close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

5 Tips Beli Mobil Bekas yang Berkualitas

tips beli mobil bekas

Mobil bekas memang kerap dijadikan alternatif untuk konsumen yang ingin memiliki mobil namun dengan dana terbatas. Oleh karena itu, simak dulu tips dari beli mobil bekas dari Jualo berikut ini

Pilihan beli mobil bekas bisa menjadi sangat menguntungkan jika Anda jitu saat memilih. Selain harga yang lebih terjangkau, ada banyak pilihan di kategori mobil bekas yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. Namun urusan beli mobil bekas bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketelitian serta pengetahuan soal otomotif agar memperoleh mobil bekas dengan kondisi yang masih prima. Dan kali ini Jualo berikan beberapa tips beli mobil bekas berkualitas.

1. Tentukan Pilihan & Sesuaikan Budget

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membeli mobil bekas adalah melihat ketersediaan uang (budget) dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, khusus untuk pemula, sangat disarankan untuk membeli mobil di rentang harga yang pas di kantong meskipun itu mobil bekas.

Karena, hal ini bisa meminimalisir biaya-biaya lain ketika nantinya terjadi kerusakan atau perbaikan mobil, wajar mengingat mobil bekas lebih membutuhkan perawatan ekstra.

2. Beli Perorangan atau Dealer?

Ketika ingin membeli mobil bekas, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Membeli antar individu kepada user atau dealer. Sebenarnya terdapat plus minus diantara keduanya. Jika budget Anda benar-benar terbatas, maka membeli langsung kepada user layak dijadikan pilihan. Karena biasanya membeli kepada user langsung lebih murah.

beli mobil bekas-5

Namun, Anda harus memastikan kondisi mobil mulai dari eksterior, interior, dan mesin masih prima dan layak untuk dipakai. Lihat pula fitur-fitur utama dan unggulan di mobil tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek pula riwayat mobil servis mobil tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengecek langsung track record servis tersebut jika memang pemilik sebelumnya rutin menservis di bengkel resmi.

Namun, jika Anda tidak masalah dengan budget. Bisa membeli melalui dealer mobil bekas terpercaya. Selain banyak pilihan, beli mobil bekas melalui dealer lebih terjamin, dokumen maupun kelengkapannya. Anda pun bisa melakukan pembelian secara kredit dengan mudah, karena dealer sudah memiliki rekanan leasing. Serta garansi yang tidak mungkin didapat kalau Anda membeli langsung kepada user.

3. Test Drive

beli mobil bekas-4

Lalu, saat Anda sedang meneliti kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, cek kondisi mesinnya karena ini bagian yang paling utama dan sangat penting. Pertama, mobil harus mudah di-starter dan pastikan bahwa suara mesin terdengar tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin.

Jika sudah, coba minta ijin kepada penjual untuk melakukan test drive guna mengetahui kondisi mesin mobil, termasuk rem, transmisi dan juga kaki-kaki pada mobilnya.

4. Cek Kelengkapan Dokumen

beli mobil bekas-3

Di sisi lain, dalam menerapkan langkah-langkah atau tips membeli mobil bekas yang benar, cobalah untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan. Antara lain seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Jangan lupa untuk meneliti apakah nomor rangka dan nomor mesinnya sudah sesuai dengan surat-suratnya atau justru malah berbeda. Selain itu, perlu dipastikan juga bahwa nama dalam BPKB maupun STNK tersebut adalah nama asli dari pemiliknya.

–> Cara Mengajukan Kredit Mobil Bekas yang Aman & Nyaman

5. Transaksi

jual mobil bekas

Setelah semua dipastikan aman, berlanjut ke proses transaksi. Jika Anda membeli mobil bekas antar individu, minta surat jual beli sebagai bukti penyerahan kendaraan agar tidak bermasalah di kemudian hari. Dan Anda pun bisa langsung membawa pulang mobil idaman. Itulah tips beli mobil bekas yang mungkin bisa dijadikan referensi. Selamat mencoba teman Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram