Melihat Evolusi 7 Teknologi Canggih Pada Mobil 2021
teknologi canggih mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berkembangnya zaman berbanding lurus dengan mobil modern yang banyak dilengkapi teknologi canggih sehingga kian memudahkan Anda dalam berkendara

Saat kalian berencana membeli sebuah mobil, selain desain tentu beragam fitur dan teknologi canggih yang ada pada mobil tersebut menjadi pertimbangan bukan? Apalagi yang berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Sebuah hal yang sejalan karena beberapa pabrikan mulai loyal memberikan fitur dan teknologi canggih nan mutakhir. Bisa dilihat pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2021. Di mana pada ajang tersebut menghadirkan sajian teknologi canggih, mulai dari gadget hingga mobil masa depan.

Penasaran teknologi seperti apa saja yang mungkin akan disematkan pada mobil modern? Simak ulasan dari Jualo berikut ini.

1. Hyperscreen Mercedes-Benz

teknologi canggih mobil-2

Teknologi layar super besar pada Mercedes-Benz ini diproduksi dengan material gorilla glass, yang meminimalisir kerusakan layar karena goresan atau benturan. Pasalnya, agar lebih tahan lama karena kalau rusak biaya penggantiannya lumayan mahal. Pada dashboard terdapat layar OLED yang terhubung dengan layar hiburan lain di sisi lainnya. Kemampuan kamera dalam menangkap gambar juga sudah disempurnakan dengan sensor otomatis yang mengatur pencahayaan dari luar.

Tampilan pada Hyperscreen juga sangat ramah pengendara, tidak mengganggu visibilitas. Kemudian terdapat pengembangan pada layanan interface yang ditempatkan pada menu utama sehingga tidak perlu mengotak-atik terlalu lama.

Semua fungsi pada layar ini dapat diatur menggunakan perintah suara maupun dengan sentuhan. Hyperscreen dilengkapi dengan 8 CPU Core, RAM 24 GB, dan RAM cadangan berkapasitas 4GB.

Selain itu, layanan AI (Artificial Intelligence) menjanjikan pengalaman berkendara yang menarik. Fitur tersebut mampu membantu pengendara dalam memenuhi kebutuhannya. Sistem akan memberikan saran pada pengendara berdasarkan kebiasaan. Misalnya program kursi pijat, mengingatkan tanggal ulang tahun, hingga pada kemampuan menaikkan suspensi untuk melewati jalan yang curam. AI akan menyimpan pada GPS tentang jalan curam tersebut dan kalau mobil melewati jalan itu lagi, secara otomatis suspensi meninggi.

2. Panasonic AR Head- Up Display

teknologi canggih- panasonic

Fitur Head-Up Display (HUD) kini makin populer dan digunakan di beberapa mobil terbaru. Meski tampilan pada HUD adalah tampilan yang juga tampil pada layar cluster meter dan menampilkan informasi yang tumpang tindih.

Sebenarnya Panasonic agak telat meluncurkannya pada CES 2021. Pasalnya beberapa pabrikan telah menggunakannya sejak delapan tahun lalu. Tetapi yang ditawarkan oleh Panasonic ini adalah teknologi Augmanted Reality HUD dan menampilkan dengan proyektor overhead. Membuat tampilan gambar terlihat seperti melayang di atas dashboard pengemudi.

Layar HUD Panasonic tidak hanya menampilkan informasi kendaraan. Fitur ini juga memberikan informasi dan peringatan kondisi jalan, pejalan kaki, kendaraan lain hingga obyek lain seperti pesepeda. Dengan fitur ini pengendara dapat menghindari terjadinya kecelakaan. Selain itu tersedia pula sistem navigasi sesuai dengan tampilan GPS pada umumnya. Layanan ini sebenarnya sudah tersedia pada Mercedes-Benz S-Class 2021 yang akan diluncurkan tahun ini.

3. Gentex Mirror

teknologi canggih-Gantex

Gentex menawarkan teknologi terbaru pada kaca spion dalam, yakni dengan kamera dan layar sentuh. Tidak hanya itu, Gentex juga memberikan kemudahan pada pengendara lewat kaca spionnya yang dapat menampilkan berbagai menu. Di antaranya angle kamera yang dapat disesuaikan hingga pada layar gabungan yang menampilkan berbagai menu. Anda bahkan dapat menampilkan tampilan Zoom Meeting pada layar ini.

4. GSHP iDrive

teknologi canggih-GHSP

GSHP merilis pengaturan iDrive pada CES 2021. Sekilas memang iDrive milik GSHP ini sangat mirip dengan BMW. Namun iDrive milik GSHP merupakan knob pengatur dua tingkat. Idenya adalah menggabungkan pengaturan transmisi hingga pada layanan hiburan dalam satu tombol. Meski demikian, kontrol ini diklaim tetap aman saat digunakan karena menggunakan sistem bergerigi dan tidak menganggung satu fungsi dengan fungsi lainnya. Teknologi ini mirip dengan yang dipakai oleh model-model Jaguar saat ini.

5. Adaptive Cruise Control

teknologi canggih-Adaptive Cruise Control

Sebenarnya Adaptive Cruise Control bukanlah fitur baru, karena teknologi ini sudah tersemat di beberapa mobil entry level. Fitur Adaptive Cruise Control ini bisa dikatakan lebih aman daripada cruise control biasa. Mobil Carmudian dengan sendirinya bisa memindai area depan mobil, secara otomatis akan mengerem atau melambat bila ada mobil yang ada di depan.

–> 9 Pilihan Mobil Listrik di Indonesia, Dari yang Termurah Hingga Termahal

6. Parking Assist

teknologi canggih-parking assist

Sama seperti Adaptive Cruise Control, Parking Asisst pun sudah hadir di beberapa mobil premium, seperti BMW dan Mercedes-Benz. Dengan adanya fitur parking assist pengendara akan lebih mudah untuk melakukan parkir dimana cara kerjanya akan memberi peringatan pada pengendara bila posisi terlalu rapat. Biasanya sensor terpasang di samping, depan dan belakang mobil akan memberi tahu kalau bagian itu bisa dipakai untuk parkir. Biasanya fitur ini juga dilengkapi dengan kamera yang bisa melihat situasi disekitarnya.

7. Automatic Braking Assist

teknologi canggih-Brake Assist

Fitur ini mirip dengan fitur adaptive cruise control, bedanya adalah fitur ini aktif setiap saat. Tak hanya mengerem secara otomatis jika ada mobil lain di depan, tapi juga mampu memprediksi adanya masalah sebelum pengemudi sendiri itu melihat. Jika sensor dan laser melihat adanya potensi masalah, secara otomatis mobil akan mengerem lebih keras dan cepat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles