Cara Memilih Kacamata yang Aman dan Nyaman untuk Berkendara
kacamata

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Meskipun terlihat sepele, penggunaan kacamata mengemudi yang tepat saat berkendara akan sangat membantu Anda di jalan lho

Menggunakan kacamata saat berkendara tentu saja bukan hanya untuk sekadar gaya semata. Melainkan punya fungsi penting agar terhindar dari sinar matahari yang menyilaukan dan merusak daya pandang Anda sebagai pengemudi. Pasalnya, penglihatan yang nyaman tentunya bakal berdampak pada kondisi mata yang tidak mudah lelah.

Tidak Boleh Sembarangan Pakai Kacamata

Pemilihan kacamata untuk mengemudi tak boleh sembarangan lantaran harus memenuhi spesifikasi khusus agar aman dan nyaman ketika dipakai. Maka dari itu ada kacamata mengemudi atau driving glasses yang berbeda dari sunglasses hitam biasa. Pasalnya lensa untuk mengemudi punya spesifikasi berbeda karena memiliki fungsi untuk mengurangi intensitas cahaya yang diterima mata agar tidak silau dan mengganggu penglihatan.

Harus Ada UV Protection

kacamata UV

Kacamata mengemudi harus memiliki fitur UV Protection untuk mengurangi radiasi sinar matahari yang diterima oleh mata Anda. Saat mengemudi di siang hari sebaiknya gunakan lensa yang lebih gelap. Sementara untuk malam hari menggunakan lensa dengan warna kekuningan.

Ada Polarized Lenses

Selain UV Protection, kacamata untuk berkendara juga harus memiliki lensa yang terpolarisasi atau polarized lenses. Tujuannya, agar mendapatkan kemampuan photochromic yang bisa membuat lensa lebih bening di ruangan dengan cahaya minim, namun berubah menjadi lebih gelap ketika berada di luar ruangan atau terkena sinar matahari.

kacamata polarized

Selain lebih nyaman, juga aman ketika digunakan saat mengemudi karena tak hanya mencegah silau. Lensa jenis ini juga mampu mempertajam kemampuan mata kamu dalam mengenali detail objek saat berkendara di sore dan malam hari.

Lensa terpolarisasi juga mengurangi kemungkinan black-out atau buta sesaat ketika sedang berada di ruangan dengan tingkat cahaya berbeda. Contohnya saat masuk terowongan saat berkendara siang hari.

–> HELM NHK GP PRIME RESMI HADIR, ADOPSI TEKNOLOGI CANGGIH MOTOGP

Untuk Berkendara di Malam Hari

Untuk mengemudi malam hari membutuhkan spesifikasi driving glasses yang lebih khusus. Pertama, pilih desain frame dan nose pad yang nyaman dan jangan terlalu ketat.

Bagi Anda yang kerap mengemudi di malam hari, harus mempertimbangkan penggunaan kacamata yang memiliki kemampuan anti glare. Tujuannya supaya mampu mengurangi intensitas pancaran sinar yang dihasilkan oleh sorot lampu kendaraan bermotor dari arah berlawanan.

kacamata malam

Sehingga mata tetap mampu mengenali objek sekitarnya meski sedang tersorot lampu. Selain nyaman dan aman, mata Anda juga tidak mudah lelah terutama ketika bepergian jarak jauh dalam jangka waktu lama.

Sementara bagi Anda pengguna kacamata minus atau plus, disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mata agar tidak mengganggu fungsi dari lensa itu sendiri.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles