Berikut Tips Mencegah Mobil Terbakar di Jalan Raya
mobil terbakar

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil terbakar merupakan hal yang menyeramkan yang bisa menimpa siapa saja. Lantas bagaimana mencegah hal tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut

Selain kecelakaan, kasus mobil terbakar marak terjadi di Indonesia. Tentu saja masalah ini jadi hal paling dihindari karena sangat berbahaya dan menyangkut keselamatan jiwa. Sebagian dari Anda mungkin hanya mengira jika mobil hanya dapat terbakar akibat terdapat komponen yang rusak. Faktanya,ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Seperti yang telah Jualo rangkum untuk Anda sebagai berikut.

6 Penyebab Mobil Terbakar yang Harus Dihindari

Seperti telah disinggung di atas, bahwa mobil terbakar bisa disebabkan berbagai faktor. Diantaranya adalah:

1. Meletakkan Benda yang Mudah Terbakar

mobil terbakar-6

Hindari menaruh atau charge powerbank di mobil

Kelalaian adalah hal yang harus dihindari pada saat membersihkan mesin mobil, begitu juga setelah berkendara. Ada banyak benda yang mudah terbakar jadi pemicu kebakaran pada mobil. Tidak hanya itu saja, benda seperti powerbank juga bisa meledak pada saat kabin memiliki suhu panas berlebih, seperti pada saat parkir siang hari di tempat lapang. Sebaiknya Anda selalu teliti sebelum meninggalkan mobil sehingga barang tersebut tidak memicu kebakaran.

2. Masalah Pada Sistem Kelistrikan

Penyebab mobil terbakar kedua ini juga sering terjadi yaitu masalah pada sistem kelistrikan seperti korsleting. Bukan hanya tikus yang bisa merusak kabel penghantar listrik di mobil. Masalah soket sambungan yang kendur juga bisa jadi sumber kebakaran.

Arus listrik yang mengalir pada ujung kabel putus atau bermasalah akan menimbulkan percikan api sehingga mobil dapat terbakar. Gejala yang mungkin saja terjadi adalah mobil sulit untuk dinyalakan.

Oleh karena itulah cara paling aman untuk mengatasi kerusakan sistem listrik mobil adalah dengan memasak sekring. Komponen ini dapat memutus arus listrik ketika terjadi hubungan arus pendek, sehingga kebakaran pun tidak terjadi.

3. Mesin Mobil Mengalami Overheat

mobil terbakar-5

Segera hentikan mobil jika mesin overheat

Apakah Anda pernah merasakan mesin terlalu panas bahkan keluar asap dari kap mesin? Hati-hati, jika dibiarkan maka bisa terjadi kebakaran. Pembakaran yang terjadi pada mesin yang tidak diredam dengan baik akan menimbulkan masalah overheat.

Penyebab overheat sendiri sangat beragam seperti sistem pendingin yang rusak atau karena kualitas oli buruk. Oli tak hanya bekerja melumasi pergerakan mesin namun juga meredam panas yang ditimbulkan akibat gesekan.

Jika mobil mengalami overheat sebaiknya segeralah menepi dan matikan mesin. Buka kap mesin agar sirkulasi udara lebih lancar dan mesin menjadi lebih dingin. Baru setelah itu Anda bisa mengecek apakah terjadi kebocoran atau masalah lainnya.

4. Kebocoran BBM dan Oli

mobil terbakar-7

Tanki bocor bisa jadi salah satu pemicu kebakaran

Bahan bakar dan oli adalah jenis material yang mudah terbakar. Kebocoran membuat kedua material ini sangat mudah mengenai bagian mesin yang panas. Masalah inilah yang akan memicu kebakaran pada mobil.

Bocornya tangki bensin harus dihindari sehingga bensin tidak mengenai sistem kelistrikan yang memercikkan api. Begitu juga dengan oli, kebocoran seringkali terjadi hanya karena Anda lupa memasang tutup oli dengan benar.

Tutup oli yang kendur berpotensi membuat oli keluar karena getaran dari mobil. Oli pun akan mengenai mesin yang panas dan menciptakan kebakaran. Disamping itu oli juga akan menimbulkan kerak pada mesin yang memicu timbulnya karat.

5. Melakukan Modifikasi yang Berlebihan

mobil terbakar-3

Jangan lakukan modifikasi berlebihan pada mobil

Penggemar modifikasi mobil tentu tak hanya merubah tampilan luar dari mobil tetapi juga mesin. Perubahan yang terjadi ini juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Misalnya menggunakan audio dengan watt terlalu besar sehingga menimbulkan keberatan suplai daya.

Setiap mobil sudah memiliki desain yang standar dari pabrikan serta melalui tahapan uji coba. Mengubah standar tersebut memberikan efek samping yang berbahaya dan membuat kegagalan pada sistem. Oleh karena itu lebih baik untuk berpikir ulang sebelum modifikasi.

–> 10 AKSESORIS MOBIL YANG WAJIB DIMILIKI DEMI MENUNJANG KENYAMANAN

Pencegahan

Setelah mengetahui penyebab mobil terbakar, Anda perlu tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut ini dua cara tepat yang bisa dilakukan.

1. Menyediakan Tabung APAR

mobil terbakar-2

Selalu sedia APAR dalam mobil untuk menjaga keamanan seandainya mobil terbakar

Cara pertama yaitu dengan siap sedia tabung APAR pada mobil. Jika Anda masih memiliki mobil lama, maka harus membeli dan letakkan pada area yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Bahkan kehadiran APAR sudah diatur pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat sejak tanggal 18 Februari 2020. Di mana setiap mobil keluaran terbaru wajib menyertakan APAR di dalamnya.

2. Melakukan Perawatan Mobil Rutin

Baik itu kebocoran tangki bensin atau oli, kerusakan sistem pendingin dan korsleting dapat dideteksi secara dini jika Anda melakukan perawatan dengan rutin. Masalah tersebut pun dapat diperbaiki sehingga mobil terhindar dari masalah kebakaran. Banyak pemilik kendaraan yang saat ini masih lalai dalam urusan servis seperti rutin ganti oli atau tune up. Padahal resiko yang didapatkan jauh lebih besar termasuk mengeluarkan biaya perbaikan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles