Ngga Harus Baru, Beli Barang Bekas Juga Bisa Menguntungkan!
beli barang bekas

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tidak selalu rugi, faktanya saat Anda memutuskan beli barang bekas juga bisa menguntungkan. Ngga percaya? Simak penjelasannya berikut ini

Ketika mendengar kata ‘barang bekas’, mungkin konotasi negatif ada di kepala Anda. Memang membeli barang yang sudah pernah digunakan oleh orang lain ada risikonya, tapi risiko itu tidak berlaku untuk semua barang. Karena faktanya ada beberapa barang yang malah lebih menguntungkan jika Anda beli  dalam kondisi bekas. Berikut Jualo berikan 5 alasan Anda harus mempertimbangkan beli barang bekas.

1. Beli barang bekas pastinya lebih murah

beli barang bekas-2

Membeli barang bekas memang sudah pasti lebih murah dibandingkan membeli barang baru. Anda tentu akan membayar lebih mahal ketika membeli barang baru karena selain masih baru, pihak toko juga menjual dengan harga yang lebih tinggi untuk membayar biaya produksi, sewa tempat, dan tentu saja untuk keuntungannya. Oh ya, untuk beberapa produk (biasanya barang bermerek populer), Anda dikenakan pajak.

2. Biasanya lebih bernilai

beli barang bekas-3

Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk beli barang bekas karena kualitas barangnya masih terjamin, contohnya adalah kendaraan bermotor. Jika ingin dijual, kendaraan-kendaraan ini pasti harus lolos uji pemakaian terlebih dahulu sehingga kualitasnya masih terjamin dan tetap aman digunakan. Selain harganya yang lebih murah, membeli kendaraan bekas bisa menghemat biaya asuransi kendaraan kamu, lho.

Selain itu, bagi penggemar atau kolektor barang-barang vintage dan langka, membeli kendaraan dengan model jadul atau klasik juga memberikan kepuasan tersendiri. Penampilannya yang unik bisa membuat Anda tampil berbeda di jalan raya. Namun, tentu saja produk vintage juga memiliki nilainya tersendiri.

3. Lebih bervariasi

beli barang bekas-6

Berbeda dengan outlet-outlet yang hanya menjual produk-produk edisi terbaru saja, komunitas atau toko penjual barang second justru memasok produk-produk yang lebih bervariasi. Toko-toko ini tidak hanya menjual produk-produk yang sedang ngetren saja, namun juga menjual produk-produk dari berbagai generasi, lho.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, toko barang second adalah surga bagi para pencari barang-barang jadul atau vintage. Contohnya, jika Anda adalah kolektor action figure atau piringan hitam jadul, sudah pasti Anda hanya bisa membeli langsung dari orang-orang yang sudah memilikinya.

4. Ramah lingkungan

beli barang bekas-4

Selain lebih murah, dengan membeli barang bekas Anda sudah melakukan langkah kecil untuk menyelamatkan bumi kita. Terutama untuk barang elektronik, produk-produk ini mempunyai berbagai komponen yang susah atau tidak bisa di daur ulang. Untuk mengolah sampah-sampah ini, dibutuhkan proses khusus yang melibatkan berbagai bahan kimia lainnya.

Dengan membeli barang bekas, Anda bisa mengurangi sampah-sampah elektronik atau sejenisnya yang susah di daur ulang. Jika masih oke kualitasnya, kenapa harus beli yang baru?

–> 5 Tips Beli Mobil Bekas yang Berkualitas

5. Mendukung usaha lokal

beli barang bekas-5

Ketika ingin beli barang bekas, biasanya Anda pastinya akan menemukan ke agen atau toko khusus barang second. Nah dengan membeli dari mereka, secara tidak langsung kamu telah mendukung usaha lokal, lho.

Usaha-usaha lokal penjual barang second ini bisa ditemukan secara offline maupun online, dan Anda juga bisa menjadi salah satunya. Jika memiliki barang bekas, kalian bisa menjualnya dengan mudah secara online.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles