10 Aksesoris Mobil yang Wajib Dimiliki Demi Menunjang Kenyamanan
aksesoris mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Demi menunjang kenyamanan berkendara, ada beberapa aksesoris mobil yang mesti kamu miliki lho. Penasaran apa saja? Simak artikel dari Jualo berikut ini

Di dalam mobil memang sebaiknya tidak terlalu banyak meletakan barang yang tidak perlu. Namun ada beberapa hal yang sifatnya aksesoris mobil, yang sebaiknya ada bersama Anda saat berkendara. Benda-benda ini akan membantu kenyamanan dan keamanan selama berkendara, selain juga membuat Anda terlihat paham membuat mobil nyaman, dan bukan supir angkot ‘hippy’ yang memasangkan segalanya di dalam mobil.

Yang harus diperhatikan adalah, dimana Anda meletakan benda-benda ini, dan jangan sampai malah berbalik mencelakakan pengendara dan penumpangnya. Berikut adalah daftar aksesoris mobil, terutama untuk mendukung pengendaraan jarak jauh.

1. GPS

aksesoris mobil-gps

Mobil sekarang memang banyak yang sudah memiliki fitur navigasi berbasis GPS yang biasanya tertanam di dalam head unit. Atau Anda memiliki telepon genggam berkemampuan navigasi? Namun jika mobil Anda belum punya fitur seperti ini, ada baiknya sambangi toko-toko gadget. Alat GPS seperti Garmin, Tomtom, dan sebagainya cukup presisi dalam menunjukan arah dan posisi. Tidak seperti GPS di handphone, alat ini tidak menggunakan pulsa operator seluler. Harganya memang tidak bisa dibilang murah, namun kegunaannya sangat diperlukan, apalagi saat berjalan jauh menuju daerah yang belum familiar.

2. GPS/Phone Holder

aksesoris mobil-phone holder

Satu hal yang patut diingat, Anda dilarang mengoperasikan telepon genggam saat berkendara. Nah, holder atau tempat peletakan handphone maupun GPS ini bisa berguna saat peta ditampilkan di layar. Dengan alat ini, kedua tangan Anda bisa tetap di setir. Peletakan holder di posisi ergonomis alias mudah dilihat dan dibaca, juga menentukan kenyamanan Anda saat mengemudi. Usahakan untuk menaruhnya di bagian kabin strategis, tanpa mengganggu pendangan berkendara. Sekali lagi, jangan mengoperasikan alat-alat ini saat mobil sedang berjalan. Kalau memang perlu, menepilah dulu di temat yang aman.

3. Multi USB Charger

aksesoris mobil-usb charger

Masih berhubungan dengan peranti berbau navigasi dan komunikasi, kami setuju kalau charger USB ada di dalam mobil. Apalagi yang memiliki slot lebih dari satu. Fungsinya tentu hanya satu, mengisi ulang baterai gadget Anda.

4. Kamera Dashcam

aksesoris mobil-dashcam

Bukan, bukan kamera mundur. Kamera ini berfungsi sebagai alat pantau untuk mengetahui kondisi di sekeliling mobil, terutama saat mobil ditinggal, dan terpasang di kabin menghadap keluar. Atau bisa juga terpasang untuk memantau suasana kabin. Biasanya, setiap kemera mobil dilengkapi dengan G-Sensor yang bila tergoyang, maka kamera akan langsung aktif merekam. Gunanya adalah untuk menjadi bukti saat terjadi sesuatu dengan mobil, saat pemiliknya tidak ada. Contohnya, seseorang menabrak mobil Anda di tempat parkir, atau ada orang yang membobol mobil Anda, maka dengan bantuan kamera seperti ini, pengusutannya bisa lebih mudah.

5. Layar Monitor

aksesoris mobil-monitor

Untuk aksesories ini, kami sangat menyarankan untuk memasangkannya di bagian belakang. Selain untuk menjaga konsentrasi pengendara, juga bisa membuat penumpang belakang, terutama anak-anak, untuk bisa duduk tenang menyaksikan acara atau film kesukaan mereka. Bentuknya bisa berupa layar besar di plafon, atau tv headrest.

6. Portable Vacuum Cleaner

aksesoris mobil-vacum cleaner

Portable vacuum cleaner adalah vacuum cleaner kecil yang sumber dayanya berasal dari baterai bawaanya, atau dari soket listrik yang ada di mobil. Alat ini berguna untuk membersihkan bagian interior mobil, sehingga terlihat resik dan nyaman. Perjalanan jauh dengan membawa alat ini akan terasa lebih nyaman, dan tentunya jangan lupa tempat sampah mini untuk membuang sampah. Pastikan ukurannya cukup compact, sehingga tidak terlalu memakan tempat di mobil.

7. Pemadam Kebakaran

aksesoris mobil-pemadam

Tidak perlu yang besar seperti yang biasa Anda temui di gedung-gedung, cukup pemadam api yang berbentuk kalengan, yang bisa Anda temukan di toko-toko aksesoris mobil dan rumah tangga. Benda ini berguna untuk (tentu saja) memadamkan api di mobil. Karena bentuknya juga compact, tentunya jangan berharap api besar bisa dipadamkan, tapi setidaknya Anda bisa bereaksi dulu meredam penyebaran api. Sangat direkomendasikan alat ini untuk diletakan di kabin, dimana bisa dengan mudah dijangkau oleh setiap orang yang ada di mobil.

8. Jumper Cable

aksesoris mobil-jumper

Pengguna mobil bertransmisi otomatis tentunya paham kegunaan kabel ini. Saat aki mobil ‘tekor’, jumper cabel akan sangat berguna. Caranya, minta bantuan mobil lain, sambungkan jumper kabel dengan aki mobil Anda, dan kemudian di sisi lain, sambungkan dengan aki mobil yang bersedia menolong. Setelah hidup, kami sangat merekomendasikan Anda untuk memeriksa mobil Anda. Aki tekor seperti itu antara memang masa hidupnya sudah selesai, atau memang ada sesuatu yang menyedot kelistrikan. So aksesoris mobil satu ini penting dimiliki.

9. Tray Table

aksesoris mobil-meja

Ini adalah meja lipat yang biasanya digantung di bagian belakang kursi depan, untuk digunakan oleh penumpang belakang. Kegunaannya beragam, mulai dari tempat makan, hingga alas tulis. Jika tidak digunakan, meja bisa dilipat sehingga tidak makan tempat. Beberapa MPV seperti Nissan Serena Highway Star sudah melengkapinya dengan meja seperti ini. Kalau di mobil Anda belum ada, banyak yang menjualnya. Untuk memasangnya pun tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus bongkar kursi.

–> Rekomendasi & Pilihan Bumper Mobil SUV Terbaik

10. Organiser

aksesoris mobil-organizer

Bukan untuk event, tapi lebih kepada tempat untuk menata hal-hal yang haris ada di mobil. Organiser ini memiliki beragam bentuk, dari yang tipis untuk dipasang di sun visor dan biasanya hanya untuk menyimpan kartu tol, karcis parkir, dan semacamnya. Ada juga yang berbentuk kotak untuk menyimpan makanan, minuman, dan lainnya. Bahkan ada juga yang besar diletakan di bagasi, untuk menyimpan kunci-kunci, dongkrak, dan semacamnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles