selain itu, investasi properti punya keuntungan risiko lebih kecil dibanding instrumen investasi lain karena harga properti selalu naik. Meski fluktuatif dan kadang melambat. Tren harga properti faktanya selalu naik, serta permintaan sewa dan menjual kembali selalu ada dalam berbagai kondisi perekonomian.

Bisa dikatakan, properti jadi pilihan menarik untuk investasi jangka panjang jika Anda memiliki modalnya. Namun, tunggu dulu! Meski memiliki uang, Anda tetap wajib memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

–> Jual Rumah Secara Cepat dan Mudah Hanya di Jualo!

Legalitas

Sebelum bertransaksi dengan membeli properti, pastikan Anda sudah mengecek dari sisi legalitas agar tidak terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

Datangi lokasi tersebut dan pastikan lokasi tersebut peruntukan wilayahnya memang bisa dijadikan hunian. Ketahui kejelasan tanahnya dan pastikan bukan tanah sengketa, legalitas kepemilikan tanah harus bisa dibuktikan dengan sertifikat asli yang tertera atas nama pemilik.

Potensi Bencana Alam

Bisa dibilang faktor keamanan adalah yang utama karena menyangkut keselamatan orang yang ada di dalamnya. Perhatikan apakah wilayah tersebut rawan akan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, kebakaran, dan hal-hal lainnya. Lokasi yang rawan bencana biasanya juga membutuhkan biaya tambahan yang lebih besar untuk perawatan maupun asuransi properti.

–> Hal Dasar yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah KPR

investasi properti

Anda Bisa Meraup Untung dari Sewa Properti

Potensi Pendapatan Sewa

Jika rumah akan disewakan, pastikan mengetahui berapa harga sewa yang wajar melalui orang-orang di sekitar wilayah tersebut. Tentunya harga sewa akan tinggi bila faktor-faktor yang disebut di atas seperti keamanan, akses yang baik, dan dekat dengan fasilitas pendukung seperti sekolah, rumah sakit, tempat berbelanja, dan lain sebagainya.

Keamanan

Jangan sampai Anda membeli properti di sebuah lokasi yang sangat rawan akan kriminal dan dapat mengganggu Anda  dan keluarga. Sebaiknya cari tahu melalui internet maupun pihak-pihak terdekat, apakah wilayah tersebut aman untuk dijadikan tempat tinggal atau investasi properti. Jika ada hal-hal yang sekiranya kurang aman, Anda perlu berfikir dua kali tentunya.

–> Cara Mudah Merawat Perabotan Rumah Tangga Agar Tetap Awet

Pajak Properti

Terkadang ada perbedaan pajak yang mencolok antar suatu kawasan, terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di perbatasan suatu provinsi. Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan apakah lokasi properti yang akan ditempati tidak dikenakan pajak yang lebih mahal.

Selain itu, ada beberapa pajak yang akan dikenakan ketika baru membeli sebuah properti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) yang besarnya 5%, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dikenakan satu kali kepada pihak pembeli properti baru, Bea Balik Nama (BBN) juga dikenakan kepada pembeli yang rata-rata berkisar 2% dari nilai transaksi.

investasi properti

Pastikan Fasilitas di Sekitar Tersedia Lengkap

Fasilitas Sekitar

Sebuah properti yang baik tentunya ada sarana-sarana penunjang yang mendukung aktivitas orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut seperti: sarana transportasi umum, pusat belanja, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya.

Lokasi dan Akses Properti

Dua faktor yang saat ini paling menentukan pertumbuhan harga properti adalah lokasi dan akses properti tersebut. Seberapa dekat dengan pusat kota, pusat bisnis, atau fasilitas-fasilitas kunci di lingkungan properti. Lalu, berapa waktu yang perlu ditempuh ke bandara, stasiun kereta, atau stasiun bus. Pastikan semuanya memiliki lokasi dan akses mudah dijangkau sebelum memutuskan investasi properti.

Prospek Pengembangan Masa Depan

Berinvestasi di bidang properti juga berarti jeli melihat prospek masa depan properti tersebut. Pengembang biasanya membangun kawasan properti yang berkelanjutan dan terus berkembang. Sebuah cluster, ruko, atau apartemen bisa terlihat kurang strategis dan terpencil, tapi bagaimana Anda bisa melihat potensi perkembangannya.

Misalnya, apartemen akan dibangun menjadi superblok dengan menambahkan mal dan perkantoran. Ada kawasan industri yang akan dibangun di dekat lokasi properti, rencana penambahan akses transportasi umum, jalan tol, dan fasilitas umum lainnya. Ketika Anda bisa memprediksi daerah yang akan berkembang pesat, di situlah Anda menginvestasikan uang untuk properti.

investasi properti

Ribuan Iklan Properti Tersedia di Jualo Setiap Hari

Dengan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan saat berinvestasi properti, properti yang dipilih bisa tepat dan prospektif untuk jangka panjang.

Jika memang tertarik untuk investasi properti, Jualo hadir dan siap memfasilitasi Anda. Sebagai platform jual beli yang telah terpercaya, Jualo menyediakan ribuan iklan properti setiap harinya yang tentu bisa disesuaikan dengan budget Anda. Selain itu, tak perlu khawatir pula soal keamanan karena Jualo menerapkan verifikasi ketat terhadap para pelapak sehingga transaksi jadi aman dan nyaman. Cari properti? di Jualo aja.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram