Waspada Knalpot Mobil yang Rentan Bocor di Musim Hujan
knalpot mobil-3

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Datangnya musim hujan ternyata berpeluang menyebabkan knalpot mobil Anda bocor lho. Lalu apa penyebab utamanya? Yuk simak ulasan berikut

Risiko knalpot mobil bocor memang lebih besar terjadi saat musim hujan tiba. Penyebabnya adalah faktor air hujan yang mengendap di bagian knalpot usai mobil melintasi genangan air. Oleh karena itu, simak ulasan dari Jualo berikut ini agar Anda terhindar dari masalah tersebut.

Penyebab Knalpot Mobil Lebih Mudah Bocor di Musim Hujan

Anda harus berhati saat berkendara di tengah hujan, karena air hujan dapat memicu masalah karena mengandung tingkat asam yang tinggi. Terutama kerusakan kaki-kaki serta kebocoran pada bagian knalpot mobil, diantaranya sebagai berikut.

1. Korosi

knalpot mobil-4

Air hujan bisa menyebabkan karat pada bagian knalpot

Salah satu pemicunya adalah korosi atau karat. Air hujan bisa berdampak meninggalkan karat pada bagian mobil. Hal itu karena zat asam yang tercampur dalam kandungannya. Zat asam ini sendiri berasal dari polusi udara. Jadi, di perkotaan tentu akan mengalami efek ini dengan cukup parah. Mengingat banyaknya pemilik kendaraan dan selalu berlalu-lalang setiap hari.

Selain karena asam, air hujan juga cenderung membawa partikel lainnya. Misalnya pasir, debu, atau kotoran lainnya. Partikel tersebut bisa mengendap ke beberapa bagian mobil, termasuk knalpot. Jika sudah demikian, maka performanya akan semakin menurun. Ketika hal ini terjadi terlalu sering, kebocoran pada knalpot pun tidak bisa ditunda lebih lama. Hal yang paling fatal jika sampai mengalaminya di tengah jalan.

Maka dari itu, ketika Anda sudah merasa kurang nyaman, bisa segera memeriksanya. Dengan begitu, akan mengetahui penyebab atau permasalahannya lebih awal.

2. Faktor Usia

knalpot mobil

 

 

Usia juga bisa sebabkan knalpot rentan bocor

Penyebab knalpot bocor juga bisa karena usianya telah lama. Apalagi jika ditambah terkena air hujan terlalu sering, maka kebocoran terjadi lebih cepat. Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui ketahanan usia knalpot. Jadi, saat sudah melewati perkiraan, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara rutin. Khususnya ketika musim hujan telah tiba. Dengan begitu, akan meminimalisir adanya hal buruk terjadi.

Perkiraan usia knalpot bisa dipengaruhi oleh pemakaian mobil, seperti apa Anda mengendarainya. Jika sering melewati medan terjal dan membutuhkan tenaga ekstra, tentu usianya tidak akan terlalu lama. Selain itu, bisa karena kualitas dari knalpotnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memilih yang nanggung. Jadi, pilih kualitas yang bagus meskipun harganya akan sedikit mahal.

–> SELAIN LEBIH MAHAL, APA KELEBIHAN ANGIN NITROGEN DIBANDING ANGIN BIASA?

3. Keretakan di Bagian Knalpot

knalpot mobil-2

Adanya keretakan pada knalpot bisa karena mengalami benturan yang keras. Jadi, saat berkendara di waktu hujan akan lebih rentan mengalami benturan. Hal itu karena kondisi jalan yang tertutupi dengan air hujan. Bagian yang bisa membuatnya cepat bocor jika terjadi keretakan pada bagian pipanya. Ketika hal itu terjadi, Anda jangan membiarkannya begitu saja. Sebab, bisa berefek pada performa dan daya konsumsi bahan bakar mobil.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles