4 Cara Ampuh Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam
mika lampu mobil kusam

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mika lampu mobil yang sudah kusam ternyata bisa dibersihkan sendiri oleh Anda di rumah. Dengan beberapa cara khusus, dijamin mika lampu anti kusam

Mika lampu jadi salah satu bagian penting mobil yang dapat menunjang kenyamanan dan tampilan kendaraan. Mika yang kusam tentu sangat mengganggu kualitas penerangan saat malam hari. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab mika mobil kusam diantaranya cuaca panas, hujan, debu, polusi dan usia mobil Anda. Lantas bagaimana jika mika lampu kusam? Berikut Jualo berikan beberapa tips jitu membersihkan mika lampu mobil yang kusam.

1. Cuci mika lampu mobil

mika lampu mobil kusam- 4

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu mencuci mika lampu mobil. Pencucian lampu merupakan tahap awal dari tahap pembersihan selanjutnya supaya hasil lebih maksimal. Gunakan sabun khusus cuci mobil dan keringkan dengan lap halus yang kering. Hal tersebut berguna untuk membersihkan debu, polusi, kotoran dan minyak yang menempel selama Anda berkendara di jalanan. Anda juga bisa menggunakan kanebo agar air cucian terserap sempurna agar lebih cepat kering.

2. Bersihkan dengan cairan khusus

mika lampu mobil kusam- 3

Cara kedua yaitu dengan membuat racikan cairan pembersih khusus. Cukup siapkan amplas, pertamax/pertalite dan sabun cuci piring. Selanjutnya campurkan bahan tersebut dengan perbandingan 6 : 4 atau 7 : 3. Amplas yang tadi disiapkan dapat Anda celupkan pada ramuan tadi dan gosok secara perlahan. Kemudian siram dengan air bersih dan ulangi lagi jika diperlukan. Jika sudah bersih, bilas dan keringkan dengan lap atau kanebo.

3. Gosok dengan pasta gigi

mika lampu mobil kusam- 2

Tips selanjutnya yang bisa dicoba yaitu dengan menggosokkan pasta gigi pada mika lampu mobil. Perlu diketahui, pasta gigi memiliki kandungan bahan kimia semacam soda kue yang mampu mengangkat kotoran dengan lebih baik daripada sabun. Pada permukaan mika lampu yang menguning, oleskan pasta gigi secara merata di bagian yang diinginkan. Tunggu beberapa saat, lalu gosok menggunakan lap kering, kanebo atau microfiber. Setelah itu bilas menggunakan air hangat lalu keringkan.

–> PAHAMI DAMPAK TERLALU SERING CUCI MOBIL HIDROLIK

4. Gunakan compound

Anda bisa memakai compound untuk membersihkan kaca lampu depan. Caranya dengan meratakan compound pada area yang kusam, lalu gosoklah secara memutar dan perlahan searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam.

Gunakan lap lembut atau microfiber agar tidak meninggalkan bekas goresan atau lecet saat menggosok. Lakukan dengan hati-hati, sebab compound merupakan bahan keras yang dapat mengikis permukaan mika lampu.

Kondisi mika lampu kusam dapat menghalangi pencahayaan mobil. Hal ini cukup bahaya jika nekat berkendara di malam hari atau saat hujan. Anda dapat membersihkan sendiri mika lampu yang menguning atau kusam jika memiliki budget terbatas. Cara diatas dapat Anda terapkan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles