Kenali Jenis-Jenis Asuransi Mobil Serta Manfaatnya
jenis asuransi mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mungkin banyak dari sebagian kalian yang masih menganggap sepele soal asuransi mobil. Padahal, asuransi punya peran dan manfaat penting lho

Banyak yang belum mengerti peran penting asuransi ketika membeli kendaraan seperti mobil. Masih ada anggapan bahwa asuransi tidak begitu penting dan cenderung hanya membuang uang saja. Padahal, asuransi mobil memiliki banyak manfaat karena Anda tentu tidak tahu apa yang akan terjadi di depan. Apalagi, harga mobil yang tidak murah membuat Anda seharusnya mulai mendaftarkan asuransi untuk mobil kesayangan.

Mengenali Manfaat Asuransi Mobil secara Umum

jenis asuransi mobil - 2

Meningkatnya pengendara mobil dan motor membuat lalu lintas menjadi lebih padat. Anda sebagai pengendara tentu tidak hanya selalu waspada di jalan tetapi perlu juga untuk memiliki perlindungan diri. Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk dipersiapkan. Ada begitu banyak manfaat asuransi mobil secara umum yang akan Anda dapatkan. Berikut ini diantaranya:

1. Memiliki Jaminan Perlindungan Kendaraan

Kerugian pasti akan didapatkan ketika terjadi kecelakaan atau pencurian. Asuransi akan menjadi jaminan pemilik mobil supaya tidak mengalami kerugian yang berlebihan. Misalnya mobil mengalami kecelakaan dan rusak parah. Asuransi bisa meringankan biaya perbaikannya. Manfaat ini memang tidak Anda rasakan langsung, tetapi akan sangat membantu di kemudian hari.

2. Menciptakan Rasa Aman

jenis asuransi mobil - 4

Anda sebagai pemilik mobil tentu saja tak perlu was-was lagi ketika harus berkendara sepanjang hari bahkan sampai ke luar kota. Anda bisa tetap berhati-hati berkendara dengan perasaan yang lebih aman.  Karena Anda sudah memiliki perlindungan yang akan membantu kapan saja terjadi masalah pada mobil.

3. Bentuk Sarana Investasi

Asuransi mobil juga menjadi peluang untuk berinvestasi atau aktivitas menabung yang baik untuk masa depan. Mobil yang dilengkapi dengan asuransi memiliki standar tinggi karena semua komponen nya sudah terjaga. Apabila Anda ingin menjual mobil lengkap dengan asuransinya, maka daya jualnya akan lebih tinggi. Anda tidak perlu takut merasa rugi menjualnya.

4. Mendapatkan Beberapa Layanan Tambahan

Hampir semua jenis asuransi mobil memberikan beberapa pelayanan tambahan kepada nasabahnya. Layanan ini seperti garansi servis di bengkel sampai fasilitas hotline yang bisa dihubungi 24 jam jika ingin klaim asuransi.

Layanan tambahan ini biasanya sering jadi bahan pertimbangan ketika Anda harus memilih asuransi mobil. Jadi pastikan untuk membaca secara teliti apa saja fasilitas yang akan Anda dapatkan dari asuransi tersebut.

Jenis-Jenis Asuransi Beserta Manfaat Polisnya

jenis asuransi mobil - 5

Selain semua manfaat asuransi mobil, ada juga manfaat lain sesuai dengan jenis asuransinya. Saat ini ada begitu banyak perusahaan menawarkan asuransi mobil dengan berbagai perlindungan berbeda. Mengenali apa saja jenis asuransinya membuat Anda lebih mudah dalam memilih nantinya. Dengan begitu manfaat asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan bisa didapatkan sepenuhnya. Lantas apa saja jenis asuransi yang tersedia dan manfaatnya? Simak ulasan lengkap Jualo di bawah ini.

1. Asuransi All Risk

Merupakan jenis asuransi yang akan menjamin semua resiko terburuk yang terjadi pada kendaraan. Bagi Anda yang baru saja membeli mobil keluaran terbaru akan lebih baik untuk memilih asuransi ini.

Jaminan yang diberikan ini sangat lengkap, mulai dari kerusakan ringan sampai berat dan kehilangan kendaraan. Preminya pun paling tinggi di antara semua jenis asuransi. Hanya saja manfaat asuransi mobil yang akan didapatkan sangat lengkap.  Premi yang tinggi inilah sering menjadi bahan pertimbangan para pemilik mobil baru untuk memilihnya atau tidak.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Disebut juga dengan asuransi TLO yang jaminannya diberikan pada mobil secara keseluruhan. Hanya saja asuransi ini diperuntukkan ketika terjadi kehilangan total. Yang dimaksud adalah kerusakan mobil mencapai 75%.

Selain itu jugamobil yang dicuri atau tidak bisa diperbaiki sama sekali setelah mengalami kecelakaan. Manfaat yang didapatkan dari asuransi ini hampir mirip dengan asuransi All Risk hanya saja biaya yang ditawarkan lebih terjangkau. Untuk bisa klaim asuransi ini ada begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan sesuai. Sehingga diperlukan syarat supaya dana asuransi bisa cair semuanya.

3. Asuransi Collision Coverage

jenis asuransi mobil all risk

Ada juga manfaat asuransi mobil ketika terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Ketika terjadi kerusakan pada mobil, maka biaya asuransi akan menutupnya semua. Ganti rugi yang diberikan juga senilai dengan harga mobil yang Anda daftarkan asuransi. Soal klaim juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

–> KENALI FUNGSI PENTING JALUR PENYELAMAT UNTUK ANTISIPASI REM BLONG

4. Liability Insurance

Asuransi ini juga mengcover kerusakan yang terjadi pada keseluruhan mobil. Hanya saja ada layanan tambahan yaitu kepada pengemudi. Ketika pengemudi mengalami kecelakaan dan mengalami cedera, maka juga akan dicover dengan asuransi ini. Adanya jaminan tambahan inilah yang membuat banyak orang untuk memilih jenis asuransi ini. Mengingat bukan hanya kendaraan yang mendapatkan pelayanan, tetapi juga pengendara.

5. Personal Injury Protection

Jenis yang terakhir ini disebut juga dengan PIP yang perlindungannya diberikan kepada pengemudi yang mengalami kecelakaan. Jadi apabila mengalami kecelakaan pada mobil sendiri, maka asuransi ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah biayanya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles