Awas! Jangan Keseringan Isi BBM Ketika Tangki Mobil Kosong
tangki mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jika tangki mobil mulai kosong, sebaiknya Anda langsung mengisinya karena jika dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan kerusakan pada jangka panjang

Setiap kendaraan termasuk mobil tentu membutuhkan bahan bakar agar dapat berjalan. Dan sebagai pemilik mobil, sudah tentu jadi kewajiban Anda untuk mengisi bahan bakar jika sudah habis. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang keliru mengenai aturan mengisi bahan bakar. Yakni mengisi ketika tangki mobil mulai kosong atau indikator sudah menunjukkan huruf E.

tangki mobil-2

Padahal hal tersebut salah besar dan mulai sekarang sebaiknya Anda hindari dan jangan dijadikan kebiasaan. Sebab jika dilakukan terus menerus dapat menimbulkan masalah untuk jangka panjang. Apa saja masalahnya? Berikut Jualo berikan ulasan lengkapnya

1. Muncul Karat

Jika tangki BBM karena jika sering dibiarkan kosong akan memiliki banyak udara yang berasal dari kondensasi atau perubahan uap BBM yang menjadi air. Terlebih, jika mobil sering disimpan di luar ruangan, dan terkena paparan sinar matahari langsung.

tangki mobil-3

Karat dan kotoran yang mengendap di dalam tangki

Nah, jika hal ini sering terjadi, bukan tak mungkin tangki BBM akan memiliki banyak air, kemudian muncul karat yang menggerus dinding tangki. Seperti diketahui, massa air lebih berat dibandingkan minyak, sehingga air akan turun ke bawah dan menempel langsung di tangki.

2. Kotoran Akan Mengendap

Selain air dan serpihan karat, juga terdapat kotoran BBM yang mengendap di dasar tangki. Ketika kendaraan dinyalakan dalam kondisi tangki kosong, kotoran ini dapat ikut terhisap oleh pompa bahan bakar dan kemudian lama kelamaan akan mengganggu kinerja pompa bahan bakar dan sistem injeksi.

Apabila hal ini terjadi, maka bukan tak mungkin mobil akan mogok. Oleh karena itu, satu cara yang bisa dilakukan adalah menguras tangki bahan bakar agar kondisinya kembali bersih. Tentunya satu hal yang sangat merepotkan bukan?

tangki mobil-4

Kuras tangki wajib dilakukan jika kotoran yang mengendap terlalu banyak

–> Rekomendasi 11 Mobil Irit BBM di Indonesia

3. Berpeluang Mogok di Jalan

Ketika dalam perjalanan, Anda tentu tidak ingin dihinggapi rasa khawatir mobil mogok akibat BBM habis tentunya. Oleh karenanya, jika indikator bahan bakar sudah mendekati batas bawah, lebih baik segera cari SPBU untuk mengisi kembali.  Selain membuat mobil makin awet, hal ini dapat mengurangi rasa was-was Anda selama perjalanan pastinya.

Itulah beberapa efek buruk jika Anda sering mengisi BBM saat tangki kosong. Oleh karena itu, sebaiknya isi BBM sebelum indikator sampai di huruf E atau lampu indikator menyala yaa..

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles