Inilah Bedanya Lampu Mobil LED, Halogen, dan HID
lampu mobil LED

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pada mobil keluaran terbaru kini dibekali dengan beragam jenis lampu mobil, seperti LED, Halogen, serta HID. Namun tahukah Anda perbedaannya?

Lampu mobil merupakan komponen krusial yang sangat penting dan diperlukan saat berkendara di malam hari. Dengan penerangan yang cukup, tentunya Anda tidak akan kesulitan saat mengemudi di jalan gelap atau cuaca berkabut. Oleh sebab itu, kini hampir seluruh pabrikan mengeluarkan teknologi lampu mobil, mulai dari LED, HID, hingga halogen. Untuk mengetahui bedanya, yuk simak artikel dari Jualo berikut ini.

1. Lampu LED

lampu mobil LED - 2

Lampu LED (light emitting diode) mobil sering ditemukan pada mobil-mobil baru. Ciri khasnya adalah warna lampu yang bersinar putih dan berkas cahaya yang menyerupai bentuk kotak. Cahaya dari jenis lampu LED dihasilkan dari chip elektronik semi konduktor yang dilengkapi hambatan. Sumber utamanya adalah dioda yang tidak mengeluarkan panas. Kelebihan dari penggunaan lampu LED mobil terletak pada daya tahannya.

Lampu yang satu ini terbilang awet dan tidak mudah putus. Selain itu, lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga relatif lebih ramah lingkungan. Dengan adanya kelebihan ini, maka aki mobil AutoFamily jadi tidak terlalu boros. Namun tentu saja dengan semua keunggulan yang ada, harga lampu LED mobil terbilang lebih mahal dari yang lainnya.

2. Lampu HID

lampu mobil LED vs HID

Selanjutnya ada lampu HID (high intensity discharge). Lampu jenis ini terbuat dari material gas dan logam. Cahaya dari lampu HID berasal dari sebuah busur listrik yang terbentuk dari dua elektroda di dalam sebuah plasma (atau terkadang tabung gas terionisasi). Ciri khas dari lampu HID adalah cahaya putih terang yang menyilaukan. Banyak yang menyebut lampu ini sebagai lampu matahari karena sinarnya yang sangat terang.

Pada mobil, lampu ini dapat difungsikan sebagai headlamp (lampu utama) maupun foglamp (lampu kabut). Dengan sinar yang amat terang, HID sangat efektif untuk penggunaan di kala cuaca berkabut. Namun, lampu HID kurang efisien untuk mobil. Ini karena lampu HID cenderung terang saat awal penggunaan. Setelah beberapa waktu, lampu HID akan redup dan kemudian mati. Bisa dikatakan, daya tahan dari lampu mobil yang satu ini sangat lemah atau tidak awet.

–> SAPUAN WIPER MOBIL TIDAK BERSIH? KETAHUI PENYEBAB DAN SOLUSINYA

3. Lampu Halogen

lampu mobil LED vs Halogen

Terakhir ada lampu halogen. Sorot cahaya lampu halogen muncul dari proses pemanasan filamen tungsten yang ada dalam tabung lampu. Listrik yang mengalir ke dalam lampu akan memanaskan filamen. Energi panas tersebut kemudian bergesekan dengan gas (biasanya nitrogen) dan menghasilkan cahaya. Kebanyakan lampu halogen mengeluarkan cahaya berwarna kuning yang khas.

Proses pemanasan inilah yang menjadi kelemahan dari lampu halogen. Setelah digunakan, lampu halogen akan terasa panas, bahkan hingga ke rumah lampu. Selain itu, proses pemanasan juga membutuhkan tenaga yang besar.

Teknologi lampu LED mobil memang unggul jika dibandingkan dengan dua tipe lampu lainnya, yakni HID dan halogen. Penglihatan Anda sebagai pengendara akan jauh lebih nyaman jika menggunakan lampu jenis ini. Namun, jenis lampu ini punya satu kekurangan utama yakni jangkauan penerangan yang paling minim diantara dua jenis lampu lainnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles