Kenali Fungsi Penting Jalur Penyelamat untuk Antisipasi Rem Blong
jalur penyelamat

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jalur penyelamat sangat penting dan memang dibuat untuk meminimalisir risiko kecelakaan fatal saat kendaraan mengalami rem blong

Saat Anda melintas di salah satu ruas jalan yang penuh tanjakan dan turunan, sering kali terlihat sebuah jalur menanjak ke atas berisikan pasir. Nah, jalur tersebut merupakan jalur penyelamat atau disebut juga emergency safety area atau run off ramp. Jalur ini sengaja dibuat untuk meminimalisir efek atau dampak kecelakaan fatal akibat mobil yang mengalami rem blong. Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Berfungsi sangat penting

Jalur penyelamat memiliki fungsi vital sebagai peredam laju kendaraan jenis apapun, mulai dari roda empat hingga truk bermuatan besar. Biasanya, jalur penyelamat digunakan untuk kendaraan yang mengalami rem blong saat melewati jalanan menurun.

jalur penyelamat-3

Truk yang memanfaatkan jalur ini saat alami rem blong

Pembuatan lajur darurat tidak bisa sembarangan. Pembuatannya sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan.

“Sesuai dengan fungsinya untuk menghentikan kendaraan dari posisi turunan panjang yang lepas kendali, desain jalur penghentian darurat umumnya adalah jalur penghentian darurat berupa kelandaian tanjakan,” bunyi aturan tersebut.

Dalam Permenhub ini juga dijelaskan mengenai jenis material yang digunakan. Begitu pula dengan ukuran jalur penghentian darurat minimal, yakni panjang 50 meter, lebar 10 meter, dan kelandaian 15 persen.

Cara memanfaatkan jalur penyelamat

Apabila suatu saat mobil yang kamu pakai tiba-tiba mengalami masalah rem blong sehingga tidak sanggup mengurangi kecepatan, kamu bisa memanfaatkan emergency safety area tersebut. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik. Tetap kemudikan mobil dalam kondisi normal dan pastikan kendaraan berada di sebelah kiri jalan.

jalur penyelamat-2

Dilarang keras berhenti dengan sengaja di area ini karena sangat berbahaya

Untuk mengurangi kecepatan mobil kamu bisa melakukan engine brake dan segera mencari jalur penyelamatan di bahu jalan. Saat memasuki jalur tersebut, cukup diamkan mobil dan biarkan melaju hingga mobil benar-benar berhenti bergerak.

–> BERIKUT INFORMASI TERBARU TARIF JALAN TOL CIPALI APRIL 2022

Jalur penyelamatan yang sesuai dengan aturan memiliki dasar dari bebatuan kecil (gravel) dan pasir. Kedua material tersebut mampu meredam laju kendaraan hingga berhenti dengan aman.

Ada satu hal penting yang harus diingat, bagi para pengendara yang melintas juga dilarang untuk berhenti dengan sengaja di jalur penyelamat apabila tidak dalam kondisi darurat. Soalnya, hal tersebut sangat membahayakan dan mengganggu pengendara lain ketika benar-benar membutuhkan jalur penyelamat saat situasi darurat.

Harapannya, setiap kendaraan baik mobil hingga truk dapat meminimalisir kecelakaan fatal karena masalah rem blong, apalagi jika melewati jalanan yang menurun dan terdapat banyak kendaraan, tentu hal tersebut sangat mengerikan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles