Inilah Penyebab AC Mobil Bau dan Tips Mudah Mengatasinya
penyebab ac mobil bau

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Penyebab AC mobil bau bisa disebabkan beragam faktor dan jika didiamkan dalam jangka panjang dapat merusak sistem AC pada kendaraan

Pernahkah Anda mengalami gejala AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap? Hal tersebut tentunya sangat mengganggu perjalanan Anda pastinya, dan jika didiamkan saja berpeluang menimbulkan penyakit pada saluran pernafasan. Oleh sebab itu, berikut Jualo akan mengulas seputar penyebab AC mobil bau dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Debu di Filter AC

penyebab ac mobil bau- 4

Filter AC atau biasa disebut filter kabin adalah pembersih udara yang diisap dari dalam kabin mobil untuk didinginkan, dan disemburkan kembali ke dalam kabin sebagai udara sejuk. Aliran udara segar melalui filter AC akan terhambat bila terdapat debu dalam filter tersebut.

Debu tentunya berasal dari kabin mobil Anda yang kurang terjaga kebersihannya. Semakin menumpuk, lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam kabin yang disalurkan melalui blower AC. Sebaiknya rutin dibersihkan minimal satu kali dalam sebulan, tergantung penggunaan mobil.

2. Udara Luar Masuk ke Kabin

penyebab ac mobil bau- 6

Ada kalanya Andamembuka ventilasi AC sehingga udara luar masuk ke dalam kabin mobil. Meski sejenak, sudah cukup untuk membawa polusi udara ke dalam mobil. Itulah mengapa Anda harus rutin membersihkan kabin mobil dari kotoran, terutama debu yang tidak terlihat tapi jumlahnya sangat banyak.

Namun bila ternyata kaca mobil dan ventilator sudah tertutup rapat masih ada kebocoran polusi, coba cek ventilator udara di boks blower AC. Bisa jadi mekanismenya tidak tertutup rapat dan Anda juga wajib mengganti busa ventilator tersebut.

3. Evaporator Kotor

penyebab ac mobil bau- 3

Evaporator kotor, apalagi kalau sampai berlendir juga akan membuat jamur dan spora tumbuh dengan sangat cepat. Ini juga merupakan sumber utama penyebab ac mobil bau. Dan kalau dibiarkan akan menyebarkan bibit penyakit. Bau yang timbul biasanya konsisten sejak AC dinyalakan dan udara dingin di dalam kabin Anda akan terasa tidak nyaman karena sangat lembab.

4. Parfum Mobil

Sebagian pemilik mobil akan menggantungkan pengharum ruang untuk menjaga kondisi kabin agar tetap terasa segar dan nyaman. Masalahnya, Anda harus selektif dalam memilih parfum. Ini karena ada beberapa jenis parfum menggunakan kadar alkohol cukup tinggi yang akan mengeluarkan bau asam saat digunakan dalam jangka waktu lama di dalam mobil. Selain itu, hindari meletakkan parfum langsung di depan blower AC.

parfum ac mobil

Udara dingin yang disemburkan akan bercampur dengan zat kimia yang ada di dalam parfum dan selanjutnya Anda hirup. Paling baik, Anda bisa meletakkan penetral bau yang ditaruh di bawah jok mobil. Lebih aman dan tidak menimbulkan bau sehingga aman untuk orang yang sensitif bau serta tidak terisap sistem pernapasan.

–> PENTINGNYA GPS TRACKER MOBIL UNTUK KEAMANAN & KENYAMANAN BERKENDARA

5. Benda Berbau Tajam di Dalam Mobil

Pada dasarnya, sistem AC tidak akan menciptakan bau. Tapi katakan, Anda lupa meletakkan kaos kaki di lantai depan mobil. Bau tidak sedap dari kaos kaki akan diisap oleh sistem sirkulasi AC dan selanjutnya disemburkan via kisi AC di dasbor atau di atap. Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan kabin agar tidak muncul bau tidak sedap. Terutama area lantai kabin depan di bawah dasbor dimana terdapat kipas yang mengisap udara dari kabin untuk didinginkan.

6. Bau Oli Freon

penyebab ac mobil bau- 2

Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran freon di evaporator yang mengakibatkan keluarnya oli, sehingga baunya akan bercampur ke dalam kabin mobil.Kondisi ini sangat membahayakan kesehatan penumpang mobil karena freon memiliki kandungan zat kimia beracun. Jika mencium bau tidak biasanya, segera perbaiki AC ke bengkel untuk segera ditangani agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles