Simak 8 Tips & Trik Belanja di Pasar Barang Bekas
pasar barang bekas

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat kalian yang tertarik berburu atau belanja barang di pasar barang bekas, yuk simak beberapa tips dan trik penting di bawah ini

Berbelanja di thrift market atau pasar barang bekas saat ini masih cukup populer untuk sebagian orang. Bukan hanya karena akan mendapatkan barang-barang antik yang klasik, namun juga barang bermerek dengan harga rendah.

Tidak jarang, ketika berbelanja akan menemukan barang bekas yang berkualitas baik. Namun, karena Anda membeli barang bekas, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang sudah Jualo rangkumkan di bawah ini.

1. Pakai baju santai

Ketika hendak berbelanja di pasar barang bekas, kenyamanan adalah kunci utama. Disana Anda akan banyak berjalan dari satu toko ke toko lain, untuk itu pakailah pakaian yang nyaman. Selain itu, hindari memakai baju yang terlalu terbuka atau ketat, serta aksesori yang berlebihan agar tidak mengundang perhatian.

2. Kenali tokonya

pasar barang bekas-5

Sebelum belanja ke sebuah toko barang bekas, TemanBaik harus tahu lebih dulu toko tersebut menjual barang apa. Karena biasanya toko barang bekas hanya menjual barang-barang tertentu.

Misalnya, sebuah toko hanya menjual pakaian saja dan tidak menjual barang perabotan ataupun sepatu. Selain itu, jangan hanya memeriksa satu toko saja. Temanbaik juga bisa mengecek toko lain yang menjual barang sejenis. Hal tersebut dilakukan untuk menemukan barang terbaik.

3. Gali lebih dalam

Tidak ada yang tahu ‘harta karun’ apa yang akan Anda temukan ditumpukan pakaian di pasar barang bekas. Untuk itu jangan malas untuk mengeksplor lebih dalam lagi. Karena tak jarang ada pakaian bagus ataupun branded dalam tiap tumpukan, jika Anda jeli mencarinya. Jangan malas buat menggali lebih dalam.

4. Perhatikan kualitas

pasar barang bekas-3

Meskipun barang bekas dengan harga yang sangat murah, namun jangan sampai Anda mengabaikan kualitasnya. Tak sedikit baju yang warnanya pudar, bolong, atau kotor. Untuk itu, selalu pastikan baju yang Anda pilih tidak cacat dan masih layak pakai. Namun jika baju pilihan Anda sedikit kotor atau rusak, jangan lupa untuk minta penjual menurunkan harganya.

5. Menawar

Setelah mendapatkan barang vintage yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menawar sebelum membayar. Harga awal yang diberikan penjual biasanya juga berdasarkan penampilan Anda, untuk itu tidak perlu memakai baju yang bergaya, atau berdandan saat kesana.

6. Bawa uang tunai

Kalau belanja di pasar bekas, pastiin Anda bawa uang tunai. Bukan hanya karena untuk menghemat budget belanja, tapi juga untuk mempermudah pembayaran. Uang tunai penting dibawa, karena kebanyakan toko barang bekas tidak menerima pembayaran melalui debit. Dan sebaiknya, Anda membawa nominal uang receh agar mudah saat membayar.

pasar barang bekas-6

7. Datang di pagi atau sore

Pasar barang bekas seperti Pasar Senen dan Pasar Baroe di Jakarta, biasanya buka pukul 09.00 sampai pukul 18.00. Ketika Anda ingin puas berbelanja, sebaiknya datang dari pagi karena belum terlalu ramai dan panas. Atau bisa juga datang sore, saat toko mau ditutup untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah lagi.

8. Bawa plastik belanja sendiri

Biasanya penjual akan membungkus baju yang Anda beli dengan plastik kresek hitam. Satu plastik untuk satu baju. Jika Anda tidak ingin limbah plastik bertambah banyak, lebih baik bawa tas sendiri untuk memuat barang yang Anda beli.

–> 5 FAKTA MENGUNTUNGKAN MEMBELI BARANG SECOND

Belanja barang bekas tanpa ribet

pasar barang bekas-8

Tergoda dengan barang bekas dan antik atau ingin menjual barang bekas tapi malas untuk pergi jauh-jauh dan berdesakan di pasar? Tenang. Ada Jualo, sebuah situs e-classifieds terkini yang memudahkan kamu untuk belanja dan berjualan barang bekas tanpa harus ribet jalan-jalan ke pasar. Jualo juga memudahkan kamu bertransaksi dengan berbagai pilihan pembayaran dan transaksi yang aman.

Sistemnya pun kurang lebih sama dengan di pasar, dimana kamu bisa melakukan tawar menawar harga. Namun, Jualo akan mencarikan penjual atau pembeli yang paling dekat dengan lokasimu sehingga kamu akan semakin mudah bertransaksi. Gimana? Nyari barang bekas tidak harus panas-panasan, kan?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles