close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mengenal Jenis APAR Mobil dan Cara Menggunakannya

apar mobil

Sesuai peraturan pemerintah, seluruh pabrikan kini telah melengkapi mobil terbaru dengan APAR. Lantas apasih fungsi APAR mobil?

Alat pemadam kebakaran sekarang ini bukan hanya disediakan di gedung-gedung atau fasilitas umum saja. Alat pemadam kebakaran ringan atau APAR, juga harus tersedia di dalam mobil. Jenis-jenis APAR mobil yang biasa digunakan bervariasi, sesuai dengan material yang digunakan.

Di dalam mobil, alat pemadam kebakaran ini disarankan untuk diletakkan di tempat yang aman dan yang paling penting adalah terlihat serta mudah untuk dijangkau. Hal ini dimaksudkan agar alat tersebut mudah untuk diambil ketika sewaktu-waktu diperlukan.

Apa yang Dimaksud dengan APAR?

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api ketika terjadi peristiwa kebakaran kecil. Alat ini wajib terdapat pada kendaraan mobil sebagai persiapan atau antisipasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

apar mobil-4

APAR Biasa Diletakkan Di Bawah Jok Penumpang Depan

Pada awalnya alat ini tidak harus ada pada kendaraan roda empat. Tetapi sejak tahun 2020, pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap kendaraan roda empat menyediakan alat tersebut. Imbas dari peraturan ini tentunya akan ada sanksi bagi pemilik kendaraan yang melanggarnya.

Kewajiban menyediakan APAR di dalam mobil ini mempertimbangkan kondisi seringnya terjadi peristiwa yang mengakibatkan kebakaran pada mobil. Peristiwa kebakaran yang terjadi tentunya akan mengakibatkan kerugian, termasuk membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

Penyediaan APAR tersebut tidak dibebankan kepada pemilik mobil. Akan tetapi penyediaannya sudah disiapkan oleh pihak produsen atau perakit mobil. Ketika melakukan pembelian mobil VIN atau rakitan 2021, dalam mobil tersebut sudah dilengkapi dengan APAR mobil.

Jenis-jenis APAR yang Bisa Dibawa

Alat pemadam kebakaran untuk mobil ini ada beberapa macam jenisnya. Adapun beberapa jenis alat pemadam kebakaran adalah sebagai berikut.

1. APAR Air

Jenis APAR yang pertama adalah APAR Air. Sesuai dengan namanya, alat pemadam kebakaran ini menggunakan air sebagai alatnya. Dengan kata lain, bahan atau material yang digunakan untuk memadamkan kebakaran pada APAR jenis ini berupa air.

Alat pemadam kebakaran ini merupakan alat yang paling tepat digunakan untuk memadamkan kebakaran yang termasuk dalam kebakaran kategori A. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebakaran dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan penyebabnya.

Kebakaran kategori A adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan yang terbuat dari material non logam. Misalnya adalah kebakaran yang terjadi pada bahan yang terbuat dari kayu, kertas, kain, karet, dan bahan-bahan lainnya yang tidak terbuat dari logam.

apar mobil-3

Jadi Komponen Wajib untuk Mobil Produksi 2021

Alat pemadam kebakaran jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan air dengan tekanan yang sangat tinggi untuk memadamkan api penyebab kebakaran. APAR jenis ini juga merupakan alat pemadam kebakaran yang paling ekonomis.

2. APAR Busa

APAR Busa adalah alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan kimia untuk memadamkan api. Bahan kimia yang digunakan tersebut nantinya akan membentuk busa ketika disemprotkan. Busa tersebut yang nantinya akan menutup api penyebab kebakaran.

Ketika busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) tersebut disemprotkan dan menutupi api, maka secara otomatis tidak ada oksigen yang bisa masuk. Dengan demikian, api menjadi kehabisan oksigen dan akhirnya akan padam.

APAR Busa ini digunakan untuk memadamkan api dari jenis kebakaran Kategori A dan Kategori B. Kebakaran Kategori B adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan cair. Contohnya adalah minyak, alkohol, dan solvent serta bahan cair lain yang bisa menyebabkan kebakaran.

3. APAR Serbuk Kimia

Jenis APAR selanjutnya adalah APAR Serbuk Kimia. Alat pemadam kebakaran jenis ini merupakan alat pemadam kebakaran yang bisa digunakan untuk memadamkan jenis kebakaran dengan Kategori A, Kategori B, dan kebakaran Kategori C.

Berbeda dengan kebakaran Kategori A dan Kategori B yang disebabkan oleh material tertentu, kebakaran Kategori C adalah kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik. Disini kebakaran terjadi karena ada masalah atau problem pada aliran listrik. Misalnya karena terjadi konsleting atau hubungan arus pendek.

APAR Serbuk Kimia ini memiliki bahan material yang digunakan untuk memadamkan api yang terbuat dari serbuk kering kimia. Serbuk kering tersebut terbuat dari kombinasi dua bahan kimia, yaitu mono-amonium dan ammonium sulphate.

Bubuk kimia kering yang digunakan tersebut berfungsi untuk menutup bahan yang terbakar. Selanjutnya bubuk kering akan memisahkan oksigen dari bahan yang terbakar, sehingga api bisa dipadamkan. APAR jenis ini tidak disarankan digunakan dalam sebuah industri, karena bisa merusak peralatan.

4. APAR Karbondioksida

APAR Karbondioksida adalah APAR yang menggunakan bahan karbondioksida untuk memadamkan api. Alat pemadam kebakaran ini sangat efektif untuk digunakan pada kebakaran Kategori B yang disebabkan oleh bahan cair yang mudah terbakar, dan Kategori C, yakni kebakaran yang disebabkan oleh listrik.

Karbondioksida adalah senyawa kimia yang terdiri dari dua unsur atom oksigen dan satu buah atom karbon. Kedua atom tersebut terikat secara kovalen, dan berbentuk gas yang tidak berwarna dan juga tidak berbau. Karbondioksida sangat efektif untuk memadamkan api.

APAR Karbondioksida ini digunakan untuk memadamkan kebakaran karena sifat karbondioksida yang memiliki berat massa lebih berat dari oksigen. Dengan demikian, oksigen yang terdapat pada bahan yang terbakar akan terisolasi, sehingga reaksi berhenti dan api bisa dipadamkan.

Cara Menggunakan APAR Mobil

Dengan adanya peraturan yang mewajibkan setiap mobil dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran, tentunya setiap pengemudi mobil juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaan dari alat tersebut, sehingga tidak mengalami kesulitan ketika akan menggunakannya.

apar mobil-2

Meski Bentuknya Kecil, APAR Sangat Diperlukan Jika Terjadi Kebakaran Seperti Gambar di Atas

Kebakaran pada mobil biasanya disebabkan oleh zat cair, seperti bensin dan oli mobil. Oleh karena itu, APAR untuk mobil yang tepat untuk memadamkan kebakaran pada mobil adalah alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan serbuk atau powder. Untuk lebih jelas berikut langkah dalam menggunakan APAR mobil:

  • Langkah pertama menggunakan APAR adalah membuka kunci pengaman atau segel APAR tersebut. Setiap APAR dilengkapi dengan kunci pengaman, untuk memastikan material yang ada di dalamnya aman dan tidak bocor. Kunci pengaman ini hanya dibuka ketika alat pemadam kebakaran ini akan digunakan.
  • Langkah selanjutnya adalah menekan tuas dan mengibas-ngibaskan ujung selang ke arah sumber api. Terus tekan tuas agar material serbuk yang berada di dalam tabung bisa keluar, dan pastikan seluruh permukaan benda yang terbakar tertutup oleh material serbuk tersebut.
  • Serbuk tersebut berfungsi untuk menutup sumber api, agar tidak ada lagi oksigen pada benda yang terbakar tersebut. Apabila sudah tidak ada lagi oksigen yang bisa masuk, maka secara otomatis api akan menjadi padam.

–> Fitur dan Teknologi Unik yang Cuma Ada di Mobil Tesla

Mengetahui jenis-jenis APAR dan cara menggunakannya tentu sangat penting bukan? Tetapi yang harus diperhatikan juga adalah langkah antisipasi untuk mencegah agar jangan sampai terjadi kebakaran, serta melakukan perawatan mobil secara berkala agar segera diketahui apabila terjadi masalah tertentu.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram