Cocok Jadi Mobil Pertama, Ini Keunggulan Mobil LCGC
mobil lcgc

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat Anda yang ingin membeli mobil pertama, tidak ada salahnya melirik mobil LCGC yang faktanya punya beragam keunggulan lho.

Sejak tahun 2013, pemerintah Indonesia mengesahkan peraturan Low Cost Green Car (LCGC). Beberapa pabrikan pun meluncurkan produk andalannya di segmen mobil murah ini. Cap mobil murah pun menjadi stereotip di masyarakat. Namun bukan berarti mobil ini murahan. Tidak percaya? Berikut Jualo berikan beberapa kelebihan atau keunggulan dari mobil LCGC.

1. Harga terjangkau

Keunggulan pertama yang sangat terasa adalah harganya yang terjangkau. Untuk mobil baru bisa Anda dapatkan di kisaran harga mulai dari Rp 130 – Rp 160 jutaan. Sedangkan kondisi bekas, mobil LCGC bisa didapat dengan budget kurang dari Rp 100 jutaan saja.

2. Irit

mobil lcgc-3

Salah satu syarat utama sebuah produk mobil ingin masuk dalam segmen mobil LCGC adalah ramah lingkungan. Maksud dari aturan tersebut adalah mobil tersebut harus irit. Pemerintah menetapkan untuk mobil LCGC penggunaan 1 liter bahan bakar harus mampu menempuh jarak minimal 20 Km. Jika tidak sampai angka tersebut, maka belum bisa masuk dalam segmen LCGC. Oleh sebab itu bila Anda mencari mobil yang irit, maka LCGC adalah solusinya.

3. Perawatan murah

mobil lcgc-2

Sebagai mobil yang harganya terjangkau, tentu perawatan tidak semahal mobil-mobil mewah. Seperti Toyota Agya dimana biaya servis berkalanya untuk 20.000 Km, 60.000 Km dan 100.000 Km di bengkel resmi sekitar Rp 1,7 juta. Itu pun tergantung apakah ada spare parts yang perlu diganti atau tidak.

3. Dimensi compact

mobil lcgc-5

Rata-rata mobil LCGC yang dijual mempunyai dimensi compact. Seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun GO Panca yang mempunyai model hatchback. Sedangkan untuk model MPV pun cukup compact seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, maupun Datsun GO+ Panca.

4. Pajak murah

Lagi-lagi keunggulan dari mobil LCGC adalah pajaknya yang sangat terjangkau. Lantaran dibekali dengan kapasitas mesin yang kompak, membuat pajak tahunan dari mobil LCGC pun terbilang ramah di kantong. Sehingga anggaran Anda saat memiliki mobil LCGC pun bisa lebih fleksibel dan tidak terlalu membebani kemampuan finansial Anda dan keluarga.

–> KENALI JENIS-JENIS ASURANSI MOBIL SERTA MANFAATNYA

5. Kredit lebih murah

mobil lcgc-4

Dengan harga yang dibanderol lebih murah, otomatis cicilan yang harus Anda bayar akan lebih murah. Terlebih beberapa diler kerap menawarkan promo seperti diskon atau DP kecil. Sehingga keuangan Anda seharusnya tidak terlalu terganggu dengan cicilan mobil.

6. Nilai jual kembali

Kelebihan lainnya yang juga dimiliki ketika membeli mobil LCGC adalah resale value atau nilai jual kembali yang tidak terlalu besar depresiasinya. Sebagai contoh harga Toyota Calya tipe G A/T saat ini dibanderol Rp 170 jutaan, sedangkan harga bekasnya tahun unit tahun 2016 bisa didapat angka Rp 100 – Rp 110 jutaan. Artinya tidak terlalu besar depresiasinya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles