Begini Lho Cara Dongkrak Mobil dengan Baik dan Benar
cara dongkrak mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Masih banyak pengguna roda empat tidak mengetahui cara dongkrak mobil dengan baik dan benar. Padahal penting diketahui saat menghadapi situasi darurat seperti pecah ban

Sebagai pemilik mobil, Anda wajib mengetahui cara dongkrak mobil dengan baik dan benar, karena jika salah bisa saja merusak sasis atau bodi mobil. Lantas, bagaimana sih cara mendongkrak mobil yang baik dan benar tersebut? Simak penjelasan dari Jualo berikut ini.

1. Periksa Kondisi Dongkrak Sebelum Digunakan

cara dongkrak mobil-2

Sangat penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi dongkrak mobil sebelum menggunakan alat tersebut. Pengecekan dilakukan untuk memastikan semua komponen alat ini dalam keadaan baik dan masih lengkap.

Perhatikan apakah ada kebocoran oli atau ada komponen pendukung lainnya pada dongkrak yang hilang. Jika ditemukan masalah atau sesuatu yang aneh dengan dongkrak, maka hindari menggunakannya. Bagaimanapun, keselamatan adalah yang utama, jadi jangan memaksa menggunakan dongkrak jika kondisinya tidak baik.

2. Pastikan Mendongkrak di Permukaan Rata

Sebelum mulai menggunakan dongkrak, perhatikan posisi atau tempat memarkir mobil adalah tanah yang rata. Hindari dongkrak di permukaan jalan yang miring. Karena hal tersebut menimbulkan ketidakseimbangan sehingga dapat menyebabkan bahaya seperti mobil jatuh.

3. Kenali Titik Dongkrak Mobil

Setiap mobil memiliki titik dongkrak yang berbeda, karena ditentukan oleh desain dan dimensi mobil hingga konstruksi sasis yang dianut. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat di manual mobil Anda. Setiap pabrikan mobil telah menyediakan titik dongkrak pada sasis yang paling kuat untuk menopang bobot mobil.

cara dongkrak mobil- 4

Umumnya setiap mobil memiliki empat titik dongkrak, dua titik dongkrak pertama terletak pada sasis di belakang roda depan. Sedangkan dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang. Untuk titik dongkrak di bagian depan biasanya di bagian bawah celah antara spakbor depan dan pintu depan. Untuk bagian belakang, berada di bagian bawah antara pintu belakang dan spakbor belakang. Kedua posisi ini biasa digunakan pada model sasis monocoque atau rangka tangga.

–> COCOK JADI MOBIL PERTAMA, INI KEUNGGULAN MOBIL LCGC

4. Hindari Mengangkat Mobil Terlalu Tinggi

Menggunakan dongkrak yang salah dapat menimbulkan risiko kerusakan mobil atau bahkan cedera dan kecelakaan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan posisi mobil saat mulai menggunakan dongkrak. Pastikan posisi mobil tidak terlalu tinggi ketika diangkat oleh dongkrak.

cara dongkrak mobil- 3

Batas ketinggian dongkrak cukup sekitar 10 sampai 15 cm saja. Sebab, jika mendongkrak mobil sedan terlalu tinggi, maka posisi mobil tersebut tidak akan bisa seimbang. Sedangkan jika posisinya terlalu rendah, proses perbaikan mobil sulit atau bahkan tidak akan bisa dilakukan.

Ketika dongkrak sudah menyentuh titik tumpu, tarik perlahan tuas dongkrak hingga mobil terangkat ke posisi yang tepat dan sesuai. Kemudian, untuk menurunkannya setelah selesai, AutoFamily hanya perlu memutar kunci hidrolik secara perlahan ke arah kiri.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles