Simak 4 Tips Aman Mengemudi Mobil di Malam Hari
mengemudi mobil di malam hari

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengemudi mobil di malam hari sangat berbeda dibanding siang hari karena membutuhkan tingkat konsentrasi dan kewaspadaan ekstra

Bagi kalian yang sering berkendara, pasti setuju bahwa mengemudi mobil di malam hari lebih sulit dibanding siang. Selain berkurangnya cahaya, sinar lampu dari kendaraan lain bisa menyulitkan dan mengganggu pandangan mata. Terlebih bagi yang mengalami minus pada mata. Oleh karena itu, berikut Jualo berikan beberapa tips mengemudi di malam hari yang aman untuk Anda.

1. Bersihkan Kaca

mengemudi mobil di malam hari-2

Bersihkan seluruh kaca mobil agar visibilitas tidak terganggu

Ketika Anda hendak mengemudi mobil di malam hari, pastikan seluruh kaca mobil Anda tetap bersih sehingga dapat memudahkan jarak pandang saat mengemudi. Kotoran dan embun akan sangat mengganggu kemampuan visibilitas Anda. Pastikan windshield cleaner di mobil Anda selalu terisi sehingga Anda dapat membersihkan kaca mobil Anda setiap saat.

2. Periksa Lampu

Di malam hari, lampu mobil merupakan komponen penting yang sangat membantu ketika sedang berpergian. Pastikan keadaan lampu utama mobil Anda berfungsi dengan baik. Keadaan lampu utama yang redup berdampak sangat buruk terhadap penglihatan dan membutakan pengendara lain.

mengemudi mobil di malam hari-4

Pastikan lampu mobil dalam kondisi baik sebelum berkendara

Dengan menggunakan lampu utama, pastikan juga Anda tidak membuat pengendara lain silau ketika berpapasan dengan mobil Anda. Selain berbahaya bagi pengendara lain, hal tersebut juga dapat membahayakan keselamatan diri Anda. Tips lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyalakan lampu mobil Anda di waktu senja, meskipun masih cukup terang, dengan menyalakan lampu lebih dulu, Anda dapat membantu pengendara lain untuk lebih waspada.

3. Selalu Waspada & Perhatikan Kondisi Sekitar

mengemudi mobil di malam hari-5

Waspada terhadap kondisi sekitar saat berkendara di malam hari

Cara terbaik untuk menghindari sebuah kecelakaan lalu lintas pada malam hari adalah dengan memerhatikan cahaya dan pergerakkan sekitar serta terus melihat kaca pada mobil Anda. Menjaga mata Anda tetap waspada adalah hal yang penting baik untuk memperhatikan lampu dari mobil lain, apabila ada yang tidak menggunakan lampu utamanya. Pada malam hari sulit untuk memperhatikan keadaan sekitar Anda seperti hewan-hewan di pinggir jalan, anak-anak yang berada di pinggir jalan atau bahkan sampah kecil yang dapat menyebabkan masalah pada mobil Anda nanti.

–> KECELAKAAN VANESSA ANGEL, WASPADAI ANCAMAN MICROSLEEP SAAT BERKENDARA

4. Jaga Jarak

Menjaga jarak aman memang sudah dianjurkan bagi setiap pengendara. Hal tersebut juga perlu sekali diperhatikan ketika Anda sedang berkendara pada malam hari. Jagalah jarak antara mobil Anda dan kendaraan yang berada di depan Anda. Jangan posisikan mobil Anda terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda. Hal tersebut perlu dihindari karena dengan jarak mobil Anda yang terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda dapat membuat cahaya lampu dari mobil Anda lebih terang dan akhirnya dapat mengganggu pengendara di depan mobil Anda.

mengemudi mobil di malam hari-3

Selalu jaga jarak aman saat mengemudi

Alasan lain mengapa Anda perlu menjaga jarak dengan kendaraan di depan adalah karena ketika siang hari penglihatan Anda dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat lebih mudah untuk menyikapi jika sebuah kecelakaan terjadi di depan Anda. Namun ketika malam hari penglihatan mata tidak sebaik di siang hari. Maka dengan menjaga jarak pandang, Anda dapat mengantisipasi kejadian tersebut lebih bijak.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles